Cara Membaca Oximeter Finger

semuatahu.web.id – Cara Membaca Oximeter FingerCara Membaca Oximeter Finger. Oximeter menjadi alat yang sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah saturasi atau kadar oksigen yang mengalir di dalam darah seseorang. Keberadaan alat tersebut tentu saja sangat diperlukan sekali. ┬áKarena, Oximeter sangat berfungsi guna mencegah terjadinya kondisi happy hypoxia yang tentu saja sangat berbahaya bila diabaikan
begitu saja.

Sebagai informasi bahwa happy hypoxia menjadi sebuah gejala yang mana diindikasikan saat kadar oksigen seseorang rendah tanpa gejala yang muncul. Bukan tanpa alasan mengingat jika saturasi oksigen menurun atau di bawah standar rata-rata maka akan berdampak buruk bagi seseorang.

Daftar Isi

Cara Menggunakan Oximeter

Alat Oximeter ini pada umumnya memiliki bentuk yang menyerupai klip yang mana penggunaannya dijepitkan pada bagian jari tangan, jari kaki, atau dan telinga. Sementara itu, untuk akurasinya dalam menentukan persentase saturasi oksigen dalam darah pun juga terbilang sangat akurat. Hanya saja, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat akurasi dari hasil pembacaan oximeter ketika digunakan.

Beberapa faktor tersebut diantaranya seperti suhu panas tubuh yang dinamis, gerakan, nafas, dan juga cat kuku.
Namun, secara keseluruhan, data yang muncul dari oximeter saat digunakan tentu saja bisa menjadi patokan dengan akurasi yang tinggi. Nah, berkenaan dengan teknik untuk membaca indikator dari oximeter, sebenarnya sangat mudah sekali.

1. Pertama, kamu harus memposisikannya dengan benar sesuai prosedur, yaitu dipasang pada ujung jari tangan atau jari kaki. Bisa juga kamu pasang pada daun telinga. Yang penting, kamu perlu memastikan bahwa pemasangannya tidak terlalu kencang atau longgar karena akan berpengaruh pada hasil data yang ditampilkan.

2. Jika alat sudah terpasang, usahakan untuk diam sesaat dan tenangkan dirimu karena alat ini sangat sensitif terhadap gerakan. Bergerak sedikit saja maka angka oximeter akan berubah.

3. Lihat angka yang ditampilkan. Umumnya, oximeter akan menampilkan dua kategori indikator, di atas adalah kandungan oksigen (saturasi) sedangkan di bawahnya adalah tingkat denyut jantung. Pastikan bahwa angka yang
ditampilkan dalam kondisi tetap.

4. Usahakan juga untuk mengatur nafas agar tenang karena angka pada oximeter akan terus berubah jika nafas kamu terlalu cepat. Maka dari itu, usahakan untuk selalu kontrol nafas kamu.

Cara Membaca Oximeter Finger

Nah, untuk tingkat saturasi oksigen yang normal berada di angka 95-100%. Namun, bila oximeter menunjukkan angka di bawah 95% atau di bawah 80% maka sangat berpotensi hipoksemia atau kekurangan oksigen. Melihat beberapa langkah di atas, kamu tentunya sudah bisa memahami bagaimana cara membaca oximeter finger untuk mengetahui saturasi atau kandungan oksigen yang terlarut di dalam darah.

Selain itu, angka pada oximeter yang menunjukkan persentase di antara 95-100 % maka bisa dikatakan normal dan sehat. Sedangkan, jika angka yang ditunjukkan di bawah angka tersebut maka bisa jadi ada potensi darah kekurangan suplai oksigen meskipun pada awal-awalnya tidak ada gejala. Jadi, dengan mengenali cara membaca oximeter, setidaknya kamu lebih bisa mengontrol kandungan saturasi oksigen yang terlarut di dalam darah.

Itulah Cara Membaca Oximeter Finger. Terima kasih telah membaca di semuatahu dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar