Perbedaan Mie Ayam dan Mie Pangsit

semuatahu.web.id –  Perbedaan Mie Ayam dan Mie Pangsit. Mie atau Mi adalah makanan berbahan dasar tepung terigu, telur, air dan garam. Mie berbentuk adonan tipis panjang yang bisa digulung untuk dimakan. Mie disajikan dalam bentuk kering dan basah atau bisa dikenal mie goreng dan mie kuah.

Mie merupakan makanan yang sering menjadi konsumsi masyarakat Indonesia. Mie menjadi teman makan perantau yang lagi bokek, khususnya makanan favorit anak kost dan anak kuliah di akhir bulan ini.  Mie ayam / bakmi ayam dan mie pangsit merupakan jenis olahan mie yang sering dinikmati. Mie ayam dan mie pangsit yang terbuat dari sama-sama tepung terigu dan berasal asli dari china ini.

Mie ayam yang ada di Indonesia yaitu mie ayam bangka, mie ayam kampung jakarta, mie ayam wonogiri dan mie ayam lainnya. Wonogiri merupakan  daerah yang terkenal untuk mie ayamnya.  Sedangkan pangsit hanya dibedakan menjadi pangsit basah dan pangsit kering.  Mie ayam dan mie pangsit merupakan makanan yang memiliki harga murah dan terjangkau hampir semua kalangan masyarakat.  Terus apa perbedaan mie ayam dan mie pangsit yang membedakan keduanya satu sama lain. Mari kita bahas satu-satu persatu, selengkapnya agar lebih mengerti.

Perbedaan Komposisi Mie Ayam dan Mie Pangsit

Mie pangsit memiliki perbedaan dengan mie ayam dalam hal potongan ayam yang digunakan, sawi, selada  dan pangsit . Potongan ayam dalam mie ayam   dan diberikan sawi sebagai komposisi mie ayam tersebut dan menggunakan sawi. Penggunaan sawi, dikarenakan sawi tidak merusak atau merubah cita rasa pada mie ayam.

Sedangkan  tidak potongan ayam dalam mie pangsit, komposisi mie pangsit disertai pangsit basah atau pangsit kering dan menggunakan selada. Penggunaan selada pada mie pangsit, dikarenakan selada  lebih menyerap air sehingga rasa mie pangsit cenderung asin.

Mie pangsit terkadang diberikan juga daging ayam. Perbedaan daging ayam yang ada di mie pangsit lebih halus. Sedangkan daging ayam pada mie ayam, daging ayam yang digunakan memiliki tekstur lebih kasar dibandingkan daging ayam pada pangsit,

Perbedaan Rasa Mie Ayam dan Mie Pangsit

Perbedaan mie ayam dan mie pangsit yang mencolok lainnya adalah dalam hal rasa. Mie ayam memiliki rasa cenderung manis . Hal ini disebabkan karena kuah ayam  dari minyak ayam yaitu campuran minyak sayur / rempah-rempah dan lemak ayam yang digunakan. Sedangkan mie pangsit memiliki rasa cenderung asin .  Hal ini dikarenakan adanya selada yang menyerap kadar air dalam makanan sehingga makanan terasa cenderung asin.

Perbedaan Kuah Mie Ayam dan Mie Pangsit

Mie ayam kuahnya lebih gelap, rasanya pekat dan kuat. Mie ayam menggunakan kuah ayam yang dibuat dengan mencampurkan minyak ayam yaitu campuran minyak sayur / rempah-rempah dan lemak ayam. Mie ayam disajikan dalam bentuk berkuah. Sedangkan mie pangsit disajikan dalam pangsit kering dan pangsit basah. Kuah mie pangsit lebih bening dibandingkan kuah mie ayam.

Perbedaan Mie pada Mie Ayam dan Mie Pangsit

Mie pada mie pangsit lebih lembek dibandingkan pada mie ayam. Karena mie pada mie ayam tidak dimasak sampai benar-benar terlalu matang tetapi biasa dibilang dimasak dengan penyajian setengah matang. Sedangkan mie pada mie pangsit dimasak sampai benar-benar matang sepenuhnya sehingga mienya terkesan lebih lembek dan lengket .

 

Itulah Perbedaan Mie Ayam dan Mie Pangsit. Terima kasih telah membaca di semuatahu.web.id dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

 

 

Tinggalkan komentar