Jawaban Boarding Pass Harus di Print atau Tidak

By | March 16, 2020

semuatahu.web.id – Jawaban Boarding Pass Harus di Print atau Tidak ? – Boarding pass atau tiket masuk pesawat merupakan hal penting yang harus Anda miliki sebelum menaiki pesawat. Tanpa boarding pass tersebut, Anda tidak bisa memasuki dan menaiki pesawat. Karena perkembangan zaman yang kian modern, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tiket pesawat tersebut secara online.

Penggunaan elektronik tiket tersebut kini juga berlaku dalam pemesanan pesawat. Namun sering ditemui pertanyaan umum mengenai boarding pass ini, apalagi jika pembelian dilakukan secara online, apakah boarding pass harus di print? Sebab, kadang ditemui prosedur maskapai penerbangan yang berbeda-beda kebijakannya.

Beberapa bandara, baik nasional maupun internasional kini telah memberlakukan sistem yang membuat penumpangnya tidak perlu melakukan pencetakan boarding pass. Bandara tersebut, maupun maskapai penerbangan yang lepas landas dari sana menerima e-boarding pass yang ditunjukkan oleh penumang menggunakan ponsel.

Baca juga: Cara Print Tiket Pesawat yang Sudah Lewat

Dengan demikian, bagi penumpang yang telah memiliki tiket boarding pass secara elektrik tidak perlu menunggu di ruang tunggu, terutama bagi penumpang tidak membawa bagasi sama sekali. Ini tentunya akan memudahkan penumpang, sebab dinilai lebih praktis dan efisien. Anda yang bisa menunjukkan tiket pesawat boarding pass Anda lewat ponsel sekaligus sekaligus kartu pengenal ketika melakukan pengecekan sebelum memasuki pesawat.

Pengertian Boarding Pass

Bagi Anda yang masih kebingungan, berikut merupakan penjelasan singkat mengenai boarding pass. Boarding pass sendiri merupakan tanda pengenal yang digunakan oleh penumpang pesawat untuk masuk ke kabin pesawat. Dalam boarding pass terdapat kelas tiket yang telah dipilih penumpang, kriteria anggota, nama penumpang, jam dan tanggal, informasi mengenai tiket, bandara, pesawat dan data diri singkat penumpang.

Boarding pass harus di print atau tidak?

Kebijakan boarding pass harus di print atau tidak sebenarnya sudah lama dipertimbangkan. Sebab dengan tidak melakukan pencetakan pada boarding pass, penumpang tidak perlu menunggu lama untuk mengantri. Mengapa boarding pass penting? Sebab ia merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki oleh penumpang. Tanpa dokumen tersebut, penumpang pesawat dianggap tidak legal dan bisa gagal berangkat.

Pemeriksaan identitas biasanya dilakukan oleh petugas yang tidak mengikuti penerbangan, sering disebut sebagai ground officer. Nah, jika sudah selesai pengecekan data diri, penumpang akn berjalan menuju pesawat dan menunjukkan boarding pass pada cabin crew, yakni petugas yang akan menemani Anda untuk terbang.

Baca juga : Cara Mengecek Tiket Pesawat

Kemudian, cabin crew ini akan memandu Anda untuk menuju tempat duduk sesuai dengan keterangan yang tersedia dalam boarding pass. Inilah fungsi sebenarnya boarding pass, yakni sebagai keterangan tempat dimana Anda seharusnya duduk, sehingga tidak terjadi kesalahan dengan menduduki kursi yang telah di pesan oleh orang lain.

Apabila penumpang telah duduk di kursinya, maka fungsi boarding pass telah selesai. Walaupun sudah tidak digunakan untuk melakukan pemeriksaan, sebaiknya Anda menyimpan boarding pass tersebut untuk dokumen, apabila diperlukan untuk suatu kepentingan yang mendesak. Jika ingin menyimpannya, boarding pass harus di print atau tidak, maka jawabanya perlu untuk dilakukan penyetakan.

Itulah penjelasan singkat mengenai apakah boarding pass harus di print atau tidak, beberapa maskapai penerbangan memperbolehkan pelangannya untuk tidak melakukan percetakan, namun beberapa yang lain masih menggunakan cara konvensional, yakni memberlakukan boarding pass cetak. Agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan, sebaiknya Anda melakukan tanya jawab terlebih dahulu, apakah bandara yang hendak Anda gunakan memperbolehkan boarding pass online. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu, biaya dan tenaga Anda, hanya dengan menggunakan boarding pass online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *