Tips Jiwa Kepemimpinan untuk Menunjang Karier

By | January 16, 2020

semuatahu.web.id –  Ingin Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan untuk Menunjang Karier? Lakukan Beberapa Tips Berikut!. Saat Anda telah memiliki pekerjaan, mungkin pada awalnya, posisi Anda adalah sebagai pekerja biasa. Tetapi tentu seiring waktu Anda juga menginginkan mendapatkan promosi dan menduduki posisi penting di kantor sebagai pimpinan. Untuk mampu menjadi seorang pemimpin yang baik, tentu Anda perlu memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Kemampuan memimpin dengan baik tidak diperoleh serta merta, melainkan Anda perlu mengasahnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang ada di dalam diri Anda, di antaranya :

Jadilah orang yang penuh inovasi

Seperti yang Anda ketahui, sebagai seorang pemimpin Anda tentu perlu memiliki kemampuan organisasi yang baik, serta penuh dengan inovasi. Inovasi selalu diperlukan untuk menjamin kemajuan dari kantor atau bisnis yang Anda jalankan. Anda dapat mulai melatih diri untuk selalu berpikir inovatif dalam bekerja. Artinya, saat dihadapkan pada suatu masalah atau persoalan, selain memikirkan solusi paling mudah, Anda juga perlu untuk berpikir mengenai cara paling efektif dan efisien yang dapat membantu masalah yang ada, dan sebelumnya belum pernah dilakukan / dicoba. Untuk memiliki pemikiran inovatif, Anda dapat mulai membiasakan untuk belajar berbagai hal – hal baru di sela kesibukan Anda.

Ketahui dengan baik kekuatan diri dan potensi Anda

Jiwa kepemimpinan dapat Anda tumbuhkan bila Anda sebelumnya telah memahami dengan baik potensi dan kekuatan yang Anda miliki. Menilai diri sendiri sering kali sulit didapatkan dengan objektif. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda bersikap terbuka dan bertanya kepada teman atau rekan kerja yang sering bersinggungan dengan Anda tentang apa – apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan di diri Anda. selanjutnya Anda dapat mulai untuk mengoreksi setiap kelemahan yang ada di diri Anda dan mengubahnya menjadi lebih positif.

Selalu miliki harapan

Banyak orang beranggapan bahwa setiap orang harus memiliki harapan sebagai acuan melangkah maju dari waktu ke waktu. Anda tentu tidak ingin menjadi pribadi yang stagnan dan tidak berkembang. Oleh karena itu, agar mampu menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda harus memiliki harapan baik dan tinggi dan senantiasa bersikap optimis bahwa harapan yang Anda miliki nantinya dapat dicapai. Sikap optimis yang Anda miliki ini nantinya dapat membuat setiap karyawan di kantor Anda juga terkesan dan termotivasi untuk menjadi pribadi optimis dan ingin selalu menjadi lebih baik.

Berusaha bersikap positif

Tips lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan adalah dengan berusaha bersikap positif. Sikap positif yang tercermin dari diri Anda akan mampu memberikan hasil yang baik bagi kehidupan yang Anda jalani dan bagi orang lain yang Anda di sekitar Anda, termasuk di dalamnya adalah karyawan dan rekan kerja Anda. sebagai pemimpin yang menjadi panutan bagi karyawan, sangat perlu bagi Anda untuk membangun sikap positif karena apa yang Anda contohkan tentu nantinya akan diikuti oleh karyawan – karyawan Anda.

Saat Anda dihadapkan pada suatu masalah, sebagai pemimpin yang bersikap positif, Anda akan menganggap bahwa masalah yang timbul merupakan pijakan untuk nantinya dapat berkembang dengan lebih baik. Sehingga tak terus menerus menggerutu dengan adanya masalah, namun lebih mementingkan mencari jalan keluar terbaik untuk masalah yang sedang dihadapi.

Kembangkan kemampuan sosial, kognitif dan emosional

Pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan tak selalu didasari dengan kecerdasan. Kecerdasan memang menjadi salah satu hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik, namun perlu Anda ingat pula hal ini bukanlah satu – satunya. Selain kemampuan kognitif atau kecerdasan, seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan sosial dan emosional yang baik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah akan selalu datang silih berganti di dalam karier Anda, dan sudah semestinya Anda mampu menyelesaikannya dengan cara yang bijak. Cara bijak di sini bukanlah hanya tentang solusi untuk menyelesaikan masalah, namun juga lebih detail terkait dengan tahapan – tahapan yang perlu dilalui agar tak memberikan risiko buruk ke depannya.

Kemampuan sosial dan emosional penting untuk dimiliki seorang pemimpin agar tak menjadi egosentris dan terkesan memikirkan diri sendiri terhadap pengambilan setiap keputusan. Kemampuan sosial dan emosional yang baik akan membuat Anda sebagai pemimpin mampu melihat setiap masalah dari perspektif berbeda, yang mungkin juga dipikirkan oleh orang lain. Anda juga nantinya mampu mengetahui dan memahami setiap emosi dan cara penyaluran emosi orang lain, sehingga dapat mengambil keputusan dengan lebih bijak.

Jangan takut mengambil risiko

Sering kali nanti sebagai pemimpin Anda dihadapkan dengan beberapa masalah yang menuntut Anda untuk berpikir bijak dalam waktu cepat, atau bahkan memilih langkah dengan risiko tertentu. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan di dalam diri Anda, Anda perlu untuk menghindari rasa takut mengambil risiko. Ada 3 aspek penting yang perlu Anda ketahui saat Anda memiliki mindset sebagai pemimpin, yaitu sasaran, risiko dan konsekuensi. Pemimpin yang baik tentu telah memiliki sasaran yang jelas, sehingga setiap langkah atau upaya yang diambil memang jelas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Selain itu, ada pula aspek risiko yang perlu Anda perhatikan. Dalam mengambil langkah, terkadang ada risiko yang perlu Anda ambil untuk mewujudkan yang menjadi tujuan / sasaran Anda. selain itu, yang terakhir adalah aspek konsekuensi, di mana saat Anda telah mengambil keputusan, Anda tentu harus juga telah siap untuk menerima risiko dan konsekuensi dari apa yang dilakukan.

Mampu mengelola sikap dengan baik

Bagaimana pun, bila Anda menjadi pemimpin tentu secara otomatis Anda merupakan panutan orang – orang yang ada di belakang Anda. penting bagi pemimpin untuk memiliki kemampuan mengelola sikap dengan baik karena akan semakin banyak dan beragam pula orang yang mungkin akan ditemui nantinya. Setiap hal yang terjadi di masa lalu sebaiknya dijadikan sebagai pembelajaran untuk selalu lebih baik dalam bersikap dan mengambil hikmah dari setiap kesalahan yang pernah terjadi.

Sebagai pemimpin, Anda harus memiliki keteguhan hati dan konsisten terhadap apa – apa yang telah Anda putuskan, dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap segala sesuatu yang mungkin timbul sebagai konsekuensi dari keputusan yang Anda buat. Bila Anda konsisten untuk mengelola sikap dengan baik setiap harinya, bukan tidak mungkin jiwa kepemimpinan nantinya tumbuh dan berkembang tanpa Anda sadari.

Selalu mengembangkan karakter

Membicarakan tentang kepemimpinan tentu tak lepas dari karakter. Anda perlu untuk selalu mengembangkan karakter Anda hingga mampu menjadi seorang pemimpin yang adil dan bijak. Hal ini penting untuk dilakukan karena saat bekerja Anda akan selalu bersinggungan dengan banyak orang, dan sebagai pemimpin tentu Anda harus memiliki sikap adil tanpa pilih kasih pada setiap karyawan / bawahannya, serta memiliki sikap bijaksana dan mempertimbangkan sesuai dari berbagai perspektif sebelum akhirnya memberikan keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *