Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan!

By | December 12, 2019

semuatahu.web.id – Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan! Pidato menjadi hal yang penting untuk setiap acara di mana saja. Sebelum rangkaian acara kegiatan yang lain dilakukan maka tak afdol jika pidato belum disampaikan sebagai wejangan untuk semua peserta acara. Biasanya pidato apa yang sering kamu dengar?

Jika di sekolah tema pidato yang diangkat pasti mengenai pendidikan, tak jarang tema kebersihan juga diangkat dalam pidato sekolah. Jika kamu sedang mencari pidato tema kebersihan maka kamu telah mampir di artikel yang tepat. Berikut contoh pidato dengan kebersihan lingkungan.

Assalamualaikum w.w

Selamat pagi Bapak/Ibu serta saudara/i yang telah hadir pada hari ini.

Yang terhormat Bapak Fulan dan yang terhormat Ibu Fulanah. Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT dan junjungan Rasululah SAW yang telah memberikan syafaatnya kepada kita semua dan telah membawa kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

Saudara/i yang saya sayangi dan cintai. Kita telah ketahui bersama bahwa kebersihan sangat penting di mana pun kita tinggal. Untuk itu tema yang kita angkat kaki ini adalah “Kebersihan Lingkungan” Allah sendiri sangat menyukai orang yang bersih sehingga ada hadist Rasul yang mengatakan bahwa “Kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan. Contoh kecil namun sering diabaikan adalah membuang sampah pada tempatnya. Ada baiknya juga dimulai dari lingkungan keluarga, sebab keluarga adalah sekolah pertama bagi anak. Maka peran keluarga sangatlah penting dalam latihan menjaga kebersihan. Bagi yang muslim bisa mengawasi anak-anaknya untuk sholat 5 waktu sebagai kebersihan diri.

Saat membelikan makanan seperti es krim bisa mengajarkan anak untuk membuang sampahnya sendiri setelah siap memakan es krimnya. Untuk lingkungan sekolah, bisa melakukan kegiatan gotong royong sebulan sekali. Setiap harinya membersihkan kelas dengan membuat piket harian, dan diharapkan siswa yang mendapat jadwal piket bisa datang lebih awal untuk membersihkan kelas.

Demikianlah pidato singkat ini yang bisa saya sampaikan. Kurang dan lebih saya memohon maaf kepada saudara/i. Mohon bisa dimaafkan dan dimaklumi.

Wassalamu’alaikum w.w

Itulah contoh pidato tentang kebersihan yang bisa kamu gunakan untuk pidato di sekolah atau di lingkungan sekitar kamu jika ada acara. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan memodifikasi pidato di atas supaya tidak ada yang menyamai pidato yang akan kamu bawakan.

Selain pidatonya, kamu juga harus mempersiapkan hal lain sebelum berpidato. Apa saja sih yang harus perhatikan sebelum pidato? Berikut penjelasannya.

Tema Pidato

Hal yang terpenting adalah kamu harus membuat pidato seperti contoh pidato tentang kebersihan di atas. Sesuaikan dengan tema acara yang akan kamu datangi. Menyesuaikan isi pidato dengan acara akan terkesan kamu memperhatikan acara tersebut dan menghormati mereka.

Intonasi Pidato

Kamu bisa memberi tanda untuk setiap intonasi dalam pidato kamu. Memberi tanda garis miring satu untuk intonasi rendah dan memberi garis miring dua untuk intonasi tinggi atau tanda lain yang bisa kamu buat sendiri seperti tanda koma, elipsis, dan lainnya.

Ketahui Siapa Saja yang Hadir

Pidato akan lebih berkesan jika kamu bisa menyebutkan tokoh penting dalam acara tersebut. Sebelum membawakan pidato kamu bisa menanyakan hal tersebut kepada panitia acara dan menyebutkannya seperti contoh pidato tentang kebersihan di atas.

Demikian hal yang harus kamu perhatikan saat membacakan pidato. Contoh pidato tentang kebersihan di atas juga bisa kamu jadikan contoh untuk modifikasi pidato supaya lebih menarik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *