Segudang Manfaat Jogging Pagi Setiap Hari Untuk Kesehatan Tubuh

By | November 26, 2020

semuatahu.web.id – Segudang Manfaat Jogging Pagi Setiap Hari Untuk Kesehatan Tubuh – siapa yang setiap pagi lebih memilih untuk terus berada di atas tempat tiidur? Jika Anda salah satunya, maka sangat disayangkan sekali. Sebab Anda kehilangan momen berolahraga yang mampu membuat Anda lebih bugar dan tentunya lebih bersemangat untuk menjalankan aktvitas seharian.

berolahaga merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang wajib Anda perhatikan. Memang terlihat sangat sepele, namun ternyata dengan berolahraga tanpa disadari badan Anda pun akan lebih sehat dan mengurangi gejala penyakit yang mungkin bisa saja menimpa Anda kapanpun dan di manapun.

Oleh karena itu, kesempatan berolahraga tidak boleh disia-siakan selagi badan Anda masih mampu. Agar lebih tertarik, di bawah ini akan dijelaskan bebrapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memilih untuk jogging di pagi hari: manfaat tersebut di ataranya:

1. Meningkatkan Energi dan Stamina

Untuk manfaat jogging pagi setiap hari yang pertama ini mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana mungkin jogging mampu meningkatkan energi? Perlu diketahui bahwa berolahraga dengan teratur bisa membantu Anda untuk menambah energi dan mengurangi kelelahan.

Hal ini dikarenakan ketika Anda berolahraga, maka nutrisi dan oksigen akan mengalir ke paru-paru dan jantung. Inilah yang mampu meningkatkan sistem kardiovaskular, stamina dan daya tahan tubuh.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pernyataan ini berdasarkan pada penelitian yang mrengungkapkan bahwa, pembakaran lemak selama 24 jam ternyata lebih efektif ketika saat pagi hari sebelum sarapan. Jadi tunggu apalagi, setelah mendengar manfaat jogging pagi setiap hari ini, apakah Anda masih tetap ingin tidur setiap pagi?

3. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan pola hidup sehat dan salah satunya adalah dengan berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang melakukan latihan salah satunya dengan jogging di waktu pagi maka penurunan tekanan darah tinggi akan lebih signifikan dari pada melakukan latihan pada jam-jam selain di waktu pagi.

4. Menurunkan Kolestrol

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin akan mampu meningkatkan kadar kolestrol baik di dalam darah. Jadi sangat disarankan untuk melakukan olahraga di waktu pagi dengan waktu 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Menurunkan kolestrol merupakan salah satu manfaat jogging pagi setiap hari. Jadi jangan ragu untuk bergerak di pagi hari.

Baca juga : Tips Jiwa Kepemimpinan untuk Menunjang Karier

5. Menurunan Resiko Kanker

Berbagai penelitian telah dilakukan dan menunjkkan hasil bahwa dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik seperti jogging dan lain sebagainya dapat menurunkan resiko terkena kanker. Bahkan wanita yang rutin berolahraga memiliki resiko terkena kanker endometrium 21% lebih rendah dari pada orang-orang yang tidak berolahraga.

Selain itu, resiko terkena kanker payudara pun 10% rendah dari pada orang-orang yang tidak berolahraga. Tentu hal ini juga harus diimbangi dengan makan-makanan yang sehat dan tidak merokok serta tidak mengonsumsi alkohol.

6. Meningkatkan Kekuatan Sendi

Manfaat jogging pagi setiap hari selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekuatan sendi. Banyak orang yang salah dan mengira bahwa ketika jogging secara rutin pasti akan menyebabkan kerusakan pada sendi.

Semua itu tidak benar, sebab ketika kita jogging akan terjadi penekanan pada tulang rawan yang ada di lutut, pinggul dan pergelangan kaki. Tekanan inilah yang seiring waktu akan dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan sendi Anda. Jadi jangan takut lagi untuk joging apalagi di waktu pagi.

Itulah tadi beberapa manfaat jogging pagi setiap hari. Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat yang lainnya yang bisa Anda dapatan dengan aktivitas sederhana ini. Selain mudah dilakukan, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk melakukannya namun manfaat yang didapatkan sangatlah banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *