Inilah Contoh Iklan Layanan Masyarakat

By | December 20, 2019

semuatahu.web.id –  Inilah Contoh Iklan Layanan Masyarakat yang sering Anda lihat diberbagai media, mulai dari media social, media cetak dan televisi. Berbagai iklan banyak ditemui dengan tujuan agar masyarakat lebih peduli terhadap suatu hal. Ada pula yang berisi berbagai peringatan terhadap suatu benda atau hal yang mungkin membahayakan.

Iklan layanan masyarakat paling sering Anda temui di televisi atau berupa poster yang terpajang di beberapa tempat umum. Iklan ini memang dibuat oleh beberapa instansi pemerintahan atau organisasi non komersil untuk tujuan kepentingan semua masyarakat. Berisi pesan-pesan sosial yang mengajak dan memberitahukan masyarakat untuk lebih peduli.

Contoh iklan layanan masyarakat yang paling sering kita temui di televisi adalah mengenai bahaya narkoba. Bagaimana narkoba dapat merusak seseorang terutama kaum milenial yang paling rentan terpengaruh saat ini. Melalui iklan layanan ini, pemerintah dalam hal ini BNN memberitahukan kaum milenial untuk lebih peduli pada masa depan.

Iklan layanan masyarakat seperti ini biasa dapat juga Anda temui pada bildboard besar di pinggir-pinggir jalan. Hal ini dimaksudkan agar lebih menjangkau semua kalangan masyarakat. Iklan seperti itu merupakan sebuah pemberitahuan juga ajakan untuk masyarakat yang semakin hari banyak tak peduli dengan lingkungan sekitar.

Iklan-iklan layanan masyarakat memiliki ciri yang khusus, sehingga Anda dengan mudah dapat membedakannya, yaitu:

• Bersifat non komersil.
• Dibuat oleh instansi pemerintah atau organisasi yang telah diakui keberadaannya.
• Bersifat umum.
• Memiliki dampak dan kepentingan yang luas.
• Dibuat untuk semua kalangan masyarakat.

Dengan memiliki ciri-ciri diatas, dengan mudah Anda dapat membedakan serta membuat iklan layanan masyarakat. Dengan menampilkan model iklan yang dikenal banyak masyarakat seperti public figure atau pun sosok yang mudah dikenali dan dijadikan panutan. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih mudah untuk mencerna maksud dari iklan tersebut.

Selain itu, iklan layanan masyarakat ada pula yang dibuat dalam bentuk animasi. Biasanya hal ini bertujuan untuk mengajak anak-anak agar lebih mudah dimengerti. Seperti menggunakan tokoh dalam film kartun yang sedang digemari anak-anak. Dengan begitu, anak-anak lebih tertarik dan mau mengikuti ajakan dalam iklan tersebut.
Contoh iklan layanan masyarakat dalam bentuk gambar dan tulisan singkat.

Iklan layanan masyarakat tidak selalu dalam bentuk video yang berdurasi pendek, ada pula yang hanya menampilkan sebuah gambar serta tulisan singkat. Seperti pada iklan global warning, berupa gambar bumi dan tulisan untuk lebih peduli pada alam dan lingkungan sehingga bumi dapat berumur lebih lama.

Iklan layanan masyarakat tidak selalu dibuat dengan gaya bahasa yang formal atau pun serius. Ada pula yang dibuat dengan gaya bahasa anak muda dan terkesan santai. Hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan dan mudah diterima oleh kaum muda.

Bukan itu saja, ada pula iklan layanan masyarakat yang menggunakan bahasa daerah. Contoh iklan layanan masyarakat yang menggunakan bahasa daerah yaitu pada program pemerintah setempat. Seperti yang ada di kota Bandung, dimana terdapat ajakan untuk lebih menjaga kota Bandung tetap bersih, ramah lingkungan serta peduli.
Iklan layanan masyarakat seperti ini banyak ditemui diberbagai daerah di Indonesia. Dibuat oleh pemerintah daerah dengan tujuan untuk dapat lebih diterima oleh masyarakat. Selain itu dengan menggunakan bahasa daerah,

Diharapkan masyarakat setempat tidak melupakan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari sebagai jati dirinya.
Itulah beberapa contoh iklan layanan masyarakat yang biasa Anda temui sehari-hari diberbagai media. Dengan iklan layanan masyrakat diharapkan Anda dan yang lainnya lebih peduli terhadap hal apa yang tengah terjadi dikehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *