Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

By | December 4, 2019

semuatahu.web.id – Inilah perbedaan iklan baris dan iklan kolom yang wajib diketahui!. Jika kamu membaca koran, pasti kamu akan menemukan sekumpulan iklan yang ada disana. Terkadang, iklan tersebut disajikan dalam bentuk baris dan kadang pula disajikan dalam bentuk kolom.

Sebenarnya, apa perbedaan iklan baris dan iklan kolom tersebut? Berikut pembahasannya.

Sebelum membahas perbedaannya, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kedua iklan tersebut. Sesuai namamya, iklan baris merupakan iklan yang disajikan dalam bentuk baris. Sementara iklan kolom merupakan iklan yang disajikan dalam bentuk kolom. Biasanya iklan baris sering disajikan dalam bahasa singkat dan hanya terdiri dari tiga sampau enam baris saja. Sementara dalam iklam kolom, informasi yang disajikan lebih menarik karena disertai gambar, serta memiliki isi berupa promosi, penawaran atau penjualan barang dan jasa.

Selanjutnya, apa saja perbedaan iklan baris dan iklan kolom tersebut? Berikut pembahasannya.

Berdasarkan Tampilan

Perbedaan yang bisa kamu ketahui dalam kedua iklan tersebut adalah dilihat dari tampilan iklan yang disajikan. Biasanya, iklan baris tidak memuat gambar dalam penyajiannya. Sementara iklan kolom selalu menampilkan gambar atau display pada saat disajikan sehingga akan terlihat lebih menarik dan lebih sering dilirik.

Berdasarkan Ukuran

Perbedaan iklan baris dan iklan kolom yang kedua adalah berdasarkan ukuran. Iklan baris memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan iklan kolom. Karena iklan baris hanya memuat sekitar tiga sampai enam baris saja. Sementara ukuran iklan kolim lebih besar dan cenderung memiliki harga yang lumayan mahal. Bahkan, bisa saja untuk iklan kolom ukurannya mencapai satu lembar koran itu secara keseluruhan.

Berdasarkan Biaya Pemasangan

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari biaya pemasangannya. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa iklan kolom memiliki biaya cukup mahal jika dibandingkan dengan iklan baris. Dalam iklan baris, biaya pemasangan akan dihitung dalam perbaris iklannya. Sementara dalam iklan kolom maka penghitungan akan dihitung berdasarkan ukuran kolom per milimeternya.

Berdasarkan Minat Pembaca

Perbedaan iklan baris dan iklan kolom bisa dilihat dari minat pembaca ketika melihatnya. Biasanya, pembaca lebih menyukai sesuatu yang menarik dan sudah terdeskripsikan dengan baik. Sehingga, mereka lebih suka melihat iklan kolom dibandingkan dengan iklan baris. Namun, jangan salah. Masih banyak juga pembaca yang melihat iklan baris karena dalam satu koran, selalu memuat banyak sekali iklan yang bisa dicari dan kamu bisa saja menemukan apa yang kamu cari di iklan baris tersebut.

Berdasarkan perbedaan diatas, maka kamu sudah mengetahui iklan mana yang memiliki biaya pemasangan mahal dan murah. Kamu juga bisa mengetahui iklan mana yang sering diminati pembaca, iklan yang lebih singkat dan memuat tentang gambar.

Perbedaan iklan baris dan iklan kolom ini bisa membantu kamu agar tidak salah lagi dalam menyebut kedua iklan tersebut. Dengan begitu, kamu sudah mengetahui mana yang disebut dengan iklan kolom dan mana yang disebut dengan iklan baris. Begitu pula dengan perbedaanya yang jauh, bukan? Tentu saja kamu bisa mengetahuinya dengan cepat.

Itulah informasi mengenai perbedaan iklan baris dan iklan kolom yang bisa kamu ketahui. So, jika kamu sedang mencari pekerjaan atau membutuhkan sesuatu, kamu bisa membacanya melalui iklan baris dan iklan kolom yang ada di sebuah koran. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan yang kamu miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *