Deretan Ciri-Ciri Beras Rusak yang Wajib Anda Tahu

By | November 26, 2020

semuatahu.web.id – Deretan Ciri-Ciri Beras Rusak yang Wajib Anda Tahu – Beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Bahkan bagi sebagian orang Indonesia, meskipun sudah memakan berbagai jenis makanan tetap hal itu tidak bisa dikatakan sebagai makan jika tidak memakan nasi. Beras memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya untuk menambah energi pada manusia.

Dalam pengolahan beras menjadi nasi tentu tidak segampang membalikkan tangan, Anda harus melalui beberapa proses seperti mencuci hingga memasaknya. Namun perlu diperhatikan ketika memilih dan membeli beras, sebab tak jarang orang menjual beras yang rusak atau bahkan beras yang rusak tersebut dicampur dengan beras yang masih baru.

Hal tersebut sungguh sangat disayangkan sekali. Mengingat bahwa beras merupakan makanan yang sangat penting bagi manusia. Kejadian beras rusak di berbagai penjuru Indonesia merupakan hal sangat lumrah, mengingat bahwa jika beras disimpan terlalu lama maka akan rusak. Sehingga perlulah Anda untuk lebih berhati-hati dan teliti serta mencari tahu apa saja ciri-ciri beras rusak. Sebab ketika Anda mengonsumsi beras yang rusak, bisa saja Anda akan mengalami sakit perut dan berbagai gejala yang lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri beras rusak yang wajib Anda ketahui dan pahami agar tak salah meghidangkan bahan makanan untuk keluarga tercinta. Ciri-cirinya yaitu:

1. Warnanya yang Sudah Tidak Putih

Cara yang paling mudah dalam membedakan antara beras yang masih berkualitas dan bagus dengan beras yang sudah rusak bisa kita lihat secara langsung dengan mata telanjang. Biasanya, beras yang sudah rusak akan memiliki warna yang berbeda, artinya tidak berwarna putih seperti pada beras yang masih baru dan bagu. Beras rusak tersebut biasanya akan berwarna kuning.

2. Memiliki Bau yang Apek

Ciri-ciri beras rusak yang kedua bisa Anda indra dengan menggunakan indra penciuman. Jika beras tersebut rusak, baunya pasti tidak akan enak dan apek. Hal ini berbeda dengan beras yang masih baru dengan memiliki baru khas beras pada umumnya.
Agar beras yang Anda simpan tidak cepat berbau apek dan bahan tidak berkutu, alangkah baiknya jika sesekali membuka wajah beras agar tidak berbau apek. Anda juga bisa memanfaatkan parutan daun jeruk yang sudah dikeringkan sebanyak 50 gram dan kemudian di masukkan ke dalam wadah yang berisi beras 10 kg.

3. Berkutu

Kutu pada beras bukanlah yang baru. Kutu-kutu ini akan menghinggapi beras jika Anda salah dalam memilih tempat dan wadah sehingga bisa mengundang kedatangan kutu-kutu tersebut. Untuk mengetahui apakah beras tersebut berkutu atau tidak, kita bisa melihatnya secara langsung.

Jika pada beras tersebut terdapat warna hitam atau bahkan terdapat hewan yang berwarna hitam berjalan, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah salah satu ciri-ciri beras rusak dan Anda tidak boleh memakannya agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Beras Berjamur

Beras bisa dengan mudah berjamur. Jika Anda menyimpannya di tempat-tempat yang lembab dan Anda tidak sesekali membukanya maka bisa dipastikan bahwa beras Anda akan berjamur. Jamur tersebut akan tumbuh sebab kondisi tersebut lembab.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri beras rusak yang wajib Anda waspadai. Beras yang rusak memang terlihat bukan masalah yang mengkhawatirkan. Namun jika Anda mengonsumsi beras rusak tersebut dengan jangka waktu yang panjang maka seperti yang sudah disebutkan di atas, akan terjadi beberapa hal yang bisa terjadi pada Anda dan keluarga tercinta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *