Manfaat Contoh Peta Proses Operasi

By | February 21, 2020

semuatahu.web.id – Pahami Apa Saja Manfaat dan Bagaimana Penulisan Contoh Peta Proses Operasi!.  Peta proses operasi merupakan diagram yang isinya menggambarkan langkah-langkah suatu proses yang akan dialami bahan baku, urutan-urutan operasi yang dilalui serta pemeriksaan mulai dari tahap awal hingga menjadi produk atau komponen. Peta ini juga memuat tentang berbagai informasi yang dibutuhkan untuk dapat menganalisis dengan lebih lanjut tentang material tempat alat waktu serta mesin yang digunakan.

Manfaat peta proses operasi :

  •  Dapat memperkirakan kebutuhan bahan baku dengan memperhitungkan tentang efisiensi tiap pemeriksaan dan operasi
  • Dapat mengetahui tentang kebutuhan terhadap mesin termasuk anggarannya
  • Menentukan tata letak suatu pabrik
  • Melatih tentang cara kerja.
  • Melakukan perbaikan mengenai cara kerja.

 Prinsip-prinsip peta proses operasi :

  1. Terlebih dahulu membuat judul untuk peta proses operasi serta identifikasi nama objek tanggal ditetapkan nama pembuat nomor peta dan juga nomor gambar.
  2. Material yang akan digunakan biasanya ditempatkan di bagian atas garis horisontal hal ini menunjukkan bahwa material tersebut masuk ke dalam proses.
  3. Lambang-lambang pada contoh peta proses operasi biasanya ditempatkan pada arah vertikal hal tersebut menunjukkan adanya perubahan proses.
  4. Penomoran diberikan secara berurutan untuk suatu kegiatan sesuai dengan operasi yang diperlukan dalam pembuatan produk tersebut dan juga sesuai dengan urutan proses yang terjadi.
  5. Penomoran untuk suatu kegiatan pemeriksaan prinsipnya hampir sama dengan penomoran pada kegiatan operasi dan biasanya diberikan dengan tersendiri.
  6. Produk yang biasanya membutuhkan banyak operasi terlebih dahulu harus ditetapkan dan berarti ditetapkan dengan garis vertikal pada sebelah kanan halaman kertas.
  7. Contoh Peta proses operasi yang tadi telah ditetapkan kemudian bisa dianalisis untuk dapat mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan dari kegiatan kerja yang akan dilakukan.

 

Analisis peta proses operasi:

Bahan-bahan

Agar proses penyelesaian dan toleransi nya sesuai dengan reabilitas, pelayanan serta waktunya.sebaiknya semua alternatif bahan yang digunakan lebih baik dipertimbangkan secara teliti.

Operasi

Semua pilihan yang bisa saja terjadi pada proses pengolahan pembuatan maupun pengajian dengan menggunakan mesin atau metode perakitan serta alat-alat dan berbagai perlengkapan yang digunakan perlu dipertimbangkan dengan cara matang. Perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan cara menggabungkan menghilangkan merubah ataupun penyederhanaan kan berbagai operasi yang terjadi.

Pemeriksaan

Selain membuat contoh peta proses operasi, pemeriksaan pun sebaiknya dilakukan agar dapat mengetahui tentang kuantitas ataupun kualitas suatu objek yang memenuhi standar atau ketentuan yang telah ditetapkan agar produk tersebut dapat memenuhi syarat dan dikatakan baik.

Waktu

Seluruh alternatif tentang cara kerja perlengkapan dan juga jenis peralatan yang akan digunakan tentunya perlu untuk diperhatikan agar dapat menyederhanakan waktu pada saat penggunaannya.

Umumnya peta ini akan digambarkan mengenai langkah-langkah ataupun proses pengolahan bahan baku dan juga urutan operasi. Tahapan proses operasi pengerjaan bahan baku tentunya harus diuraikan dengan cara sistematis dan juga logis.

Keseluruhan operasi kerja umumnya bisa digambarkan dalam contoh peta proses operasi mulai dari awal atau raw material hingga menjadi produk akhir yang sudah jadi atau finish goods product. Hal ini mengakibatkan dapat dilakukan analisa perbaikan dari operasi kerja secara individu maupun urutannya secara keseluruhan.

Aturan dasar peta proses operasi:

  1. Pertama tentukan terlebih dahulu apakah petai yang akan Anda buat merupakan Man process chart atau material process chart.
  2. Selanjutnya di baris paling atas Anda harus menuliskan peta proses operasi dan seterusnya tulis seluruh identifikasi kerja lainnya seperti nomor gambar kerja, nama objek dan hal lainnya.
  3. Simbol atau lambang ASME biasanya ditempatkan dalam arah yang vertikal dengan cara berurutan yang menunjukkan terjadinya perubahan proses pada tiap simbolnya.
  4. Pemberian nomor terhadap operasi suatu kegiatan diberikan dengan cara berurutan sesuai dengan operasi mana yang diperlukan terlebih dahulu dalam pembuatan produk tersebut atau yang sesuai dengan proses terjadinya. Penomoran diberikan secara tersendiri dan sama aturannya dengan pemberian nomor pada proses operasi.
  5. Agar dapat diperoleh gambar contoh peta proses operasi yang baik maka produk yang banyak memerlukan operasi biasanya di petakan terlebih dahulu dan juga digambarkan di garis vertikal paling kanan secara sendiri.

Setelah semua langkah-langkah dalam proses kerja digambarkan secara lengkap maka anda perlu membuat ringkasan yang di dalamnya mencantumkan tentang informasi banyaknya operasi yang dilakukan, pemeriksaan yang dilaksanakan serta berapa waktu yang dibutuhkan pada masing-masing proses tersebut dalam menit ataupun jam.

Dalam penggambaran proses operasi dapat dilihat bahwa ruang lingkup yang dibahas sangatlah luas akan tetapi tidak begitu detail, maka penggambaran melalui peta ini hanya fokus terhadap aktivitas aktivitas yang produktif saja. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat sebagai langkah awal dalam proses untuk merencanakan pembuatan suatu produk.

Adapun manfaat dari bagan proses operasi ini secara keseluruhan adalah dapat memvisualisasikan tentang apa saja urutan yang lengkap dari operasi dan juga inspeksi secara keseluruhan. Dari Contoh peta operasi proses ini dapat diketahui yang mana operasi yang dipilih untuk studi rinci yang cocok dalam seluruh proses.

Representasi grafis dari titik-titik yang mana bahan diperkenalkan dalam proses dan operasi inspeksi apa saja yang dilakukan akan ditampilkan dalam bagan ini. Contohnya dalam proses operasi pembuatan keripik pisang akan dijelaskan tentang urutannya. Proses pembuatan keripik tersebut disimbolkan dengan gambar lingkaran yang dinamakan dengan O-1 artinya merupakan operasi pertama dalam proses pembuatan keripik pisang ini.

Operasi kedua dinamakan dengan O-2 yang akan ditulis pula berapa waktu yang diperlukan serta alat yang digunakan misalnya saja proses kedua adalah pemeriksaan pisang dengan menggunakan pisau selama 120 menit. O-3 merupakan proses operasi yang ketiga misalnya dalam pembuatan keripik pisang operasi ketiga ini berlangsung proses penambahan air garam ataupun apu untuk perendaman selama 60 menit di bak rendam.

Operasi selanjutnya pun akan digambarkan secara singkat sesuai dengan urutan. Urutan nomor pun akan dilanjutkan setelah nomor operasi sebelumnya. Begitu seterusnya hingga proses penggorengan pembukuan kedokteran ditimbang dikemas kemudian dipasarkan untuk dijual. Peta operasi proses pembuatan yang lain pun digambarkan hampir sama dengan contoh di atas menggunakan simbol-simbol dan juga dituliskan berapa waktu yang diperlukan dalam suatu proses tersebut.

Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat dan apa saja yang terdapat dalam contoh peta operasi proses suatu produk. Perlu teliti menuliskan urutan dan juga simbol agar proses suatu produk dapat digambarkan secara baik dan dapat dimengerti oleh pembaca. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *