Cara Menyesuaikan Subtitle Di VLC

By | August 9, 2020

semuatahu.web.id –  Cara Menyesuaikan Subtitle Di VLC – Menonton film kesayangan tentu akan seru anda lakukan saat liburan. Entah di bioskop, televisi maupun di komputer anda. Film terlaris yang saat ini di tinton kebanyakan adalah fil dari luar negeri seperti drakor, film barat, hollywood bahkan asia sendiri. bagi anda yang sudak nonton film di komputer, pasti tidak asing dengan aplikasi VLC.

Salah satu aplikasi pemutar film ini memiliki fitur subtitle yang memudahkan anda untuk mengerti makna dari bahasa asing pada film yang anda tonton. Namun terkadang subtitle yang ada terlalu cepat bahkan juga ada yang telalu lambat. Nah di sini nantinya akan dibahas bagaimana cara menyesuaikan subtitle di VLC.

Sebelum ke pembahasan yang lebih jauh, mungkin ada beberapa dari anda yang belum tahu apa itu VLC. pada dasarnya VLC adalah sebuah aplikasi pemutar video yang paling banyak digunakan di komputer. VLC ini juga mempunyai sebutan lain Video Lan Player yang bisa anda instal di komputer anda untuk menonton film atau video.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa untuk memutar audio yang memiliki banyak sekali fitur yang menarik. Uniknya lagi, VLC ini bisa digunakan di banyak sekali jenis platform. Meskipun demikian aplikasi ini dapat berjalan dengan stabil tanpa gangguan. Dimana hampir semua format video dapat dibuka dengan menggunkan apliakasi ini.

VLC sendiri mempunyai sebuah cara menyesuaikan subtitle di VLC sebagai salah satu keunggulan yang sangat berguna bagi para maniak film berbahasa asing. Dengan cara ini, anda akan bisa mendapatkan subtitle yang sesuai dengan keinginan anda. Dalam arti, anda benar-benar bisa mengerti dan faham dengan alur cerita dari film yang anda tonton. Sebab subtilte pada VLC bisa anda sesuaikan kecepatan maupun kelambatannya.

Anda bisa menonton film beramai ramai dengan VLC tanpa khawatir suara yang kurang jelas. Sebab pada aplikasi ini anda bisa mengeraskan volume hingga 200%. Sehingga cukup keras untuk digunakan pada saat anda nobar dengan teman maupun keluarga anda. Selain itu, ada banyak fitur pengaturan gambar yang juga bisa anda sesuaikan. Seperti pencahayaan, kontras, color removal, equalizer motion blur dan masih ada banyak lagi.

Untuk fitur yang digunakan sebagai cara menyesuaikan subtitle di VLC juga akan kita bahas lebih detail lagi di sini. Sebab penyesuaian terhadap subtitle di VLC tersebut juga merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki VLC sebagai media player yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

Ini Dia Keunggulan VLC Dibanding Pemutar Video Lain

Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini karena memiliki banyak keunggulan. Namun ada juga beberapa yang belum mengetahui keunggulan apa saja yang diperoleh saat menggunakan VLC. Di sini ada beberapa penjelasan mengenai hal tersebut:

Fitur mouse gestures

Dengan menggunakan mouse, biasanya beberapa orang akan merasa lenih mudah mengontrol apa saja aplikasi yang ingin digunakan. Termasuk pada cara menyesuaikan subtitle di VLC yang lebih mudah anda kendalikan menggunakan mouse dari pada menggunakan tombol. Anda hanya tinggal klik apa saja fitur dan aplikasi yang anda mau. Cara untuk aktifasinya yaitu klik menu View kemudian pilih Add Interface lalu pilih Mouse Gestures. Jika sudah diatur demikian, langkah selanjutnya adalah restart dulu komputer atau laptop anda.

Fitur watermarks

Biasanya untuk meletakkan sebuah watermarsk pada sebuah video atau film, anda sering menjumpai seseorang harus menggunakan aplikasi lain seperti video editor. Namun saat anda menggunakan VLC, anda bisa langsung melakukannya di apliakasi tersebut. Caranya adalah dengan klik menu Tools kemudian pilih Effects and Filters kemudian pilih tab Overlay. Nah, di sini anda bebas memberikan watermarks pada video anda.

Kontrol putar langsung dari web

Selain ada cara menyesuaikan subtitle di VLC, ternyata VLC juga memiliki cara untuk mengontrol video yang diputar via web. Pengaturan tersebut bisa digunakan untuk beberapa fitur seperti play and stop, pause, kontrol volume, playback dan sebagainya. Cara untuk pengaturanya yaitu buka menu View kemudian Add Interface dan pilih Web Interface. Untuk pemutaran menggunakan VLC ini dapat anda akses pada port 8080.

Perbaikan sinkronisasi

Inilah yang menjadi keunggulan utama dari VLC, dimana saat anda menemukan sebuah video dengan singkronisasi yang jelek entah dari videonya sendiri, audio bahka subtitle. Maka anda bisa kembali mensingkronkan semuanya agar tampak match. Kesalahan singkronisasi video biasanya terjadi pada saat pengkodingan softwarenya. Namun cara untuk menyesuaikannya kembali adalah dengan klik menu Tools kemudian pilik Track Synchronization lalu pilih synchronization. Anda bisa kembali menyesuaikan sesuai yang anda pilih.

Dan untuk cara menyesuaikan subtitle di VLC sendiri juga bisa anda lakukan agar subtitle yang ada pada film yang anda tonton bisa sesuai. Ini yang harus anda lakukan:

  • Pastikan anda sudah masuk di apliakasi VLC kemudian buka pada menu file.
  • Lalu carilah film yang ingin anda tonton (film dengan bahasa asing).
  • Terdapat kotak yang bisa centang, di situ anda harus klik centang pada “Gunakan File Subtitle”.
  • Kemudian anda klik lagi pada browse untuk membuka file subtitle yang ada di film tersebut.
  • Setelah itu ada klik pada pengaturan lanjut.
  • Untuk pengaturan subtitle yang ingin anda percepat, maka Penundaan harus anda pindahkan ke positif. Dan sebaliknya jika anda menghendaki sibtitle anda perlambat, maka pindahkan Penundaan ke minus.

Selain dengan pengaturan di atas, anda juga bisa menggunakan fungsi tombol untuk mengaturnya. Seperti fitur suara, anda bisa menggunakan beberapa tombol yang difungsikan yakni tombol J dan tombol K. Sedangkan untuk penelarasan subtilte sendiri tekan tombol G dan tombol H. Yang berguna untuk memaju mundurkan subtitle pada waktu tertentu.

Permasalahan cara menyesuaikan subtitle di VLC ini sebenarnya sangat jarang ditemui. Sebab untuk film yang baru maupun yang lama, biasanya subtitle bawaan sudah disesuaikan dan diatur dengan pas. Hanya saja mungkin bagi anda ada yang merasa terlalu cepat atau terlalu lambat. Sehingga bisa anda atur dengan cara seperti yang telah di bahas.

Penggunaan VLC sebaga media player video memang banyak menguntungkan bagi anda. Dengan berbagai keunggulan yang mungkin tidak anda jumpai pada pemutar video yang lain. Sehingga VLC menjadi salah satu aplikasi pemutar video yang paling banyak dipilih sampai sekarang.

Apalagi ada fitur cara menyesuaikan subtitle di VLC yang bisa anda lebih mudah dalam menyelaraskan subtitle sesuai dengan waktu (cepat atau lambatnya). Dan juga bisa anda selaraskan denga audionya. Bahkan pengaturan-pengaturan yang sudah disebutkan di atas tadi juga bisa anda lakukan hanya dengan fungsi tombol. Sehingga lebih fleksibel dan lebih mudah untuk anda yang sudah sering menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *