Makna Dibalik Pengertian Negosiasi

By | December 5, 2019

semuatahu.web.id –  Makna Dibalik Pengertian Negosiasi. Berinteraksi dengan orang lain adalah sifat manusia yang pada dasarnya tidak bisa hidup sendiri. Sering kita mendengar interaksi sosial yaitu suatu kegiatan di mana satu orang dengan berbincang-bincang dengan orang lain, itu contoh mudahnya. Namun, interaksi sosial juga sering menghasilkan suatu hal yang sangat penting bagi orang yang berinteraksi atau orang lain.

Salah satu dari interaksi sosial adalah negosiasi. Mengapa negosiasi? Karena negosiasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mempertimbangkan hal yang sedang dibahas, seperti hal tersebut masih dirasa membingungkan atau menentukan suatu pilihan.

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian negosiasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan atau dirundingkan untuk mencapai kesepakatan bersama antara pihak yang satu dengan yang lainnya. Menurut Kamus Oxford sendiri negosiasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara formal untuk memutuskan suatu kesepakatan bersama.

Negosiasi sering terjadi jika ada suatu perselisihan atau meminta sebuah keringanan. Seperti contoh ketika seseorang memiliki hutang yang cukup besar pada suatu lembaga sedangkan belum bisa membayarnya, maka orang tersebut dapat melakukan negosiasi. Sedangkan negosiasi tersebut dikatakan berhasil jika antara dua pihak tersebut menyetujui keputusan yang sudah dibuat.

Dibalik pengertian negosiasi tersebut ternyata menyimpan segudang manfaat bagi mereka yang terlibat didalamnya. Pertama, akan terjalin kerjasama antara kedua belah pihak yang bersangkutan dengan tujuan yang sudah disepakati. Kedua, dengan negosiasi akan menguntungkan kedua belah pihak karena kesepakatan yang sudah disetujui.

Seseorang yang sedang bernegosiasi disebut dengan negosiator. Posisi orang tersebut sangat penting ketika tengah berinteraksi, jadi dia harus benar-benar paham dan mengerti mengenai apa yang akan disampaikannya. Maka dari itu seorang negosiator harus memiliki pemikiran yang positif, kritis dan mampu melihat peluang yang supaya dapat bernegosiasi dengan baik dan menghasilkan kesepakatn yang baik pula.

Para ahli juga memiliki opininya mengenai apa itu pengertian dari negosiasi. Menurut Runtung Sitepu pengertian negosiasi adalah kedua belah pihak atau lebih yang tengah menyelesaikan suatu sengketa yang dilakukan dengan berunding langsung untuk menyelasikan sengketa tersebut atas kesepakatan win-win solution. Menurut Casse negosiasi merupak suatu hal yang dilakukan sedikitnya dua pihak yang berbeda pendapat dan motivasi untuk mencapai suatu kesepakatan bersama.

Hal-hal yang sering menggunakan negosiasi adalah kegiatan politik, bisnis, adanya sengketa wilayah di suatu lokasi, hukum, dan lain-lain. Namun, dalam lingkup kecil seperti keluarga dan berteman juga terkadang melakukan negosiasi jika terjadi suatu persepsi dan anggapan yang berbeda.

Jadi dapat disimpulkan bahwa makna dari pengertian negosiasi adalah suatu perundingan yang dilakukan oleh dua pihak paling sedikit dengan pihak lain untuk mencapai suatu kesepakatan bersama. Di balik terjadinya suatu negosiasi terdapat orang yang berperan di dalamnya yaitu negosiator yang harus memiliki jiwa kritis, positif, dan tidak mudah terpancing emosi dengan persepsi lawan negosiasi.

Jika kamu berperan sebagi negosiator dalam suatu forum, maka bersikaplah sopan dan menghargai pendapat dari lawan negosiator. Karena jika kamu tidak bisa mengatur emosi pada diri sendiri maka negosiasi tidak akan berjalan dengan lancar sedangkan keputusan akan terkendala dari pihak tersebut.

Nah, sekarang kamu sudah paham bukan apa itu makna dari pengertian negosiasi? Pada dasarnya negosiasi memang dilakukan secara langsung, dengan kepala dingin dan kesabaran untuk menanggapi lawan bicara. Kenapa harus secara langsung? Karena supaya tidak ada kesalahpahaman dalam menangkap informasi dari pihak yang satu dengan pihak lainnya. Tetaplah berpikir kritis dan positif selama negosiasi berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *