Persebaran Fauna di Indonesia

By | December 12, 2019

semuatahu.web.id – Persebaran Fauna di Indonesia!. Fauna merupakan hewan yang hidup di suatu tempat, bahkan hampir di seluruh wilayah terdapat fauna. Terkadang juga terdapat fauna endemik yang menjadi ciri khas dari wilayah tersebut. Fauna endemik adalah fauna yang hanya terdapat di wilayah itu sendiri sedangkan tidak ada di wilayah lain. Seperti contoh Komodo yang berada di Pulau Komodo Kepulauan Nusa Tenggara Timur.

Indonesia sendiri memiliki bermacam-macam fauna di berbagai wilayah. Persebaran fauna ini terletak di berbagai wilayah, seperti bagian barat, tengah, dan bagian timur Indonesia. Sedangkan kata persebaran itu sendiri bermakna menunjukkan suatu wilayah dari objek yang kita amati.

Menurut teori Wallace dan Weber fauna di Indonesia tersebar di tiga wilayah yaitu persebaran fauna di bagian barat, persebaran fauna di bagian timur, dan persebaran fauna di bagian tengah. Wallace dan Weber mengetahui persebaran tersebut berdasarkan garis pengamatan yang sudah mereka lakukan. Di samping itu Wallace juga mengamati mengenai persebaran flora yang ada di Indonesia.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai persebaran fauna yang berada di Indonesia, berikut akan dijelaskan secara singkat mengenai persebaran tersebut.

Persebaran Fauna Bagian Barat

Pertama, persebaran fauna di Indonesia bagian barat. Bagian ini sering di temui hewan mamalia yang berukuran cukup besar, seperti gajak, tapir, badak bercula satu, macan, kerbau, orang utan, bekantan, dan lain-lain. Sedangkan di temui juga hewan reptil yaitu seperti ular, bunglon, kadal, buaya, trenggiling, biawak, dan lain-lain. Selain mamalia dan reptil, terdapat juga jenis burung seperti gagak, burung hantu, elang, kutilang, merak, dan jenis unggas lainnya. Hewan-hewan air juga menghuni wilayah bagian fauna ini, seperti ikan air tawar.

Fauna yang ada di Indonesia bagian barat ini tersebar di berbagai wilayah seperti,wilayah Kalimantan, Jawa, Bali, dan Sumatera.

Persebaran Fauna Bagian Timur

Kedua, fauna di Indonesia bagian timur ini hampir sama dengan persebaran di bagian barat, terdapat hewan mamalia, reptil, dan berbagai jenis burung, sedangkan hewan air tawar yang cenderung sedikit. Jenis hewan mamalia tersebut adalah kangguru, walabi, landak irian, beruang, kelelawar, dan kuskus. Untuk hewan reptil terdapat hewan buaya, biawak, kadal, dan ular. Sedangkan jenis burung, seperti nuri, cenderawasih, kasuari, dan namudur.

Hal yang unik adalah tidak ditemukannya kera disana. Wilayah persebaran tersebut terdapat di Halmahera, Papua, dan Kepulauan Aru.

Persebaran Fauna Bagian Tengah

Ketiga, fauna bagian tengah ini merupakan fauna peralihan atau Austral Asiatic. Jenis fauna di Indonesia bagian tengah ini diantaranya, kuda, sapi, monyet hitam, monyet saba, beruang, banteng, rusa, dan anoa. Sedangkan untuk reptil sendiri ada komodo, ular, dan buaya. Untuk jenis burung terdapat hewan mandar, raja udang, burung dewata, kakatua nuri, dan maleo.

Wilayah persebaran hewan tersebut terdapat di Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Timor, dan Papua.

Persebaran tersebut memang sering diketahui melalui pengamatan atau penelirian yang telah dilakukan oleh Wallace dan Weber di Indonesia. Sehingga mereka membagi fauna di Indonesia sesuai dengan garis persebarannya. Diantara kesemua hewan diatas yang sudah disebutkan, kita sebagai manusia hendaknya senantiasa menjaga dan melestarikan hewan tersebut.

Mengapa kita harus melestarikan hewan-hewan tersebut terlebih hewan yang sudah langka? Karena hewan tersebut menjadi ciri khas dari Indonesia atau dari wilayah itu sendiri. Hal yang sering terjadi adalah pembakaran hutan secara liar sehingga membuat habitat hewan-hewan tersebut terancam punah. Terdapat juga perburuan hewan-hewan langka yang dimanfaatkan untuk pajangan atau diperjualbeliakan secara ilegal.

Itulah beberapa fauna di Indonesia mulai dari persebaran wilayah yang dibagi menjadi 3 bagian hingga gerakan untuk melindungi hewan-hewan tersebut. Bijaklah dalam berinteraksi dengan alam sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *