Kelebihan dan Kelemahan Sabun Kertas

semuatahu.web.id – Kelebihan dan Kelemahan Sabun Kertas. Sabun kertas memang sering dianggap sebagai sabun praktis. Jelas alasannya karena ukurannya yang kecil seperti kuku jari yang biasanya dimasukkan dalam wadah botol sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tentu, di saat pandemi seperti ini yang mengharuskan setiap orang menjaga kebersihan, sabun kertas pun menjadi sabun yang akan dinilai begitu fleksibel karena ukurannya yang kecil dan bisa dimasukkan ke dalam tas.

Lalu, apakah sabun kertas itu efektif membunuh kuman dan virus?. Nah, berkenaan dengan itu, tentu saja ada banyak pertimbangan mengenai dampak atau efek dari penggunaan sabu kertas ini. Dimana, ada kelebihan maupun kekurangan tersendiri dari penggunaan sabun kertas ini. Nah, jika kamu tertarik menggunakan sabun kertas sebagai tindakan preventif untuk menjalankan protokol kesehatan, terutama di saat pandemi Covid 19 seperti sekarang ini, kamu perlu mempertimbangkan beberapa aspek. Di antaranya yakni keunggulan serta kekurangan dari sabun kertas tersebut sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Kelebihan Sabun Kertas

Ada beberapa keunggulan dari penggunaan sabun kertas untuk menunjang kebersihan tangan dalam aktivitas sehari-hari, di antaranya sebagai berikut.

a. Fleksibel

Ukurannya yang kecil tentu saja membuat sabun kertas dinilai sangat fleksibel. Karena bisa dibawa atau dimasukkan ke dalam tas dan bisa digunakan ketika akan mencuci tangan. Tentu saja, fleksibilitas dari sabun
kertas ini layak jadi pertimbangan

b. Mudah Berbusa

Selain itu, kelebihan sabun kertas juga saat digunakan akan dengan cepat berbusa. Ini tentu saja akan mempermudah kamu saat mencuci tangan mengingat tak perlu memakan waktu lama sampai berbusa, sabun kertas
ketika terkena air langsung berbusa. Ini menjadi salah satu keunggulannya dibandingkan sabun cair atau sabun batangan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Sabun Cuci Piring

c. Harga Murah

Tak sampai di situ saja, bahkan harga sabun kertas ini tergolong cukup terjangkau. Sehingga, bisa dikatakan sangat bersahabat dengan budget.

2. Kekurangan Sabun Kertas

Selain kelebihannya, tentu ada beberapa kelemahan sabun kertas yang penting juga untuk kamu pertimbangkan. Beberapa kekurangan tersebut antara lain :

a. Tidak Cocok untuk Dijadikan Sabun Mandi

Sabun kertas tidak direkomendasikan dijadikan sebagai sabun mandi. Karenanya, sabun kertas hanya ditujukan untuk mencuci tangan saja.

b. Belum Tentu 100% Ampuh Bunuh Kuman

Dalam beberapa kasus, penggunaan sabun kertas memang fleksibel namun tak menjamin mampu membunuh kuman dan bakteri di tangan sampai 100%. Berbeda dengan sabun cair atau batangan yang potensi membunuh kumannya lebih tinggi.

c. Sulit Didapatkan

Berbeda dengan sabun batangan atau sabun biasa, sabun kertas umumnya sulit didapatkan mengingat tidak semua toko menjual sabun kertas ini. Maka, jika kamu ingin menggunakan sabun kertas maka kamu perlu untuk mencarinya di toko-toko khusus yang menjualnya atau di marketplace. Dari paparan mengenai keunggulan atau kekurangan sabun kertas di atas, tentu saja kamu sudah bisa mempertimbangkan efek positif dan buruknya dari
penggunaan sabun kertas ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Sabun Organik

Dimana, berdasarkan penjelasan di atas, penggunaan sabun kertas tampaknya ditujukan untuk keadaan tertentu saja, misalnya mau cuci tangan tapi sama sekali tidak ada sabun maka kamu bisa menggunakan sabun kertas.
Disisi lain, untuk memaksimalkan kebersihan tangan saat mencuci tangan maka lebih cenderung direkomendasikan menggunakan sabun batangan atau sabun cair jika memang disediakan.

Nah, dari situ jelas bahwa penggunaan sabun kertas di sini harus mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan sabun kertas itu sendiri, apakah benar-benar efektif atau tidak dalam membersihkan tangan sebagai sabun cuci tangan. Itulah Kelebihan dan Kelemahan Sabun Kertas. Terima kasih telah membaca di semuatahu dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

 

Tinggalkan komentar