Inilah Kenapa Harga Tiket Pesawat Mahal di Indonesia

By | November 26, 2020

semuatahu.web.id – Inilah Kenapa Harga Tiket Pesawat Mahal di Indonesia – Harga tiket yang ada di Indonesia biasanya akan naik seiring pergantian tahun. Namun di awal tahun 2019 lalu, kenaikan harga tiket pesawat cukup tinggi sehingga disoroti oleh berbagai pihak. Rupanya harga kenaikan tiket domestik tersebut cukup signifikan dan dianggap memberatkan penumpang.

Kenaikan harga tersebut terus berlangsung terus sepanjang tahun, dan dikhawatirkan akan terus terjadi hingga lebaran berlangsung. Jika ini terjadi, maka proses mudik yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia bisa terganggu dan terhambat. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kenapa tiket pesawat harganya cukup mahal.

Sewa Pesawat yang Cukup Tinggi

Ternyata kebanyakan pesawat yang beroperasi di Indonesia bukanlah milik sendiri, melainkan menyewa dari maskapai penerbangan negara lain, atau bisa dibilang merupakan hasil sewa. Kemungkinan inilah kenapa harga tiket pesaat mahal terjadi, sebab biaya sewa juga naik setiap tahunnya.

Banyaknnya jumlah pesawat yang merupakan pesawat sewa membuat biaya leasing juga meningkat, dan di awal tahun 2019 tiket pesawat terkena dampaknya. Ini karena pesawat sewa menerapkan perhitungan harga pesawat serta berbagai biaya tambahan lain yang mengikutinya, seperti perawatan pesawat, pemeriksaan, dan lain sebagainya.

Harga Avtur yang Tinggi

Selain banyaknya pesawat sewaan, ternyata harga avtur juga menjadi penyebab mengapa harga tiket menjadi mahal. Jika dihitung pada total komponen operasional pembiayaan pesawat, harga yang dikeluarkan avtur cukup besar, yakni sekitar 45 persen dari total keseluruhan biaya operasional pesawat.

Mahalnya harga avtur tentu akan mempengaruhi harga pada tiket pesawat, mengingat harga dari bahan bakar pesawat terbang ini mencapi 26 persen dari harga tiket pada tahun 2019. Bukan tidak mungkin di tahun yang akan datang harga avtur terus menigkat , yang juga dibarengi dengan melambungnya harga tiket pesawat.

Presiden Indonesia, Joko Widodo memberikan rencana untuk mengatasi masalah tersebut, yakni dengan menghapus monopoli penjualan avtur yang dilakkan oleh Pertamina. Jika dibandingkan dengan harga avtur yang ada di luar negeri, avtur lokal memang cenderung lebih mahal. Bahkan perbandingan rentang harganya bisa mencapai 20 persen.

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak maskapai penerbangan yang kemudian menaikkan harga tiket pesawat, yang menjadi alasan kenapa harga tiket pesawat mahal di Indonesia. Ke depannya dengan penghapusan monopoli tersebut, diharapkan harga tiket pesawat menjadi lebih stabil.

Pajak yang Terlalu Tinggi

Pajak ternyata juga menjadi faktor yang menentukan harga pesawat menjadi lebih besar tiap tahunya. Mahalnya harga tiket disinyalir karena pajak Pertambahan Nilai atau PPN yang tinggi. Penerbangan dalam negeri sampai saat ini dikenai PPN, sehingga banyak maskapai penerbangan menaikkan harga tiket domestik menjadi lebih tinggi.

Lembaga Konsumen Indonesia juga telah meminta tarif PPN diturunkan untuk penerbangan domestik diturunkan. Sebab sampai saat ini, pajak yang dikenakan untuk tiket pesawat mencapai 10 persen. YLKI atau Lembaga Konsumen Indonesia menyarankan harga tiket pesawat dikenai beban pajak hanya 5 persen saja untuk menekan kenaikan harga tiket pesawat.

Nilai Tukar

Nilai tukar juga ternyata memiliki pengaruh kenapa harga tiket pesawat mahal, sebab sektor penerbangan ternyata sensitif dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Ketika nilai tukar pesawat tinggi, maskapai tidak membayar menggunakan rupiah, melainkan menggunakan nilai dolar. Sedangkan biaya sewa tersebut mencaai 20 persen dari total biaya penerbangan.

Hal yang sama juga terjadi pada biaya perawatan dan biaya bahan bakar pesawat, sebab keduanya juga dibayarkan menggunakan nilai uang dolar. Karena seluruh komponen menggunakan nilai mata uang dolar, maka harga tiket pesawat menjadi naik karena dolar mengalami kenaikan tiap tahunnya, tergantung dengan naik turunnya nilai tukar dolar.

Penyesuaian yang bertahap terjadi karena semua biaya pesawat dilakuan dengan nilai mata uang dolar, sehingga tarif tiket pesawat yang menggunakan kurs rupiah harus disesuaikan agar maskapai penerbangan tidak mengalami kerugian.

Potensi Kartel

Harga tiket pesawat juga bisa tergantung dengan kesepakatan yang mungkin terjadi karena maskapai penerbangan. Walaupun masih simpang siur, namun kesepakatan tersebut bukan tidak mungkin terjadi. Saat ini penyelidikan tengah terjadi untuk melihat apakah ada usaha monopoli di maskapai penerbangan.

Potensi pembentukan harga, menurut Komisi Pengawas Persaingan Harga bukan tidak mungkin terjadi. Inilah yang kemungkinan besar menjadi penyebab kenapa harga tiket pesawat mahal di Indonesia, jika hal tersebut mungkin terjadi, maka akan ada tindakan tlanjutan dari Pengawas Persaingan Harga Indonesia.

Sebab seharusnya tarif penerbangan domestik sesuai dengan ketetapan yang diputuskan oleh Kemenhub, yakni sesuai dengan batas atas dan batas bawah. Beberapa maskapai penerbangan menjadi penguasa penerbangan pesawat karena menguasai harga tiket yang ada di pasaran, sehingga harga yang terjangkau lebih disukai oleh masyarakat.

Tips Mendapatkan Harga Tiket Pesawat yang Murah

Agar Anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih terjangkau, berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

a. Memilih Waktu Pemesanan

Lakukan pemesanan tiket sekitar pukul 11 malam, sebab di saat tersebut maskapai melakukan pembatalan pada kursi reservasi yang tidak dibayar oleh pelanggan. Kebanyakan maspakai penerbangan melakukannya di jam 11 malam agar keesokan harinya, krs tersebut dapat dipesan oleh orang lain.

b. Manfaatkan Low Season

Kadang alasan kenapan harga tiket pesawat mahal adalah Anda memesannya di saat on-season, misalnya ketika hendak lebaran dan pasca liburan. Pada waktu tersebut, harga tiket memang sedang tinggi-tingginya, sehingga hindari pemesanan pada saat tersebut. Jika Anda ingin memesan tiket di saat on-season, ada baiknya memesan jauh-jauh hari.

Jarak pemesanan yangdilakukan kira-kira 3 bulan sebelum berangkat, karena pada saat tersebut harga tiket pesawat masih stabil. Pemesan di low season juga bisa membuat Anda menyiapkan jauh-jauh hari kesiapan penerbangan. Jangan lupa untuk segera melakukan pembayaran kursi yang sudah Anda pesan.

c. Memakai Aplikasi Pembanding Harga Tiket

Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa menggunakan aplikasi atau website untuk membandingkan harga tiket. Dengan begitu, Anda bisa mendapatka harga tiket yang lebih terjangkau dari maskapai penerbangan lain di kelas yang sama. Ada beragam aplikasi dan situs yang bisa membantu Anda di internet.

d. Melakukan Penerbangan Transit

Penerbangan model transit juga bisa membuat harga tiket pesawat Anda menjadi lebih terjangkau. Ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki banyak waktu luang untuk melakukan perjalann, namun jika Anda terburu-buru dan harus melakukan penerbangan satu arah langsung, Anda tidak disarankan untuk menggunakan cara ini.
Itulah beberapa alasan kenapa harga tiket pesawat mahal di Indonesia dan tips tambahan untuk Anda agar bisa mendapatkan harga tiket yang lebih terjangkau. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda dan membantu Anda untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih terjangkau untuk penerbangan nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *