Ini Dia Cara Cek Jaringan IndiHome Di Sekitar Anda

By | March 10, 2021

semuatahu.web.id – Ini Dia Cara Cek Jaringan IndiHome Di Sekitar Anda – IndiHome merupakan salah satu layanan internet yang memiliki jaringan yang sangat luas. Jaringan tersebut menjadi faktor utama untuk bisa menggunakan internet dimanapun dan kapanpun. Jika tidak ada jaringan tentu saja Anda sama sekali tidak bisa mengakses internet tersebut.

Semakin hari kualitas dan jangkauan dari layanan tersebut semakin ditambah dan diperluas. Bahkan kini area atau daerah desa yang jauh dari perkotaan juga sudah bisa menjangkau dan mengakses layanan ini. Namun terlebih dahulu untuk lebih meyakinkan anda perlu mengecek Apakah layanan dan jaringannya tersedia atau tidak.

Hal ini dikarenakan jika tidak dicek terlebih dahulu maka Anda tidak bisa mengetahui apakah Anda bisa menggunakan internet di daerah tersebut atau tidak. Terlebih jika di daerah tersebut masih jarang orang yang menggunakan internet. Dengan cek jaringan IndiHome Anda tentunya bisa lebih yakin untuk menggunakan internet di sebuah daerah.

Untuk mengetahui keberadaan layanan tersebut maka Anda bisa menggunakan beberapa cara khusus. Sebagian besar cara yang bisa anda lakukan cukup mudah dan bisa dipelajari dalam waktu yang cukup singkat. Salah satu kelebihannya untuk proses pengecekan tersebut Anda tak perlu selalu datang langsung ke kantor layanan IndiHome.
Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk mengetahui keberadaan jaringan layanan internet IndiHome di sebelah daerah.

Melalui Website IndiHome

Untuk cek jaringan IndiHome Anda bisa menggunakan website khusus yang sudah dirancang dan dibuat oleh Telkom. Web ini bisa digunakan untuk mengecek jaringan atau coverage area di setiap lokasi yang ada di Indonesia. Website tersebut sering disebut juga sebagai Fibermap.

Sesuai namanya yang menggunakan kata “map” maka web yang satu ini dapat membantu Anda dalam mengecek keberadaan jaringan berdasarkan tempat yang terdeteksi oleh peta. Anda bisa memasukkan alamat dari lokasi yang ingin dicek seperti provinsi, kabupaten atau kota, Kecamatan, serta desa atau kelurahan.

Pertama Anda bisa membuka halaman pencarian pada perangkat yang Anda gunakan. Lalu masukkan alamat https://fibermap.indihome.co.id/ yang kemudian akan menampilkan map. pada bagian kanan layar terdapat tombol “cek fiber di lokasi Anda”. Klik atau pilih tombol tersebut dan tunggu hingga muncul tampilan baru berupa form untuk pengisian khusus.

Untuk cek jaringan IndiHome Anda bisa mengisi detail lokasi yang ingin dicek mulai dari kota atau kabupaten, Kecamatan, desa atau kelurahan, serta kode pos dari daerah tersebut. Selanjutnya akan muncul pilihan apakah lokasi yang Anda maksud merupakan sebuah perumahan ataupun bukan.

Lengkapi setiap detail dari data tersebut kemudian lanjutkan dengan klik submit. Setelah itu, ketersediaan jaringan dari daerah yang dimaksud akan muncul ataupun tidak sesuai dengan ketersediaannya. Jika jaringan tersedia maka akan muncul keterangan “jaringan internet fiber (IndiHome fiber) tersedia di lokasi Anda”.

Begitupun sebaliknya jika tidak tersedia maka keterangannya juga akan muncul pada map yaitu “maaf jaringan IndiHome fiber belum tersedia di lokasi Anda”. Keterangan yang muncul tersebut bisa menjadi rujukan bagi Anda untuk bisa memasang internet di lokasi tersebut. Terkadang beberapa data area belum di-update sehingga belum terdeteksi.

Melalui Sosial Media IndiHome

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk cek jaringan IndiHome ialah dengan menggunakan sosial media dari pihak Telkom atau IndiHome. Terdapat akun resmi dari Twitter dan Facebook yang bisa Anda gunakan untuk bisa melakukan proses pengecekan ketersediaan jaringan. Untuk sosial media ini caranya lebih mudah dibandingkan mengakses website.

Jika ingin menggunakan Twitter Anda cukup mention akun resmi @IndiHome dan tunggu respon dari pihak IndiHome. Sementara itu jika ingin menggunakan Facebook Anda bisa menggunakan halaman Facebook atau langsung menggunakan messenger. Anda bisa langsung menyampaikan tujuan Anda untuk cek jaringan.

Untuk menggunakan akun sosial media ini memang tidak secepat respon dari website ataupun call center. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih mudah maka menggunakan sosial media bisa menjadi pilihan. Untuk cek jaringan IndiHome ini hanya perlu mengandalkan jaringan internet pada ponsel atau komputer Anda.

Melalui Call Center Telkom

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya bahwa respon yang cukup cepat dalam memberikan jawaban mengenai pengecekan jaringan ini ialah melalui call center. Call center ini bisa diakses melalui perangkat ponsel dengan menambahkan kode area. Nomor yang bisa Anda hubungi ialah 147.

Jika Anda ingin menghubungi nya Anda bisa menambahkan kode area misalnya untuk Surabaya 031 lalu ketik nomor 147. Kombinasi angkanya akan menjadi 031147 yang akan tampil pada papan tombol telepon. Pastikan Anda mengetahui kode area dari masing-masing daerah untuk mempermudah terhubung dengan nomor call center.

Jika sudah terhubung maka mesin penjawab akan otomatis mengarahkan Anda untuk bisa berbicara dengan customer service. Pastikan Anda mengikuti setiap arahannya dengan baik dan sesuai agar cek jaringan IndiHome bisa segera Anda lakukan. Jika sudah terhubung dengan customer service barulah Anda bisa menanyakan ketersediaan jaringan.

Pertanyaan mengenai ketersediaan jaringan bisa diajukan dengan menyebutkan alamat lengkap dari wilayah yang Anda maksud. Dibandingkan beberapa cara sebelumnya dengan menghubungi call center ini hasil pengecekan bisa lebih akurat. Hal ini dikarenakan proses pengecekan dilakukan langsung oleh pihak IndiHome dengan sistem terlengkap.

Melalui ODP

Salah satu tanda jika lokasi tersebut sudah memiliki jaringan IndiHome bisa dilihat dari ketersediaan box ODP yang ada pada tiang IndiHome terdekat. ODP merupakan singkatan dari optical distribution point yang berarti perangkat untuk mendistribusikan fiber optic kepada client.

Biasanya dalam jangka waktu tertentu petugas dari Telkom atau IndiHome akan melakukan proses pengecekan. Anda bisa memperhatikan jika di suatu lokasi seringkali terdapat petugas dengan menggunakan seragam merah bertuliskan indihome itu berarti di lokasi tersebut terdapat box ODP. Cek jaringan IndiHome ini bisa dilihat langsung di lingkungan Anda.

Sebaliknya, jika box ODP maupun petugasnya tidak terlihat sama sekali di lokasi tersebut maka Anda bisa segera mengajukan penyediaan jaringan di lokasi yang diinginkan. Akan tetapi untuk hal ini perlu beberapa syarat khusus seperti jumlah yang mengajukan atau pengguna harus dalam jumlah tertentu atau beberapa syarat lainnya.

Beberapa cara di atas bisa Anda lakukan dengan memenuhi setiap standar dan syarat tertentu untuk cek jaringan IndiHome. Anda harus menyesuaikan setiap langkah yang dipilih dengan situasi dan kondisi di sekitar Anda. Pastikan lakukan setiap langkahnya dengan efektif dan seperlunya saja.

Jika jawaban yang Anda maksud sudah diketahui maka sebaiknya segera akhiri penggunaan beberapa akses pertanyaan tersebut. Dengan begitu penggunaannya bisa lebih efektif dan efisien serta Anda juga bisa lebih menghemat pulsa atau kuota data internet. Pilih metode atau cara yang terjangkau bagi Anda.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya lagi ialah Anda mengingat setiap tahapan dari cara-cara di atas. Hal ini untuk mempercepat dan mengefektifkan proses pengajuan pertanyaan atau pengecekan jaringan. Dengan begitu, cek jaringan IndiHome bisa Anda lakukan dengan lebih cepat, tepat dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *