Cara Membuka Command Prompt Sebagai Administrator Windows 7

By | February 24, 2020

semuatahu.web.id –  Ketahui Cara Membuka Command Prompt Sebagai Administrator Windows 7 – Command Prompt atau CMD merupakan sebuah program bawaan dari sistem operasi yang berfungsi sebagai untuk menjalankan program, mengelola dan memanipulasi pengaturan sistem operasi Windows, serta merupakan sebuah file akses yang dapat digunakan untuk mengetikkan suatu perintah. Selain fungsi dan manfaat tersebut CMD bisa digunakan untuk memunculkan file yang telah disembunyikan oleh virus.

Menurut pengertiannya, sebenarnya CMD merupakan sebuah sistem operasi yang disediakan oleh Windows untuk melakukan eksplorasi terhadap berbagai fitur dan fasilitas yang disediakan, baik secara online maupun secara offline. Walaupun dalam perkembangannya aplikasi ini sering disalah gunakan sebagai aplikasi cracking dengan hanya bermodalkan Command Prompt pada fitur-fitur CMD. Berikut merupakan cara membuka command prompt sebagai administrator windows 7 untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Pada awalnya Microsoft memfasilitasi Windows menggunakan program MCD untuk kebutuhan-kebutuhan operating system disk. CMD kemudian menjadi sebuah program untuk membuka file dan direktori tertentu, ketika file yang hendak dibuka terselip pada folder lain, ataupun sulit ditemukan. Walaupun merupakan program Windows yang tergolong kuno, namun banyak fungsi yang di dapatkan jika menggunakan CMD sebaga administrator pada komputer dan laptop milik Anda.

CMD atau Command Prompt merupakan aplikasi berbasis GUI, dan dikenal dengan banyak nama, yakni Command Shell, CMD.exe, CMD Prompt ataupun Windows Command Processor, yang terakhir merupakan nama yang disematkan oleh Windows pada aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengelola sistem Windows ketika ia mengalami crash dan hang.

Dengan mengetahui pengertian dasar tentang CMD tersebut, kini Anda sudah bisa memahami bagaimana kemungkinan kinerja software tersebut pada komputer dan laptop Anda. Cara membuka command prompt sebagai administrator windows 7 juga mudah dilakukan, dengan berbagai fungsi dasar tersebut, Anda lebih bisa mengeksplorasi dan menjelajahi berbagai fitur yang tersedia di program Windows 7 milik Anda. Fungsi CMD cukup beragam, mulai dari pemrograman hingga hacking dan pengelolaan aplikasi.

CMD juga bisa berfungsi sebagai pengatur koneksi jaringan di sistem operasi yangg digunakan, terutama Windows 7, dan memilik beragam fungsi lainnya. Dengan mengetahui beragam fungsi tersebut, tentunya Anda tertarik untuk menggunakan CMD sebagai administrator pada komputer maupun perangkat PC Anda. Status administrator akan memudahkan Anda untuk mengelola dan mengatur segala hal di dalam komputer maupun laptop, mulai dari pengaturan, program, update aplikasi dan berbagai hal lain secara lebih bebas dan leluasa.

Cara membuka command prompt sebagai administrator Windows 7 sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Cara umum yang digunakan untuk menggunakan CMD adalah dengan memanfaatkan fitur Start atau tombol Windows pada keyboard milik Anda. Kemudian mencari menu CMD yang terletak pada bagian aksesoris di program komputer. Namun langkah tersebut merupakan langkah yang biasa dilakukan untuk menggunakan CMD sebagai media biasa, bukan administrator.

Simak langkah dan cara berikut untuk menggunakan CMD yang bisa melakukan berbagai akses selayaknya administrator pada sistem operasi Windows 7.

Menggunakan Fitur Run As Administrator

Cara pertama menggunakn fitur Run As, yang bisa Anda lakukan dengan lebih cepat menggunakan keyboard. Anda cukup menekan perpaduan antara tombol Ctrl + Shift + Enter pada keybord secara bersamaan. Kemudian akan muncul halaman baru yang bertuliskan CMD.exe, ini adalah file CMD yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai administrator untuk Windows 7. Jika sudah menemukan aplikasi tersebut, Anda tinggal menekan Yes atau Enter untuk mulai menjalankan program.

Menggunakan Fitur Opsi Klik Kanan

Langkah dan cara membuka command prompt sebagai administrator windows 7 selanjutnya adalah dengan menggunakan opsi klik kanan menggunakan mouse atau memanfaatkan keypad jika menggunakan laptop. Kedua opsi tersebut bisa Anda lakukan untuk membuka dan menjalankan CMD dengan status adminstrator.

Caranya mudah, pada desktop komputer maupun laptop Anda, tekan menu Start atau Windows di pojok paling kiri. Anda bisa mengetikkan CMD di kolom pencarian, dan tunggu beberapa saat hingga proses pencairan selesai dilakukan. Anda bisa menemukan aplikasi CMD di bagian aksesoris. Setelah ditemukan, Anda hanya perlu menekan klik kanan pada aplikasi CMD untuk kemudian mencari menu yang bertuliskan Run As Administrator. Dengan melakukan pilihan pada menu tersebut, Anda bisa secara otomatis mengubah CMD menjadi admin di komputer maupun laptop Windows 7 Anda.

Menggunakan Fitur Administator Otomatis

Cara ini merupakan langkah yang akan membuat CMD yang ada di komputer maupun laptop milik Anda secara langsung menjadi administrator untuk pemakaian seterusnya. Jika Anda tidak keberatan dengan status tersebut dan memang sedang memrlukan pemakaian CMD sebagai admin dalam waktu yang berkelanjutan, cara ini bisa Anda terapkan.

Cara membuka command prompt sebagai administrator windows 7 untuk berlaku seterusnya juga bukan perkara yang susah. Anda hanya perlu mengubah tanda centang yang terletak pada pengaturan jendela CMD. Untuk langkah ketiga ini, Anda harus memastikan bahwa terdapat shorcut CMD yang sudah ada di dekstop, jika belum lakukan terlebih dahulu dengan menekan start, kemudian mengetikkan CMD pada kolom pencarian, lalu berlanjut dengan menekan klik kanan dan mengirim CMD menuju desktopd dengan fitur Send to Desktop.

Nah, ketika aplikasi CMD sudah Anda buat menjadi shortcut, klik kanan pada menu aplikasi tersebut, pilih menu navigasi bernama Advanced, kemudian akan muncul jendela baru yang merupakan baigian dari Advanced Properties. Pilih Run As Administrator dengan memberikan centang pada pilihan tersebut. Lalu tekan OK untuk melakukan penyimpanan.

Dengan mengikuti langkah diatas, maka CMD secara otomatis telah menjadi administrator di dalam laptop mapun komputer milik Anda. Cara membuka command prompt sebagai administrator windows 7 hanya bisa Anda lakukan di Windows 7 semua tipe, namun tidak bisa dengan jenis Windows model lainnya, karena kemungkinan memiliki sistem dan langkah yang berbeda.

Fungsi CMD pada dasarnya cukup beragam. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa penggunaan CMD sebagai administrator akan memberikan manfaat yang lebih luas pada komputer dan laptop Windows milik Anda. Jangan salah, fungsi CMD tidak hanya sebagai media aplikator pengecekan koneksi jaringan saja, namn juga dapat melakukan diagnosa pada sistem maupun jaringan yang mengalami bad error.

Ia juga mampu membereskan hardisk yang mengalami masalah serupa serta memastikan bahwa Windows yang sedang Anda gunakan telah diaktifasi dengan benar. Bahkan, ketika ada aplikasi yang tidak terduga dan melambatkan kinerja komputer, Anda bisa dengan mudah melakukan pemberhentian paksa menggunakan aplikasi CMD sebagai admnistrator.

Dengan mengetahui manfaat tersebut, banyak orang yang kemudian mencari cara membuka command prompt sebagai administrator windows 7 untuk diaplikasikan pada perangkat masing-masing. Kelebihan tersebut membuat CMD sebagai administrator layak Anda coba pada komputer maupun laptop Anda untuk memudahkan kinerja dan bidang pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *