Jangan Sampai Tidak Tahu, Inilah Contoh Takdir Mubram Di Kehidupan Nyata

By | August 4, 2020

semuatahu.web.id –  Jangan Sampai Tidak Tahu, Inilah Contoh Takdir Mubram Di Kehidupan Nyata – Umat muslim diseluruh dunia mempunyai pegangan teguh yaitu Al Quran dan Al Hadits sebagai pedoman hidup. Begitu juga Allah sudah membuat ketetapan-ketetapan yang bersifat mutlak bahkan jauh sebelum manusia diciptakan dibumi. Sebagai makhluk Allah yang diberikan derajat dan akal untuk berfikir, manusia harus tau bahwa memang apa yang sudah terjadi kepadanya selama dia hidup dan setelah meninggal merupakan ketetapah dari Tuhan.

Di dalam islam sendiri, ketetapan Allah yang sifatnya mutlak tersebut terbagi menjadi 2 macam. Yang pertama ada yang namanya takdir muallaq, dan yang kedua adalah takdir mubram. Manusia termasuk anda yang hidup didunia ini pasti akan mengalami dan menemui kedua takdir ini di dunia. Dimana ada anyak sekali contoh takdir mubram dan muallaq yang bisa anda ketahui, entah dari orang lain atau dari riri anda sendiri.

Definisi Takdir Muallaq Dan Contohnya

Definisi daripada takdir muallaq ini dapat anda artikan sebagai sebuah ketentuan Allah, dimana ketentuan tersebut melibatkan usaha manusia untuk mendapatkannya. Dengan kata lain, takdir ini adalah sebuah ketetapan yang mengharuskan manusia untuk selalu berikhtiar dan berdoa, sementara seluruh hasilnya akan ditentukan oleh Allah. Sejak lahir, manusia sudah dibekali banyak sekali kemampuan oleh Allah, seperti kemampuan untuk berfikir, kemampuan untuk melakukan sebuah usaha dan sebagainya.

Contoh dari takdir muallaq ini akan berbeda dengan contoh takdir mubram. Sebab takdir muallaq ini sebenarnya adalah sebuah takdir yang belum bisa dipastikan. Tergantung seberapa besarusaha manusia dalam mencapai takdir tersebut, misalnya:

• Menjadi kaya

Anda mungkin sudah tahu bahwa tidak semua orang di dunia ini terlahir dengan kekayaan yang rata (sama). Bahkan tidak sedikit juga orang-orang yang nasibnya tidak semujur yang lain, yang harus menanggung derita kemiskinan. Nah, kekayaan ini tentu akan dapat diraih sesuai dengan usaha yang anda lakukan. Jika usaha anda gigih dan Allah memberikah hasil, maka inilah yang dimaksud dengan takdir muallaq.

• Hidup sehat

Sehat maupun sakit itu memang sudah digariskan oleh Allah, namun ini akan sedikit berbeda dengan contoh takdir mubram. Dimana pada hal ini, sebuah kesehatan itu bisa anda dapatkan sesuai dengan usaha anda dalam menjaga kebugaran tubuh. Semakin anda sering berolahraga, menjaga pola makan dan selalu istirahat yang cukup, maka Allah akan memberikan sebuah hasil badan yang sehat.

Baca juga : Ketahui Macam-macam Takdir Allah SWT

Definisi Takdir Mubram Dan Contohnya

Berbanding terbalik dengan takdir muallaq, takdir mubram ini adalah sebuah ketetapan Allah SWT yang sudah ada sejak sebelum manusia di ciptakan dan sudah tertulis di lauhul mahfudz dan bersifat pasti. Takdir ini adalah murni dari Allah yang sama sekali tidak melibatkan usaha manusia. Bahkan sekeras apapun manusia dalam berusaha, tidak akan pernah bisa merubah takdir yang satu ini.

Ketetapan yang terjadi yang bersifat pasti ini adalah hak Allah sebagai Tuhan semesta alam. Sementara anda mungkin sudah banyak menemui contoh takdir mubram yang terjadi di kehidupan nyata, seperti:

• Kematian

Tidak ada satupun manusia yang tahu kapan dirinya akan mati, bahkan dengan usaha sekeras apapun, manusia tidak akan pernah bisa mengelak dari takdir mubram yang satu ini. Ya, kematian pada setiap diri manusia sudah digariskan oleh Allah dan bersifat mati. Baik yang tua, maupun yang mudah, yang kaya maupun yang miskin, laki-laki maupun perempun, jika takdir mubram Allah sudah menentukan kematian mereka, maka sejatinya mereka tidak akan bisa menolaknya.

Gender / jenis kelamin

Ini merupakan contoh takdir mubram yang tidak bisa anda rubah. Meskipun pada beberapa kasus ada seseorang yang operasi dan merubah jenis kelaminnya, pada dasarnya semua sudah ditetapkan oleh Allah. Anda tercipta sebagai laki-laki maupun perempuan tidak akan pernah bisa anda pungkiri. Bahkan takdir ini sudah tertulus di lauhul mahfudz sejak jauh sebelum anda di ciptakan dibumi ini. Dan ini merupakan salah satu contoh takdir yang tidak bisa anda rubah.

• Usia

Berbicara tentang usia, manusia diberikan patolkan usia dari Nabi Muhammad SAW yang memiliki usia 65 tahun. Memang ini bisa dijadikan patokan, tetapi pada kenyataannya antara satu orang dengan yang lainnya memiliki usia yang berbeda-beda. Ada yang diberikan usia lebih dari 65 tahun masih tetap sehat dan bisa menikmati beribadah di dunia. Ada juga yang hanya diberikan usia kurang dari 65 tahun, bahkan ada yang baru lahirpun langsung tutup usia. Itu semua merupakan ketetapan Allah yang tidak bisa anda hindari.

• Wajah manusia

Jika anda penasaran dan belum tahu, ternyata bentuk wajah dan kualitas wajah anda (cantik dan tampan) itu merupakan contoh takdir mubram. ada yang diciptakan oleh Allah dengan wajah yang tampan, ada juga yang diciptakan dengan wajah yang cantik. Semua itu merupakan ketentuan Allah yang pasti. Meskipun banyak para umat manusia dibumi ini yang terkadang kurang bersyukur dengan pemberian Allah dan mereka mengubahnya.
Seperti contoh sederhana, mereka kurang percaya diri dengan hidung yang pesek, kemudian mereka melakukan operasi plastik. Sesempurna apapun hasil operasinya yang mungkin bisa membuatnya tampil berbeda, namun tetap tidak akan bisa menandingi kesempurnaan yang dibuat oleh Allah. Mungkin secara spontan penampilan anda akan berubah, namun lambat laun efek dari oplas tersebut akan mengganggu fungsi dari bagian yang anda oplas.

• Hari akhir (kiamat)

Ini bukan hanya sekedar contoh takdir mubram, namun memang sudah menjadi janji Allah dan ketetapan Allah yang pasti akan terjadi. Dan ini merupakan salah satu hal yang harus anda yakini dan sudah tersebut di dalam rukun iman. Entah kapan datangnya, cepat atau lambat kiamat pasti terjadi. Manusia tidak ada yang tahu kapan terjadinya, bahkan Nabi Muhammad pun juga tidak tahu.

Baca juga : Pengertian, Contoh Qada dan Qadar yang Patut Diimani dan Diamalkan

Hanya saja manusia diberikan sebuah petunjuk dan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kiamat akan terjadi. Dan saat kiamat ini terjadi, tidak ada satupun makhluk Allah di dunia ini yang mampu mengubahnya.
Takdir mubram dan takdir muallaq ini sama-sama dialami oleh manusia di dunia. Hanya saja perbedaanya tergantung dari sesuatu yang sudah menjadi ketetapan Allah. Sementara manusia di bumi ini hanya bisa berdoa, berusaha dan pasrah atas segala yang menjadi ketetapan Allah.

Dari contoh takdir mubram dan takdir muallaq yang sudah tersebut diatas, semoga kita semua termasuk anda dapat digolongkan sebagai golongan manusia yang dicintai Allah. Dan bisa menerima semua ketetapan Allah dengan penuh keikhlasan, kesadaran dan keimanan. Sebab Allah SWT akan mengasihi umatnya yang beriman. Tanpa iman, semua umat manusia di dunia ini akan rusak dan mereka akan sangat sulit untuk mengenali Allah sebagai Tuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *