Kelebihan dan Kekurangan Sabun Organik

semuatahu.web.id – Kelebihan dan Kekurangan Sabun Organik. Di tengah kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, tentu saja berbagai cara pun dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Salah satunya dengan cara menjaga kebersihan badan. Menjaga kebersihan badan pun harus dilakukan dengan menerapkan pola yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping. Sabun menjadi salah satu komponen yang dirancang untuk menunjang kebersihan badan manusia saat mandi. Namun, tentu saja kandungan sabun yang dijual pasaran tentu memicu pro dan kontra mengingat tak jarang yang mengeluhkan akan penggunaan sabun.

Maka dari itu, hadirlah sabun organik sebagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin saja ditimbulkan dari penggunaan sabun kimia yang kini banyak dijual di pasaran. Pasalnya, dari namanya saja sudah tampak jelas jika sabun organik dibuat dari bahan alami yang notabene lebih sehat dibandingkan sabun kimia. Meski demikian, tentu saja ada pertimbangan mendalam yang perlu dipahami mengenai kelebihan dan kekurangan sabun organik ini. Antara lain adalah sebagai berikut.

Kelebihan Sabun Organik

Adapun beberapa keunggulan dari penggunaan sabun organik antara lain adalah sebagai berikut

1. Mencegah Kulit Kering

Sabun kimia yang dijual di pasaran, memang sekilas jika digunakan untuk mencuci tangan atau mandi akan membuat kulit terasa keset yang mana itu pertanda bahwa kulit telah bersih. Namun, nyatanya hal itu justru menghilangkan fungsi alami dari kelembaban kulit sendiri yang berfungsi untuk menjaga kesegaran kulit. Maka dari itu, penggunaan sabun organik, misalnya dari bahan minyak zaitun, minyak kelapa, atau beberapa bahan lain justru lebih cocok mengingat selain bisa membersihkan, tentu penggunaan sabun organik tak akan menghilangkan
kelembaban alami kulit.

2. Cocok Bagi Kulit Sensitif

Bagi sebagian orang, tentu saja penggunaan sabun kimia akan berdampak pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Khususnya sensitif terhadap bahan kimia tertentu. Oleh karenanya sabun organik bisa menjadi solusi atas masalah tersebut karena mengandung zat cair yang memiliki karakteristik higroskopis sehingga sanggup mencegah terjadinya pemicu kulit sensitif.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Sabun Cuci Piring

3. Lebih Awet Muda

Tak sampai di situ, sabun organik yang dibuat dari bahan alami memang terbilang sangat efektif untuk mencegah penuaan dini. Hal itu tentu tak lepas dari minimnya efek samping atau bahkan tidak adanya efek samping dari penggunaan sabun organik yang mana ini secara tak langsung akan menjaga kesehatan kulit yang lebih fresh dan bersih selalu tanpa ada residu dari bahan kimia.

Kekurangan Sabun Organik

Sementara itu, untuk kelemahan dari penggunaan sabun organik sendiri antara lain adalah sebagai berikut

1. Kulit Mudah Berminyak

perlu diketahui bahwa kekurangan penggunaan dari sabun organik sendiri bisa menyebabkan kulit mudah berminyak. Ini karena tidak adanya efek pengangkatan kelembaban kulit atau minyak pada kulit ketika sabun organik digunakan sehingga kelembaban pada kulit masih ada. Kondisi seperti ini tentu akan menyebabkan kulit mudah berminyak. Apalagi, jika digunakan untuk mencuci wajah.

2. Baunya Tidak Wangi

Disisi lain, pada beberapa kasus, pembuatan sabun organik yang biasa menggunakan bahan alami biasanya tak lepas dari aroma. Dimana, aroma sabun organik cenderung tidak berbau atau justru sedikit beraroma sesuai dari bahan alami yang digunakan. Tidak seperti sabun kimia dengan aneka aroma yang menyegarkan saat digunakan untuk mandi ataupun mencuci tangan.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Sabun Kertas

3. Harus Digunakan Berulang

Berbeda dengan sabun kimia yang cukup sekali usap saja sudah berbusa dan bersih, sabun organik biasanya harus digunakan berulang-ulang saat digunakan untuk mandi. Artinya, saat kamu mandi maka kamu harus menyabuni seluruh tubuh berulang kali sampai benar-benar bersih. Bahkan, saat membilas pun kamu juga harus memastikan tak ada sisa sabun organik yang tertinggal karena jika ada sisa biasanya akan sedikit terasa berminyak. Dari penjelasan di atas, tentu saja ada beberapa kelebihan dan kekurangan sabun organik yang bisa kamu pertimbangkan mendalam.  Itulah Kelebihan dan Kekurangan Sabun Organik. Terima kasih telah membaca di semuatahu dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar