Arti Afwan, Penggunaan dan Jawaban kata Afwan

By | February 11, 2020

semuatahu.web.id –  Kamu membaca artikel ini mungkin penasaran atau belum tahu arti  Afwan. Kamu pasti sering mendengar orang yang mengucapkan istilah bahasa arab atau kamu sendiri mengucapkan istilah bahasa arab, walaupun kamu tidak tahu apa artinya. Seperti Afwan, apakah kamu tahu  Afwan dan cara menggunakan kata Afwan yang benar dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Arab sekarang menjadi salah satu trend  bagi umat muslim yang ada di indonesia.  Mari kita bahas tentang makna dan cara penggunaan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Afwan

Afwan dalam bahasa arab adalah maaf. Jadi pengunaan kata afwan adalah untuk meminta maaf jika kamu berbuat salah tapi jangan salah  afwan walaupun dalam bahasa arab adalah maaf tapi afwan bisa digunakan untuk menjawab ungkapan terima kasih (Syukron).Afwan adalah ism masdar memiliki asal kata dari ‘afaa (عفا), ya’fu (يعفو ), ‘afwan (عفوا) yang berarti “maaf”.  Umumnya di Indonesia,  muslim dan muslimah menggunakan kata Afwan selain untuk meminta maaf, biasa digunakan untuk hendak permisi seperti permisi lewat ketika berjalan melewati seseorang.

Di dalam Al- Qur’an kita menemukan kata afwan yang memiliki arti berbeda, ingat bahasa arab satu kata memiliki banyak arti tergantung :

  • Dalam surat Al Baqarah ayat 219, Afwan memiliki makna kelebihan.
  • Dalam surat  Al A’raf  ayat  95, Afwan memiliki makna jumlah yang banyak.
  • Dalam surat Al Baqarah ayat 237, Afwan memiliki makna pembebasan.
  • Dalam Surat Ali Imran ayat 158, Afwan memiliki makna ampunan dan pemaafan.

 

Contoh Penggunaan Kata Afwan dalam Kehidupan Sehari-hari:

  • Afwan , telat datang.
  • Afwan saya lupa bawa
  • Afwan saya tidak bisa bertemu

Variasi  Kata Afwan

inilah beberapa variasi yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari,

  • Afwan Jiddan memiliki arti maaf sekali
  • Afwan Yaa Habibi memiliki arti maaf wahai kekasihku
  • Afwan Yaa Ukhti memiliki arti maaf wahai saudariku
  • Afwan Yaa Akhi memiliki arti maaf wahai saudaraku

Jawaban Untuk Kata Afwan

Jika ada seseorang yang mengucapkan kata Afwan kepada kita, maka kita bisa menjawab ucapan afwan dia dengan ucapan “Labasa” yang memiliki makna “tidak apa-apa” ,  bisa juga kata Labasa ditambahkan “na’am” yang jika dua kata tersebut digabungkan menjadi  Labasa na’am memiliki arti “iya tidak apa-apa”.

Alasan Kata Afwan digunakan menjawab Syukron (Terima Kasih)

Walaupun kata Afwan sebenarnya adalah maaf dalam bahasa arab, penggunaannya bisa untuk menjawab Syukron atau kata terima kasih. Afwan yang digunakan untuk menjawab Syukron (terima kasih) memiliki arti “sama-sama”.  Ini dikarenakan agar kita belajar rendah hati atau tidak sombong karena sudah menolong orang atau sudah memberikan sesuatu ke orang lain yang merupakan suatu tindakan kebaikan kita kepada orang lain. Tindakan kebaikan kita itu jauh dari kata kesempurnaan, jadi itu alasan kata Afwan digunakan untuk menjawab Syukron.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa makna Afwan adalah “mengabaikan”, mengabaikan disini maksudnya adalah tidak perlu mendapatkan terima kasih, karena ungkapan terima kasih atau ungkapan bersyukur lebih pantas dipanjatkan pada Allah SWT.  Lebih jelas bisa baca disini

Itulah pembahasan tentang Arti Afwan dan Istilah-Bahasa Arab Lainnya serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari semoga menjadi ilmu yang bermanfaat,

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *