10 Cara Mematikan Komputer Berbagai Kondisi

By | December 29, 2019

semuatahu.web.id –  Penting! Inilah 10 Cara Mematikan Komputer Dengan Windows Dengan Berbagai Kondisi. Mematikan komputer itu sudah menjadi sebuah rutinitas Anda setiap hari. Namun, jika Windows Anda mengalami masalah error dan Anda tidak bisa untuk mematikan komputer dengan cara biasa. Maka Anda sangat perlu untuk tahu cara lain dalam mematikan komputer. Ada banyak cara untuk mematikan komputer, sehingga Anda bisa menerapkannya di berbagai kondisi dan situasi.

Mematikan sebuah komputer merupakan salah satu dasar dalam hal menggunakan komputer. Namun masih banyak yang belum Anda ketahui bagaimana cara untuk mematikan komputer dengan baik. Apa itu Shutdown? Shutdown itu merupakan sebuah kata dari bahasa Inggris yang mempunyai berarti matikan. Perintah Shutdown pada computer Windows sangat berguna untuk bisa mematikan komputer dan juga menutup semua program yang berjalan.

Jadi, setelah Anda selesai untuk menggunakan komputer tersebut. Dan Anda tidak menggunakan computer tersebut lagi dalam jangka waktu dekat. Maka sebaiknya Anda matikan terlebih dahulu komputer Anda. Namun apabila Anda masih akan menggunakannya dalam waktu dekat maka Anda bisa menggunakan perintah Sleep.

Tips Sebelum Anda Mematikan Komputer

1. Pastikan dulu semua aktivitas yang Anda lakukan sudah Anda simpan. Seperti halnya mengedit foto, membuat dokumen, dan yang lainnya

2. Pastikan juga semua aplikasi sudah Anda tutup.

3. Pastikan dulu semua removable drive sudah Anda cabut. Termasuk juga hardisk eksternal, semua flashdisk, kabel data, card reader, dan lain sebagainya.

4. Pastikan Anda sudah mengeluarkan semua DVD yang ada di Drive.

5. Hindari untuk mematikan komputer selain dengan cara di Shutdown. Seperti halnya mematikan paksa dengan menggunakan tombol power.

6. Ada baiknya untuk Anda melakukan pembersihan sebelum Anda mematikan komputer tersebut. Seperti halnya pembersihan cache supaya nantinya disaat Anda menghidupkan kembali, maka komputer dalam keadaan yang baik.

Berikut ini ada beberapa cara mematikan computer yang bisa Anda lakukan, yaitu :

Menggunakan Start Menu

Tentu saja cara ini merupakan cara yang paling umum dalam hal mematikan komputer. Dalam hal ini Anda tinggal buka icon Start > klik icon Power > Shut down.
Menggunakan Menu Klik Kanan Pada Tombol Start

Dengan Anda mengklik kanan (1) di tombol Start, Maka Anda bisa mengakses menu yang berisi berbagai fitur penting untuk bisa mengatur Windows, termasuk juga mematikan komputer. Caranya yaitu lakukan klik kanan pada tombol Start (1) > Shut down or sign out (2) > Shut down (3).

Menggunakan Menu Win + X

Sebenarnya untuk cara yang ketiga ini, caranya hamper sama seperti cara kedua tadi. Namun yang membedakan yaitu Anda harus menggunakan keyboard Anda untuk bisa mematikan komputer. Caranya yaitu :

1. Pertama tekan tombol Windows + X : Tombol ini nantinya akan membuka menu untuk bisa mengatur Windows Anda.
2. Tekan tombol U: Tombol ini nantinya akan mengakses submenu Shut down or sign out.
3. Tekan tombol U lagi : Tombol ini nantinya akan bertindak sebagai menekan tombol Shut down.

Pada bagian c dimana Anda akan bertindak seperti mengklik tanda Shut down, Maka Anda bisa menggantinya ke opsi yang lain. Tombol keyboard U disini akan bertindak seperti mengklik Shut down nanti perhatikan ada underscore di bawah huruf U. Sehingga, untuk bisa melakukan sign out, sleep, dan juga restart, maka cukup Anda perhatikan huruf mana yang akan ditekan di tombol keyboard Anda.

Menggunakan Shortcut Keyboard ALT + F4

Cara mematikan komputer dengan menggunakan cara ini sudah ada dari Windows XP dan sampai sekarang masih bisa Anda gunakan. Silahkan saja Anda tekan tombol ALT + F4 yang ada di keyboard Anda. Selanjutnya pilih Shut down.

Menggunakan Jendela Run

Dengan menggunakan Run, maka Anda bisa mengeksekusi berbagai macam file dan juga perintah, termasuk juga ketika Anda ingin mematikan komputer. Penggunaan cara ini biasanya bisa digunakan ketika Windows Anda sedang error. Untuk bisa melakukannya, maka tekan tombol Win + R yang ada di keyboard Anda. Selanjutnya, ketik perintah yang ada dibawah ini:

shutdown /s
Jika sudah Anda ketik, maka tekan enter untuk bisa mematikan komputer.

Menggunakan Command Prompt

Hampir sama seperti halnya menggunakan Run, maka bedanya yaitu pada perintah shutdown /s ini diketik di Command Prompt. Buka Command Prompt kemudian ketik shutdown /s lalu tekan enter.

Menggunakan perintah slidetoshutdown

Cara mematikan Komputer dengan menggunakan perintah fitur slidetoshutdown. Fitur ini sangat cocok Anda pakai di komputer tablet. Hal ini karena Anda harus geser jari Anda dari atas ke bawah untuk bisa mematikan tablet. Dalam hal ini Anda lagi-lagi harus menggunakan jendela Run seperti pada cara sebelumnya. Setelah Anda buka Run, maka ketik saja slidetoshutdown kemudian tekan enter.

Jika Anda mempunyai komputer dengan layar sentuh, maka Anda hanya tinggal geser dari atas ke bawah untuk bisa mematikan komputer. Lakukan hal tersebut sebaliknya jika tidak jadi untuk Anda matikan. Anda juga bisa dengan menggunakan kursor mouse Anda.

Menggunakan Shortcut Keyboard CTRL + ALT + DEL

Dengan menggunakan kombinasi 3 tombol tersebut, maka Anda bisa untuk menjalankan Task Manager, mengunci Windows, dan lain sebagainya. Termasuk juga opsi untuk bisa mematikan komputer. Tombol shut down pun bisa untuk Anda temukan di pojok kanan bawah layar Anda.

Menggunakan Lock Screen

Ketika Anda mau mengunci komputer Anda dengan menggunakan shortcut keyboard Win + L, maka Anda juga bisa langsung untuk mematikan komputer disana. Anda bisa menemukannya berada di pojok kanan bawah layar computer Anda.

Menggunakan Tombol Power Fisik Komputer, Tidak Direkomendasikan

Hal ini merupakan cara terakhir dan tentu saja tidak direkomendasikan karena hal ini bisa saja menyebabkan Windows Anda bisa error. Hal ini karena Windows bisa saja lagi sibuk untuk melakukan sesuatu dan ketika harus Anda matikan secara paksa dan Windows belum selesai, maka error pun bisa akan terjadi.

Jika memang semua cara yang ada diatas tidak ada yang bisa, maka pastikan terlebih dahulu kalau Windows sedang tidak menulis data apapun yang ada di harddisk Anda dengan cara Anda melihat indikator lampu yang ada di komputer. Biasanya icon yang digunakan yaitu icon harddisk. Jika tidak berkedip, maka silahkan Anda tekan tombol power selama kurang lebih sekitar 5 detik dan komputer Anda akan mati.

Inilah beberapa cara mematikan komputer yang bisa Anda coba. Sekarang bagaimana menurut Anda artikel cara untuk mematikan komputer dengan Windows di berbagai kondisi? Sudah cukup banyak opsi yang coba untuk ditawarkan di artikel ini. Sejauh ini maka cara nomor 3 yang paling cepat. Dalam keadaan ketika Windows sedang terjadi error, maka cara nomor 8 dan 5 yang mungkin bisa untuk Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *