Pengertian Serta Contoh Iklan Baris

By | December 20, 2019

semuatahu.web.id –  Pengertian Serta Contoh Iklan Baris seringkali tak banyak dimengerti. Bagi sebagian orang, iklan dianggap sama saja baik berupa tulisan maupun gambar. Sesungguhnya terdapat bermacam-macam iklan yang memiliki tujuan serta penempatan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dari si pemasang.

Iklan merupakan sebuah alat untuk memperkenalkan, mempromosikan, memberitahukan juga mengajak masyarakat. Iklan menjadi hal yang biasa Anda lihat dalam berbagai media seperti cetak, televisi dan sosial. Melalui sebuah iklan, Anda dapat lebih mudah untuk memahami sesuatu.

Iklan yang sekarang ini banyak Anda lihat terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

• Iklan komersil.
• Iklan layanan masyarakat.

Iklan komersil biasa terdapat di televise dan media cetak seperti Koran. Iklan di Koran merupakan contoh iklan baris yang paling sering Anda temui. Iklan baris merupakan sebuah iklan yang menonjolkan daya tariknya melalui sebuah tulisan atau teks. Merupakan pengembangan dari iklan yang berupa gambar.

Iklan baris ini merupakan informasi yang disampaikan melalui tulisan untuk menarik atau pun membujuk agar mau menggunakan atau pun membeli suatu barang dan jasa. Kebanyakan iklan baris ini berupa tulisan singkat, akan tetapi menggambar tujuan secara keseluruhan. Umumnya menggunakan singkatan, agar lebih menghemat biaya serta tempat.

Iklan baris yang biasa Anda lihat di Koran-koran, memiliki ruang atau tempat yang terbatas. Biasanya pihak penerbit atau Koran menyediakan halaman khusus untuk iklan baris ini dan nterdapat kolom-kolm terpisah sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan. Sehingga pembaca lebih mudah untuk menemukan apa yang sedang dicari.

Umumnya iklan baris hanya mengandung informasi yang penting saja. Hal ini dikarenakan ada keterbatasan dalam pemasangan iklan di Koran. Biasanya antara 2 hingga 4 baris saja, lengkap dengan alamat, nomor telepon serta informasi lainnya. Jenis iklan baris pun berbeda-beda, yaitu:

• Iklan lowongan, yaitu iklan yang menginformasikan adanya kebutuhan akan pegawai atau tenaga kerja.
• Iklan penjualan, yaitu iklan yang menginformasi mengenai penjualan suatu barang.
• Iklan penawaran barang atau jasa, yaitu yang menawarkan barang atau punjasa.
• Iklan pencarian, yaitu iklan yang memberikan informasi mengenai pencarian.

Ciri-ciri serta contoh iklan baris.

Iklan baris yang sering Anda lihat di media cetak seperti koran sangatlah singkat akan tetapi lengkap dengan semua informasi yang dibutuhkan. Iklan baris memiliki ciri-ciri, diantaranya:

• Dimuat terpisah-pisah berdasarkan kelompok atau jenis dari iklan.
• Berisi informasi penting sehingga tulisan dibuat singkat dan padat. Biasanya berkisar 2 hingga 4 baris saja.
• Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
• Biaya yang murah karena hanya memerlukan tempat yang kecil.
• Umumnya terdapat no telepon yang dapat dihubungi.
• Terdapat opini iklan dan fakta.
• Karena dalam bentuk kalimat pendek, seringkali menggunakan singkatan, tidak berwarna. Ada pula yang menggunakan gambar yang berukuran kecil.

Iklan baris menjadi yang paling banyak digunakan masyarakat terutama untuk lowongan pekerjaan atau pun penjualan barang. Selain biaya atau harga yang murah, iklan baris juga paling efektif karena masih banyak yang menggunakan koran untuk mencari sesuatu.

Berikut ini contoh dari iklan baris yang dapat Anda gunakan:

Bth karyawan p/w py motor, min SMA max 35th. Dtg lsg ke CV Mentari jl. Purwakarta no.22 Bdg 4029
Dijual cepat, Xenia 2012 Solar, pajak hidup, barang mls, harga nego 180 juta. Hp: 0813 6454 8970
Itulah beberapa contoh iklan baris yang biasa Anda temui di media cetak seperti koran. Apa pun yang Anda butuhkan dapat menggunakan iklan baris dengan biaya yang sangat murah dibandingkan dengan media lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *