Ketahui Macam-macam Takdir Allah SWT

By | September 20, 2020

semuatahu.web.id – Ketahui Macam-macam Takdir Allah SWT – Dalam menjalani kehidupan ini ada kalanya akan menghadapi takdir yang baik dan juga takdir yang buruk. Takdir yang baik misalnya yang menyenangkan untuk kita hadapi, seperti menikah, mendapatkan keturunan atau telah berhasil dalam menjalankan bisnisnya.

Adanya kejadian pahit yang terjadi menimpa Anda kadang dianggap sebagai takdir yang buruk. Anda harus bersiap untuk menghadapi takdir yang buruk tersebut, misalnya sakit keras, ditinggalkan keluarga yang disayangi, dizalimi atau di fitnah oleh teman, kerabat atau yang lainnya sampai Anda merasa sakit hati.

Berikut ini merupakan macam-macam takdir, diantaranya adalah:

Takdir Muallaq

Takdir Muallaq merupakan takdir yang bisa diubah dengan usaha atau kemampuan yang ada pada diri manusia. Dengan kata lain takdir muallaq ini takdir yang tertunda.

Takdir muallaq dapat dibagi menjadi dua yaitu:

• Takdir yang Ada Pada Lauhul Mahfuzd

Merupakan takdir yang sudah di tetapkan oleh Allah SWT yang sudah tertulis dalam lauhul mahfuzd. Dengan kehendak dan atas izin Allah takdir ini bisa berubah.

• Takdir yang diikuti oleh Sebab Akibat

Merupakan takdir yang sudah ditetapkan mengenai waktu dan juga hal-hal yang telah ditentukan. Maksudnya takdir merupakan suatu kehendak yang sudah mutlak datang dari Allah SWT, akan tetapi takdir yang sudah ditetapkan tersebut dapat diubah karena ikhtiar manusia.

Takdir ini bisa diubah dengan doa dan juga berusaha atas izin Allah SWT. Selain itu juga salah satu macam-macam takdir ini bisa diubah dengan menjaga silaturahim dan berbakti kepada kedua orang tua.

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang yang pandai, atau kaya atau juga memiliki keadaan yang sehat, Anda tidak hanya bisa dengan duduk diam saja dengan menunggu datangnya takdir tanpa adanya usaha yang nyata.

Agar Anda menjadi seorang yang pandai, Anda harus berusaha dengan cara belajar yang rajin. Pandai tidak akan datang sendiri tanpa adanya usaha kalau Anda malas belajar.

Agar menjadi seorang yang kaya Anda harus bekerja keras dan biasakan hidup dengan hemat. Jika Anda malas bekerja atau hidup dengan gaya yang boros, tidak mungkin Anda bisa mewujudkan keinginan Anda menjadi seorang yang kaya. Begitu juga agar Anda menjadi seorang yang sehat Anda harus bisa menjaga kebersihan.

Macam-macam takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT harus diterima dengan lapang, semuanya harus seimbang antara usaha dan juga doa yang Anda panjatkan dan juga tidak boleh pasrah begitu saja menerima nasib.
Dengan dibekali akal oleh Allah SWT yang bisa Anda gunakan untuk membedakan mana yang benar dan yang salah dan juga manusia sudah dibekali dengan bentuk tubuh yang baik yang bisa digunakan sebagai sarana untuk berusaha.

Allah SWT tidak akan merubah suatu kaum hingga mereka bisa merubah keadaannya sendiri. Jika dengan sadar Anda melakukan suatu kebaikan atau keburukan maka semua itu nantinya akan dipertanggung jawabkan sepenuhnya.

Kebaikan yang Anda perbuat akan bermanfaat untuk diri Anda sendiri, dan juga sebaliknya jika Anda berbuat kejahatan maka perbuatan kejahatannya itu adalah perbuatan yang salah dan akan berakibat buruk bagi diri sendiri.
Biasanya jika akan melakukan suatu tindakan yang buruk akan ada suara hati nurani yang mengingatkan tindakan ini salah, namun kadangkala tidak di dengarkan. Selanjutnya macam-macam takdir berikutnya adalah takdir mubram.

Baca juga : Jangan Sampai Tidak Tahu, Inilah Contoh Takdir Mubram Di Kehidupan Nyata

Takdir Mubram

Takdir mubram ini merupakan takdir yang tidak bisa diubah dan pasti akan terjadi dan manusia tidak dapat menghindar akan ketetapan Allah SWT, manusia tidak mempunyai kesempatan untuk memilih atau mengubah takdir tersebut.

Takdir mubram ini contohnya seperti, jenis kelamin, usia manusia, peredaran matahari dan juga bulan dan juga planet-planet berserta seluruh isi dunia yang sudah Allah kehendaki.

Takdir mubram ini dibagi menjadi dua yaitu:

• Takdir Dalam Ilmu Allah SWT

Takdir ini tidak dapat diubah dan merupakan atas kehendak dan ketetapan dari Allah SWT.

• Takdir Dalam Kandungan

Takdir dalam kandungan ini merupakan takdir yang sudah Allah SWT catatkan saat seorang manusia masih berada dalam kandungan seorang Ibu. Allah memerintahkan malaikat untuk mencatat takdir atas rizki, umur, amal, celaka atau bahagia seorang bayi yang masih ada dalam kandungan. Takdir ini termasuk dalam takdir yang tidak bisa diubah yang telah digariskan untuk bayi

Sebagai seorang manusia boleh berusaha dan juga berikhtiar dengan berdoa dan memohon agar diringankan dalam menjalani kehidupan yang sudah ditentukan mutlak dari Allah SWT.

Peristiwa kematian merupakan macam-macam takdir yang sudah mutlak hanya Allah yang mengetahuinya, sebagai manusia tidak dapat menghindar dari peristiwa kematian tersebut. Oleh karena itu manusia dianjurkan untuk berusaha dan berdoa agar mendapatkan amal saleh dan meninggal dalam keadaan baik (husnul khotimah)
Musibah atau kecelakaan bukanlah suatu kebetulan, namun itu terjadi merupakan Allah yang sudah mengaturnya. Anda bisa beriktihtiar untuk mencegahnya dengan melakukan amal shaleh dengan melakukan sedekah yang dapat menghindari musibah.

Sebagai seorang mukmin tentunya harus siap dalam menghadapi takdir baik maupun buruk. Saat menghadapi takdir yang buruk berikut sebaiknya sikap seorang muknin dalam menghadapinya:

Kembalikan Semua Kepada Allah

Sebagai seorang mukmin yang beriman terhadap Allah SWT, segala sesuatu yang terjadi dalam hidup akan dipandang dengan menggunakan kacamata imannya. Sesuatu yang terjadi atas kehendak dari Allah SWT dan telah ditakdirkannya baik peristiwa baik ataupun buruk. Namun dibalik semua macam-macam takdir itu ada hikmah yang belum diketahui.

Oleh karena itu saat mendapatkan musibah, semuanya dikembalikan kepada Allah, dengan bersikap lapang dada dan hanya menggantungkan harapan hanya kepada Allah SWT agar mendapatkan jalan keluar yang terbaik menurutNya. Tidak lupa juga menghadapi takdir yang buruk dengan bersikap sabar dan mengharapkan pahala dariNya.

Baca juga : Pengertian, Contoh Qada dan Qadar yang Patut Diimani dan Diamalkan

Intropeksi Diri

Segala peristtiwa yang telah ditakdirkan tentunya atas izin Allah SWT, dan Dia selalu adil dan tidak pernah zalim terhadap hambanya. Bisa saja musibah yang tengah menimpa Anda ini disebabkan oleh perbuatan Anda sendiri, namun Allah akan memaaafkan semua kesalahan Anda.

Pertanda Allah Sayang

Allah tidak akan menimpakan peristiwa yang pahit kecuali atas dasar kasih sayang dari Allah kepada hambanya. Kasih sayang yang Allah berikan akan mengalahkan murkaNya.

Ambil Hikmahnya

Saaat terjadinya macam-macam takdir yang baik ataupun buruk, pastilah ada hikmah yang terkandung didalamnya. Namun kadangkala kita tidak mengetahui hikmah atas kejadian tersebut. Sebaiknya kita berbaik sangka kepada Allah SWT atas kejadian dan hikmah yang terjadi dan meyakini bahwa Allah Maha Bijaksana dalam menetapkan takdirNya

Ridha Terhadap Takdir

Seorang mukmin harus meyakini bahwa seluruh alam dan isinya termasuk diri sendiri adalah milik Allah sehingga Dia berhak mengaturnya, dan sebaiknya bersikap ridha terhadap pengaturan atas kuasa Rabb tersebut.

Tidak hanya itu juga, sebagai seroang yang beriman dalam keadaan apapun baik dalam keaadaan senang dan lapang maupun saat susah dan terkena musibah tetap harus melaksanakan ibadah kepada Allah SWT

Demikian macam-macam takdir Allah dan juga beserta dengan contohnya. Baik takdir yang baik maupun takdi yang buruk harus Anda terima dengan ikhlas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *