Begini Cara Print Tiket Pesawat Lion Air yang Sudah Berangkat

By | September 20, 2020

semuatahu.web.id –  Begini Cara Print Tiket Pesawat Lion Air yang Sudah Berangkat – PT. Lion Mentari Airlines atau Lion Air, merupakan salah satu maskapai penerbangan swasta yang berpusat di Jakarta. Sejak didirikan pada tahun 1999 lalu, perusahaan ini terus melayani pelanggannya dengan baik.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga tiket yang sangat rendah, sehingga bisa melakukan penerbangan kapanpun juga tanpa harus memikirikan ongkos perjalanan yang biasanya terhitung cukup menguras kantong.
Untuk mendapatkan tiket pesawat, biasanya Anda bisa melakukan booking terlebih dahulu. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari pembelian offline hingga pembelian secara online. Namun bila dikaitkan dengan pandemi seperti saat ini, ada baiknya Anda membeli tiket secara online saja.

Saat ini sudah banyak sekali platform yang menawarkan penjualan tiket pesawat. Di mana setelah Anda menentukan platform yang bisa dipercaya, selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan data penerbangan yang diperlukan, hingga berakhir pada proses pembayaran.

Selanjutnya agar Anda bisa melakukan perjalanan dengan tiket yang sudah Anda beli. Maka Anda harus mencetak tiket tersebut untuk dijadikan bukti. Caranya cukup mudah, karena Anda hanya tinggal menggunakan kode booking yang telah didapat ketika melakukan pemesanan tiket.

Kemudian bagaimana cara print tiket pesawat Lion Air yang sudah berangkat, bisakah ini Anda lakukan juga?

Melalui Website

Tentu saja Anda bisa mencetak tiket pesawat yang sudah berangkat. Caranya adalah dengan mengunjungi situs dari maskapai penerbangan yang melayani pemberangkatan, dalam hal ini adalah Lion Air.

Gunakan situs yang bersankutan yaitu lionair.co.id, kemudian pastikan Anda menekan fitur booking atau Kelola Pemesanan. Selanjutnya cari fitur Rincian Pemesanan untuk memeriksa status, serta rincian pemesanan dan mencetak tiket Anda.

Pada menu tersebut, Anda akan melihat sejenis form yang bisa Anda isi sesuai dengan kolomnya. Masukkan kode booking atau PNR (Passenger Name Record). Kemudian isi data lainnya seperti nama depan, nama belakang, nomor penerbangan, hingga tanggal penerbangan. Untuk tanggal penerbangan bisa Anda lewati bila Anda lupa atau tidak tahu.

Baca juga : Cara Mengecek Tiket Pesawat

Cara print tiket pesawat Lion Air yang sudah berangkat tidak akan bisa dicetak bila Anda tidak memasukkan nomor penerbangan. Untuk Lion Air, pastikan dibagian depannya Anda menyertakan kode JT.

Ada beberapa kode yang bisa Anda temukan di website ini, sepeti IW untuk Wings Air, ID untuk penerbangan menggunakan Batik Air, OD untuk Malindo Air, atau Sl untuk penerbangan Thai Lion Air. Di mana maskapai penerbangan tersebut merupakan anak perusahaan Lion Air.

Setelah memasukkan nomor penerbangan, selanjutnya tekan tombol berwarna merah dengan tulisan retrive atau lanjut. Tunggu beberapa saat hingga sistem bekerja dan menemukan data dari tiket tersebut.

Disana Anda bisa melihat detai harga yang sudah Anda booking dan meskipun sudah lewat, harga tersebut masih berlaku untuk Anda karena telah melakukan pemesanan/booking sebelumnya. Berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih fitur cetak atau print tiket.

Pastikan PC atau Laptop yang Anda gunakan sudah terkoneksi dengan printer yang akan digunakan agar proses print bisa langsung dilakukan. Dan sebaiknya, matikan Popup Blocker browser terlebih dahulu. Tiket biasanya akan diprint dalam bentuk pdf. Karenanya pastikan juga komputer Anda sudah memiliki Acrobat Reader agar file tiket bisa dibuka.

Travel Agen

Cara print tiket pesawat Lion Air yang sudah berangkat juga bisa Anda lakukan dengan menghubungi travel agen tempat Anda membeli tiket. Cara ini cukup mudah bila travel agen yang melayani Anda dekat dengan posisi Anda.
Anda cukup mengunjungi travel agen dan meminta bantuannya untuk mencetakkan tiket penerbangan Anda. Cara yang akan dilakukan oleh travel agen juga sebenarnya sama. Di mana data-data yang telah disebutkan di atas akan dimasukkan ke website maskapai penerbangan dan mencetakkan tiketnya untuk Anda.

Cara ini juga bisa Anda pilih, bila Anda tidak memiliki perangkat komputer dan printer, sehingga lebih praktis. Namun pastikan Anda mengunjungi travel agen tersebut pada jam kerja.

Dari kedua cara di atas, Anda bisa menentukan cara mana yang paling mudah dan praktis. Selanjutnya bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa menghubungi costumer care Lion Air baik via email maupun via telepon.

Baca juga : Cara Print Tiket Pesawat Di Bandara

Untuk email, Anda bisa menghubunginya di customercare@lionairgroup.com. Sementara layanan telepon bisa Anda gunakan nomor ini 021-63798000.

Cara print tiket pesawat Lion Air yang sudah berangkat ternyata cukup mudah dilakukan. Ini juga biasanya berlaku untuk tiket penerbangan dari maskapai lainnya.

Selanjutnya, untuk Anda yang juga membeli e-ticket untuk penerbangan yang akan Anda lakukan. Sebaiknya tidak menghilangkan salinan tiket tersebut. Baik itu saat memasuki bandara ataupun selama perjalanan berlangsung. Di mana tiket akan dibutuhkan pada saat melakukan check-in atau bila terjadi refund (pengembalian atau penukaran tiket).

Khusus bagi Anda yang akan melakukan check-in di Bandara, selain menunjukkan e-tiket, Anda juga sebaiknya menyertakan identitas lainnya, seperti KTP atau paspor yang masih berlaku dan disertai foto. Kemudian bila data pada e-tiket berbeda dengan data yang terdapat pada sistem reservasi, maka yang akan dijadikan acuan oleh maskapai penerbangan adalah data yang dimasukkan pada saat reservasi.

Untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan menggunakan Lion Air, Anda juga bisa melihat berbagai promosi yang ditawarkan, baik di platform penjualan e-tiket maupun di situs Lion Airnya sendiri. Ada baiknya Anda mengecek tawaran promosi-promosi tersebut untuk mendapatkan penawaran termurah.

Jika Anda tidak bisa menemukan perjalanan yang Anda butuhkan. Gunakan juga fitur pencarian yang terdapat di situs Lion Airnya. Mulai dari kota keberangkatan, ke kota yang akan dituju, menentukan tanggal keberangkatan dan tanggal kembali, hingga menentukan jumlah penumpang yang akan berangkat.

Sementara bagi Anda yang telah melakukan pemesana tiket Lion Air dalam waktu dekat. Maka sebaiknya melakukan Rapid Test Covid-19 terlebih dahulu. Di sini, Lion Air Group juga bisa melayani Anda dengan memasukkan data, sama seperti cara print tiket pesawat Lion Air yang sudah berangkat, seperti yang telah disebutkan di atas.

Selanjutnya Anda akan ditunjukkan tanggal yang bisa digunakan untuk melakukan Rapid Test tersebut. Di mana hasil tersebut hanya akan berlaku maksimal 14 hari saja. Bila Anda akan kembali melakukan perjalanan, maka test tersebut harus kembali dilakukan.

Untuk fitur lainnya yang juga menggunakan data yang sama, akan terlihat pada menu bagasi prabayar, asuransi perjalanan, ubah jadwal penerbangan, pembayaran, hingga proses pengajuan pengembalian dana. Selain di situs, Anda juga bisa melakukan berbagai proses ini melalui aplikasi maupun call center atau travel agen yang bekerja sama dengan Lion Air.

Itulah beberapa cara print tiket pesawat Lion Air yang sudah berangkat yang ternyata cukup mudah. Anda bisa menentukan cara mana yang paling praktis dan tidak merepotkan. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *