Cara Mengecek Tiket Pesawat

By | October 15, 2019

semuatahu.web.id – Inilah Cara Mengecek Tiket Pesawat yang Wajib Anda Ketahui. Melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang menjadi salah satu keinginan banyak orang. Dengan menggunakan pesawat terbang, perjalanan jarak jauh yang akan ditempuh akan terasa lebih cepat. Namun tentu ada prosedur-prosedur yang harus diikuti agar bisa menggunakan fasilitas pesawat terbang dalam perjalanan yang akan Anda lakukan.

Untuk melakukan perjalanan, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu sebelum jadwal penerbangan yang dijadwalkan. Selain itu Anda juga harus menyesuaikan jadwal keberangkatan Anda dengan jadwal keberangkatan pesawat terbang yang ada. Dengan canggihnya teknologi saat ini, Anda bisa membeli tiket pesawat secara online. Setelah berhasil membeli tiket pesawat secara online, Anda juga harus mengetahui cara mengecek tiket pesawat yang sudah Anda pesan.

Baca juga: Cara Print Tiket Pesawat Di Bandara

Untuk mengecek tiket pesawat yang sudah Anda pesan, ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu secara online dan offline. Saat ini sudah banyak website diluar maskapai penerbangan yang menjual tiket pesawat terbang dengan rute yang lengkap dari berbagai bandara. Namun tentu Anda harus teliti saat membeli tiket secara online untuk mengantisipasi penipuan yang terjadi.

Saat Anda membeli tiket secara online, Anda akan mendapatkan tiket penerbangan Anda melalui alamat e-mail yang Anda cantumkan saat pembelian. Setelah mendapatkan e-tiket penerbangan Anda, alangkah baiknya jika Anda mengecek keaslian tiket tersebut. Salah satu cara mengecek tiket pesawat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi website resmi maskapai penerbangan yang Anda gunakan.

Selain untuk mengecek keaslian tiket, pengecekan ulang tiket penerbangan yang sudah dibeli harus dilakukan untuk memastikan data yang tertera pada tiket sesuai dengan data pribadi pembelinya. Untuk mengecek tiket penerbangan secara offline, Anda bisa mendatangi loket maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Anda bisa menyerahkan bukti e-mail dari tiket penerbangan yang Anda miliki kepada pihak maskapai untuk dilakukan pengecekan. Namun langkah ini harus Anda lakukan di bandara.

Baca juga: Cara Print Tiket Pesawat yang Sudah Lewat

Jika pengecekan secara offline dinilai terlalu merepotkan, Anda bisa melakukan alternatif lain untuk mengecek tiket pesawat yaitu secara online. Cara mengecek tiket pesawat secara online bisa Anda lakukan dengan cara mengunjungi website resmi maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Dalam website resmi maskapai penerbangan, sudah disediakan fitur khusus untuk mengecek data tiket pesawat.

Data yang harus Anda siapkan untuk mengecek tiket melalui website adalah data PNR atau Passenger Name Record. PNR adalah kode unik yang berisi informasi mengenai data penumpang dan jadwal penerbangan yang sudah dipilih. Jika data PNR sudah tersedia, Anda akan mudah mengecek tiket yang sudah dibeli bahkan jika tiket tersebut hilang sekalipun.

Pengecekan data tiket secara online ini lebih mudah dilakukan dibandingkan cara mengecek tiket pesawat secara offline karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Di Indonesia sendiri, ada beberapa maskapai penerbangan yang sudah menyediakan layanan online untuk pengecekan data tiket serta pelayanan keluhan tiket. Agar Anda mudah mengecek tiket yang sudah Anda beli, alangkah baiknya jika Anda mencatat kode PNR secara terpisah dari tiket yang Anda miliki.Hal ini akan mempermudah Anda saat Anda ingin mengecek tiket tersebut.

Mengecek data-data terkait perjalanan Anda salah satunya tiket pesawat sangat perlu dilakukan agar Anda bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Jika Anda tidak melakukan pengecekan ulang data tiket yang Anda miliki, bukan tidak mungkin Anda akan kerepotan sendiri saat jadwal keberangkatan Anda sudah tiba.
Mengetahui cara mengecek tiket pesawat sangat diperlukan untuk menjaga keamanan data. Keamanan data yang Anda miliki sangat menentukan kenyamanan perjalanan Anda. Karena kenyamanan perjalanan Anda adalah kunci suksesnya rencana hidup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *