Mengenal Lebih Dalam Fungsi Router

By | January 2, 2020

semuatahu.web.id – Mengenal Lebih Dalam Fungsi Router yang tak banyak diketahui dan hanya menggunakannya saja. Router banyak digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer di perkantoran atau pun warung internet. Bahkan di beberapa rumah ada pula yang menggunakannya.

Router adalah salah satu alat atau perangkat keras yang memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama. Juga memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data melalui internet agar dapat menuju tujuannya. Itu dinamakan proses routing dan Anda perlu mengetahuinya agar dapat lebih optimal memakainya.

Tak banyak orang mengetahui mengenai apa itu router serta fungsinya, akan tetapi menggunakannya dalam sehari-hari. Routing adalah sebuah proses yang terjadi pada lapisan ke tiga dari tujuh lapis OSI. Biasa digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti Ethernet ke token ring.

Fungsi router yang Penting Untuk Anda Ketahui

Sesungguhnya router bukan hanya memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan saja, tapi juga fungsi lainnya. Router biasa digunakan pada computer, tablet, PC atau pun gadget lainnya selama dalam jangkauannya. Kini bukan hanya mengandalkan sambungan kabel, juga teknologi wireless untuk menghubungkan dengan jaringan LAN.

Fungsi utama dari router adalah mambagi atau mendistribusikan IP Address secara static maupun DHCP ke semua computer yang terhubung. DHCP sendiri adalah sebuah layanan yang akan memberikan nomor IP Address ke computer yang memintanya secara otomasis. Merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol.

Dengan adanya IP Address yang router berikan kepada setiap unit komputer, sehingga setiap unit dapat terhubung satu sama lainnya. IP Address yang diberikan pun merupakan unik sehingga dapat dengan mudah dikenali dan dibedakan. Dengan begitu dapat melakukan komunikasi pada internet maupun LAN.

Seiring dengan perkembangan jaman dan bertambahnya waktu, teknologi dari router pun semakin berkembang dan canggih.  Hanya dengan memanfaatkan gelombang radio yang dipancarkannya dan itulah fungsi router. Agar Anda lebih memahaminya, berikut ini fungsi lainnya dari router, yaitu:

Fungsi utama dari router adalah menghubungkan beberapa jaringan sehingga dapat menyampaikam data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Namun router berbeda dengan penggunaan switch. Pada router memiliki kegunaan untuk menghubungkan antara LAN yang satu dengan yang lainnya.

Sedangkan pada switch, hanya digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer, sehingga membentuk LAN.

Dapat berupa sebuah Operating System atau BOX yang dapat menjalankan daemon routing.

Fungsi dari router adalah mentransmisikan informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya dan memiliki system kerja seperti pada Bridge.

Fungsi lainnya dari router adalah dapat menyimpan table routing yang digunakan untuk menentukan jalur atau pun rute terbaik diantara jaringan LAN ke WAN.

Fungsi dari router berikutnya adalah mampu membaca alamat logika atau IP Address dan juga menentukan proses routing dari satu LAN ke LAN lainnya.

Selain itu router juga memiliki fungsi menghubungkan sebuah jaringan local pada koneksi DDL yang disebut DSL router. Juga memeiliki fungsi firewall, sehingga dapat melakukan penapisan paket berdasarkan pada alamat dan sumber paket tersebut.

Router memiliki fungsi yang dapat menghalangi atau memblokir lalu lintas data yang dihasilkan secara broadcast. Sehingga dapat mencegah terjadinya broadcast storm, yang dapat membuat kerja jaringan jadi melambat.

Itulah beberapa fungsi router yang tak banyak diketahui, sehingga tak dapat memaksimalkan kerjanya pada jaringan komputer. Sekarang ini router banyak digunakan untuk dapat membantu meningkatkan efektivitas dari koneksi internet. Biasanya router dihubungkan dengan modem ataupun modem yang berfungsi juga sebagai router.

Router umumnya digunakan pada wilayah yang luas seperti perkantoran atau pun kampus, akan tetapi ada pula yang menggunakannya di dalam rumah. Karena kini router bukan hanya menggunakan kabel, tapi dengan sistem wireless. Sehingga lebih mudah dan praktis dalam penggunaan sehari-hari.

Sejarah Awal Router

Router  merupakan sebuah alat atau perangkat yang memiliki banyak fungsi dan salah satunya adalah menghubungkan atau membuat komunikasi antar computer. Bermula dari system sederhana hingga akhirnya berkembang dan terus berkembang. Dan kini Cisco adalah salah satu perusahaan telekomunikasi penting di dunia.

Berawal dari keinginan sepasang suami istri tahan ntahun 80 an yang memiliki keinginan untuk dapat berkomunikasi antara dua computer. Mereka pun membuat sebuah server yang dapat menerima internet network, saling terhubung dengan menggunakan IP yang sama. Hingga akhirnya pada tahun 1992, teknologi ini melahirkan sebuah perusahaan yang bernama Cisco.

Berawal nama Cisco system kemudian menjadi Cisco System, Inc dan mulai memproduksi Advanced Gateway Server atau AGS. Dari tahun ke tahun kemudian mereka terus mengembangkan produk gateway server hingga muncullah produk router. Sertifikasi terhadap berbagai hardware telekomunikasi pun dilakukan.

Jenis-jenis Berdasarkan Fungsi Router

Sebuah router sesungguhnya memiliki beberapa jenis, baik menurut mekanisme atau aplikasinya. Umumnya hanya mengetahui router sebagai sebuah perangkat saja dan tak mengenali jika terdapat beberapa jenis. Kini saatnya Anda mengetahui lebih dalam dari jenis-jenis router yang ada, yaitu:

Router hardware, merupakan sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti router. Dengan kemampuan yang dimilikinya, hardware ini dapat digunakan untuk;

  • Membagi jaringan internet pada sebuah wilayah, contohnya router sebagai access point. Wilayah yang mendapat IP Address dan koneksi internet akan disebut sebagai hot spot area.
  • Membagikan alamat IP atau IP Address.

Router aplikasi, merupakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh oleh user pada sebuah sistem komputer. Hingga sistem operasi komputer tersebut dapat bekerja seperti router, seperti;

  • Winroute
  • Wingate
  • Winproxy
  • Spygate

Router PC, sebuah komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang kemudian dimodifikasi. Sehingga dapat berfungsi sebagai router. Ada bebereapa spesifikasi minimum yang harus dimiliki komputer agar dapat menjadi router, diantaranya;

  • Terdapat LAN Card.
  • Prosesor Pentium II dengan minimal hard drive 10 GB dan RAM 64.
  • Memiliki sistem operasi khusus router PC yakni Mikrotik.

Router wireless, sebuah router yang dapat bekerja tanpa menggunakan kabel. Router jenis ini hanya mengandalkan media udara untuk dapat mengirimkan sebuah paket data.

Router statis, merupakan router yang dapat melakukan proses routing dari suatu jaringan. Prosesnya dilakukan manual,oleh seorang admimistrator jaringan.

Router dinamis, adalah sebuah router yang mampu melakukan proses routing berjalan secara otomatis serta dinamis. Hal itu dilakukan melakukan pengaturan oleh seorang administrator jaringan.

Itulah sekilas penjelasan mengenai fungsi dari router serta hal-hal yang berkaitan dengannya, mulai dari sejarah hingga jenis-jenisnya. Anda yang telah menggunakan router selama ini tentu akan lebih dapat memaksimalkan kerjanya. Dengan mengetahui banyak hal tentang router, maka akan dapat memiliki pengetahuan serta pilihan saat menggunakannya.

Walau terlihat cukup rumit, akan tetapi sangatlah bermanfaat dengan mengetahui fungsi-fungsi lainnya dari router. Memiliki banyak pilihan saat satu jenis router tak dapat digunakan, Anda mengetahui yang lainnya. Dengan fungsi router yang banyak sekali, Anda menjadi lebih paham akan cara kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *