Solusi Mengatasi Boarding Pass Hilang SPPD

By | March 16, 2020

semuatahu.web.id –  Solusi Mengatasi Boarding Pass Hilang SPPD– Boarding pass merupakan dokumen yang digunakan untuk memasuki kabin pesawat dan menemukan tempat duduk. Fungsi dokumen ini cukup penting, apalagi jika diperlukan untuk pelaporan kegiatan dan sebagainya. Jika hilang, tentu saja bisa merepotkan. Berikut merupakan langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Apalagi jika Anda melakukan perjalanan dinas menggunakan SPDD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) , jika dokumen tersebut hilang, besar kemungkinan laporan Anda akan dikembalikan karena tidak lengkap. Lalu bagaimana mengatasi boarding pass yang hilang atau rusak?

Boarding pass hilang SPPD bisa menjadi masalah yang besar. Jika in terjadi, cobalah terlebih dahulu menghubungi pihak maskapai penerbangan. Tanyakan apakah bisa boarding pass dicetak ulang. Jika mendapatkan jawaban yang positif, Anda bisa melanjutkan menanyakan bagaimana prosedurnya, namun jika jawaban yang diberikan negatif, maka Anda harus menggunakan cara selanjutnya.

Cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah, apabila Anda mengunakan pembelian online untuk membeli tiket pesawat dan mendapat boarding pass, Anda hanya perlu menelusuri jejak digital. Cara untuk mencetak kembali dokumen tersebut adalah dengan melakukan check in online saat hendak menaiki pesawat. Dengan cara tersebut, Anda bisa memiliki simpanan file untuk digunakan apabila milik Anda hilang atau rusak.

Baca juga : Cara Print Tiket Pesawat yang Sudah Lewat

Langkah jika melakukan check in secara online :

a. Membuka siucs web check in yang Anda gunakan sebelumnya, pilih maskapai penerbangan yang sesuai.

b. Selanjutnya masukkan kode booking dan nama yang sesuai dengan form yang diminta. Ini akan memudahkan pengenalan data diri Anda.

c. Kemudian pilih nomor kursi dan lakukanproses check-in hingga selesau.

d. Masukkan alamat email, agar masalah boarding pass hilang SPPD bisa teratasi. Jika sudah, jangan lupa download boarding pass tersebut seblum menutup dan menyelesaikan langkah-langkah check in online.

Langkah tersebut cukup efektif untuk mengatasi boarding pass yang hilang. Jagalah dengan baik dokumen tersebut, apalagi jika memang diperlukan untuk dokumen pelaporan dan semacamnya.

Lalu bagaimana dengan yang tidak melakukan check in secara online? Anda bisa mencetaknya secara lanngsung di bandara, namun dengan jumlah lebih dari satu, untuk berjaga-jaga apabila salah satu dari salinan tersebut hilang. Selain itu, agar lebih mudah, jangan lupa untuk melakukan pemotretan dengan kamera ponsel, agar tetap memiliiki dokumen cetak yang nanti bisa digunakan.Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa kerepotan untuk mencari boarding pass lain ketika milik Anda yang utama rusak atau hilang.

Baca juga: Jawaban Boarding Pass Harus di Print atau Tidak?

Tips Boarding Pass Hilang dan Rusak:

Simpan di Tempat yang Aman

Anda bisa menyimpan boarding pass di dompet Anda ataupun tas yang sering digunakan. Selain mengandakannya ketika dicetak, melakukan penyimpanan digital, langkah ini juga dinilai cukup efektif mengatasi kehilangan dokumen penting.

Ingatkan Diri Dimana Meletakkan Boarding Pass

Jika Anda tipe yang mudah lupa, Anda bisa mengingatkan diri dimana meletakkan boarding pass tersebut, baik dengan mencatatnya di memo kecil, mencatatnya di memo ponsel, ataupun memberitahukan kepada teman Anda dimana meletakkan boarding pass tersebut. Ini akan membantu Anda ketika lupa meletakkan dimana boarding pass.

Beberapa solusi dan langkah tersebut bisa Anda coba untuk mengatasi masalah boarding pass hilang SPPD. Selalu jaga dokumen Anda dengan seksama, guna kelancaran laporan ataupun kegiatan lain ke depannya. Dengan begitu, Anda tidak akan merugi hanya karena kehilangan dokumen yang menjadi pelengkap laporan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *