Cara Kerja Bantal Anti Peyang

semuatahu.web.id – Cara Kerja Bantal Anti Peyang. – Bagian kepala bayi yang baru lahir dari persalinan normal, biasanya tidak bulat sempurna. Tidak jarang, terdapat bagian kepala bayi yang terlihat peyang.
Kondisi kepala peyang atau plagiocephaly, sebetulnya bisa terus berlangsung bila bayi dibiarkan tidur menghadap ke satu arah atau hanya terlentang. Selain itu, masalah saat kehamilan, seperti kurangnya cairan ketuban, juga bisa menjadi penyebab kepala janin tertekan dan akhirnya lahir peyang.

Pada bayi dengan kelahiran prematur, juga bisa didapati bayi dengan kepala peyang. Begitu juga dengan kelainan lainnya, seperti adanya penyatuan tulang tengkorak yang teralu cepat, atau adanya kelemahan pada otot leher karena terkena penyakit, seperti tortikolis kongenital.

Bentuk kepala peyang pada bayi sendiri sebetulnya tidak menimbulkan rasa sakit. Dimana hal ini bisa saja terjadi, dikarenakan memang tempurung kepala bayi memang masih lembek. Namun Anda memang tetap perlu mewaspadainya, bila kondisinya tidak berubah, ketika Anda sudah menggunakan terapi atau bantal anti peyang.

Karena bagaimanapun juga, setiap ibu pastinya tidak ingin bayinya memiliki kepala peyang karenanya tidak sedikit yang memutuskan untuk mencari bantal bayi, sebelum proses lahiran tiba. Cara kerja bantal anti peyang dipercaya bisa membantu bayi agar tidak peyang. Namun apakah benar bahwa bentuk kepala bayi bisa berubah dan bulat sempurna karena menggunakan bantal tersebut?

Bantal Anti Peyang

Bantal khusus bayi yang dikenal dengan bantal anti peyang memiliki desain berbeda dengan bantal pada umumnya. Dimana bantal memiliki cekung kecil di bagian tengahnya, sementara di seluruh bagian sisinya, terisi oleh busa atau dakron.

Ada juga bantal yang didesain dengan lubang di bagian tengahnya, sehingga bantal anti peyang yang satu ini, disebut juga sebagai bantal donat. Seperti namanya, bantal ini dibuat dengan tujuan untuk menghindari kepala peyang pada bayi dan membuatnya menjadi bulat sempurna dan bukan untuk kepala bayi yang sudah terlanjur lahir dalam keadaan peyang.

Cara Kerja Bantal Anti Peyang

Kemudian bagaimanakah sebetulnya bantal anti peyang ini bekerja?. Cara kerja bantal anti peyang dengan lekukan pada bagian tengahnya itu, akan berfungsi untuk menahan kepala bayi agar bentuknya tetap bulat. Sementara bagian bantal yang tebal di sekelilingnya, akan menyangga pipi bayi, hingga mudah mendorongnya ke posisi semula.

Bantal anti peyang dirancang sedemikian rupa agar ergonomis, hingga akhirnya bayi bisa nyaman ketika menggunakannya selama berjam-jam. Dengan demikian, waktu tidurnya bisa lebih maksimal, tanpa harus membuat ibu khawatir karena kepalanya akan peyang.

Pencegahan Kepala Peyang

Meskipun bantal anti peyang dipercaya bisa membantu ibu agar kepala bayinya bisa bulat sempurna. Namun masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pencegahan, agar tidak memerlukan bantal. Karena memang tidak semua ibu juga setuju dengan penggunaan bantal pada bayi baru lahir.

1. Ubah Posisi Tidur Bayi

Mengubah posisi tidur bayi yang sedang terlelap memang membutuhkan keberanian. Dimana ibu biasanya tidak tega melakukannya karena takut membangunkannya. Padahal dengan mengubah posisi kepala bayi secara bergantian kanan dan kiri, bisa menghindarkan bayi dari penekanan yang terlalu lama, hingga kepala tidak peyang.

2. Posisi Menyusui

Posisi ketika menyusui sebaiknya dilakukan bervariasi, sehingga tidak ada penekanan di salah satu bagian dalam waktu yang cukup lama. Posisi ini, akan membantu kepala bayi tidak tertekan di posisi yang sama.

3. Tummy Time

Tummy time adalah saat yang tepat untuk bayi agar terhindar dari kepala peyang. Posisi ini adalah meletakkan bayi dalam posisi tengkurap, yang bisa dilakukan saat bayi bangun atau ganti popok. Tummy time bisa membantu bayi menguatkan otot-otot sekitar leher, sekaligus membantunya menghindari dari bentuk kepala yang asimetris.

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara kerja bantal anti peyang, penyebab serta cara mengatasinya. Berikutnya silakan putuskan sendiri, apakah perlu atau tidaknya menggunakan bantal kepala peyangk.

Itulah penjelasan tentang Cara Kerja Bantal Anti Peyang . Terima kasih telah membaca di semuatahu dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar