Ketahui Cara Menghitung Luas Bangunan yang Mudah dan Efektif

By | November 26, 2020

semuatahu.web.id – Ketahui Cara Menghitung Luas Bangunan yang Mudah dan Efektif – Sebuah bangunan tentunya memiliki ukuran yang sudah dirancang sejak sebelum dibangun. Rancangan yang dibuat oleh arsitek akan dibuat dengan ukurannya yang sudah disesuaikan. Apapun jenis bangunannya ukuran menjadi kewajiban dan pasti dimilikinya.

Ukuran yang dimaksud meliputi panjang, lebar maupun tinggi dari bangunan tersebut. Akan tetapi, untuk memudahkan ukuran yang ditanyakan akan bersifat lebih menyeluruh berupa luas dalam meter persegi (m2). Secara umum hal ini sudah dipelajari saat duduk di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Akan tetapi, tidak semua orang begitu pandai dan memahami mengenai hal ini. Dengan mengetahui cara menghitung luas bangunan maka Anda bisa lebih mudah untuk memperoleh data dari sebuah bangunan. Data luas bangunan akan digunakan pada sertifikat bangunan serta data pembayatan pajak bumi dan bangunan atau PBB.

Dengan mengetahui cara perhitungan tersebut maka Anda bisa terhindar dari upaya penipuan atau sejenisnya terhadap bangunan yang akan maupun sudah Anda miliki. Jika Anda merasa ragu dengan perhitungannya maka Anda bisa mengeceknya sendiri menggunakan cara yang sudah Anda ketahui dan pelajari.Agar bisa mempelajari caranya pahami dan cermati penjelasan berikut ini.

Cara Manual

Cara menghitung luas bangunan yang pertama tentu saja dengan cara umum dan manual. Cara ini merupakan cara yang sering dipelajari pada saat duduk di bangku sekolah baik jenjang sekolah dasar maupun sekolah menengah. Caranya cukup simple dan tidak terlalu asing untuk bisa dipelajari.

Untuk menghitungnya terlebih dahulu ukurlah panjang atau lebar dari sebuah bangunan yang dimaksud apapun bentuknya. Pengukuran ini sangat mungkin digunakan untuk bentuk bangunan segitiga, lingkaran, persegi, persegi panjang, dan bentuk lainnya. Gunakan rumus luas sesuai jenis bentuk dari bangunan tersebut.

Bentuk yang paling umum tentunya persegi atau persegi panjang yang hanya membutuhkan panjang dan lebar atau ukuran setiap sisinya. Setelah itu, ukuran yang sudah ada tinggal dikalikan satu sama lain. Cara menghitung luas bangunan ini cukup akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Pastikan lakukan pengukuran bersama beberapa saksi yang ahli dan dapat terpercaya. Hal ini akan memperkuat hasilnya dan menghindarkan dari perselisihan karena sudah dihitung dihadapan saksinya. Pastikan hati-hati dalam menghitungnya agar hasilnya sesuai dengan ukuran yang seharusnya.

Menggunakan Batas dan Struktur Fisik Bangunan

Selain menggunakan cara manual dengan rumus matematika tadi, Anda juga bisa mengetahui luas sebuah bangunan dengan menggunakan batas fisik bangunan. Cara menghitung luas bangunan ini bisa digunakan karena juga cukup akurat dengan menggunakan fisik bangunan. Batas fisik ini sudah menjadi ketentuan umum untuk sebuah bangunan.

Batas tersebut akan memberikan aturan khusus bagi bagian yang boleh atau tidak boleh untuk dibangun sebuah bangunan diatasnya. Batas ini juga bisa menjadi pembeda kepemilikan sebuah lahan antara milik Anda dengan milik orang lain. Batas ini sering disebut dengan GSB atau Garis Sepadan Bangunan.

Jangan keliru, batas ini sudah diatur pada Undang-undang yang mengatur mengenai bangunan. Aturan tersebut dibuat untuk memastikan keteraturan dan keamanan pembangunan sebuah bangunan. Jika tidak dilaksanakan bahkan dilanggar maka sanksi administrasi akan diberlakukan berupa denda hingga 10% dari nilai bangunan.
Contoh cara perhitungannya bisa diterapkan pada sebuah bangunan yang mempunyai perkerasan lantai.

Cara menghitung luas bangunan tersebut tidak sama seperti biasanya. Contohnya jika sebuah ruangan memiliki ukuran 5 x 6 m2 maka anda tidak bisa menghitungnya sama dengan luas teras tanpa dinding.

Perhitungan seperti itu biasanya akan dilakukan sampai batas dinding keluar. Jika terdapat bagian ruangan lebih dan dibatasi dinding maka perhitungannya dari tengah-tengah dinding sampai dinding berikutnya. Cara ini perlu Anda perhatikan karena batas bangunan memiliki sifat yang lebih sensitif.

Autocad

Jika cara menghitung luas bangunan diatas kurang begitu meyakinkan Anda bisa menempuh cara lain yakni dengan menggunakan sebuah software. Software yang bisa Anda gunakan yaitu Autocad yang merupakan software dengan pemrograman khusus untuk melakukan perhitungan luas bangunan secara lebih akurat.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja menyediakan software tersebut pada perangkat yang Anda miliki. Berikutnya pastikan Anda sudah memiliki gambar denah dari bangunan yang akan diukur luasnya. Gambar denah yang akan digunakan harus sudah pasti dan akurat serta tidak memiliki terlalu banyak lekukan.

Jika gambar denah dibuat secara asal maka hasil dari cara menghitung luas bangunan juga tidak akan begitu akurat bahkan lebih sulit untuk dihitung. Setelah itu Anda bisa memasukkan denah tersebut pada software tadi untuk bisa melakukan perhitungan. Gambar denah tadi akan berubah menjadi garis putus-putus.

Untuk membuat garis denah menjadi putus-putus Anda cukup meng-klik pada bagian garis tersebut. Pilih tombol “polyline” yang juga sering dilambangkan dengan PL. Setelah itu tekan enter dan Buat garis mengelilingi bangun yang akan dihitung. Jika tahap ini sudah dilakukan berikutnya klik kembali garis yang ada.

Buatlah perintah “List” yang sering disingkat LI kemudian klik enter. Sampai tahap ini dilakukan anda akan memperoleh jumlah luas beserta koordinat bangunan atau tanahnya. Luas tersebut akan muncul pada jendela baru setelah Anda meng-klik enter tadi. Cara menghitung luas bangunan ini secara umum bersifat sederhana karena cukup mudah untuk dilakukan.

Perhitungan menggunakan Autocad cukup efektif dan akurat karena menggunakan sistem khusus dengan pemrograman yang sudah teruji. Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa memperoleh data yang cukup valid mengenai luas dari bangunan yang Anda ukur. Cara ini bisa dilakukan jika Anda sulit menemukan orang yang ahli di bidangnya.

Cara-cara diatas perlu Anda lakukan di hadapan saksi ahli atau orang yang dapat dipercaya. Jika Anda menggunakan software maka pastikan saksi yang Anda percaya juga memahami bagaimana cara mengoperasikan software tersebut. Hal ini untuk menjaga jika suatu saat terdapat pihak yang mempertanyakan maka baik saksi maupun Anda sendiri dapat menjelaskan.

Apalagi luas bangunan cukup sensitif dan bersifat penting terutama dengan hal-hal yang berurusan mengenai data berupa sertifikat. Nantinya cuma data yang akurat ini akan mempengaruhi nilai pajak, nilai jual maupun nilai beli. Untuk itu, cara menghitung luas bangunan perlu dilakukan dengan cermat.

Jangan sampai terdapat hal-hal yang disepelekan atau tidak begitu diindahkan. Disadari ataupun tidak setiap hal yang berkaitan dengan luas bangunan akan berpengaruh terhadap setiap hal-hal yang berkaitan dengan bangunan baik saat ini maupun masa mendatang. Jangan sampai Anda keliru dan asal dalam melakukannya.

Cara menghitung luas bangunan di atas bisa mengedukasi dan mengingatkan kembali bagi Anda yang kurang memperhatikan luas bangunan. apalagi jika bangunan tersebut akan Anda jual serta memiliki ukuran yang cukup besar. Sehingga Anda tidak bisa menganggapnya sebagai hal kecil dan perlu diperhitungkan secara matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *