Fungsi Berbagai Macam Hand Tools Yang Perlu Diketahui

By | March 10, 2021

semuatahu.web.id – Fungsi Berbagai Macam Hand Tools Yang Perlu Diketahui Fungsi hand tools (perkakas tangan) dalam bidang otomotif sudah terkenal dengan beberapa peralatan yang digunakan dalam perawatan mobil, mulai dari perkakas listrik, perkakas perawatan khusus hingga perkakas tangan yang paling banyak digunakan. Apa arti dari semua alat tangan tersebut?

Seperti namanya alat yang disebut hand tools artinya digerakkan oleh manusia. Peralatan apa yang termasuk dalam kategori perkakas tangan? Untuk mengetahuinya, silakan merujuk ke uraian jenis dan fungsi dari perkakas tangan di bawah ini. Untuk memudahkan pemahaman uraian akan dibedakan menurut jenis perkakas tangan.

1. Kunci (Wrench)

Set perkakas pertama yang akan kita ulas bersama adalah kunci atau biasa juga disebut sebagai wrench . Beberapa jenis kunci yang umum digunakan saat ini diantaranya ialah kunci pas heksagonal yang digunakan untuk melepas baut (atau mur) dengan celah sempit.

Kemudian selanjutnya ada kunci ring yang memiliki bentuk dua belas sisi dan memiliki lebih banyak sisi daripada kunci pas, sehingga gantungan kunci dapat digunakan untuk melepas baut dengan sudut yang lebih fleksibel. Adapula kunci kombinasi yang seperti namanya, kunci ini menggabungkan dua jenis kunci yaitu kunci inggris dan pendering.

Salah satu ujungnya berbentuk kunci inggris, dan ujung lainnya adalah kunci cincin. Lalu ada pula hand tools kunci T yang bentuknya mirip dengan huruf T. Fungsi dari alat tangan ini ialah untuk melepas baut yang terdapat di dalam lubang. Adapula kunci shock yang berbentuk tabung. Fungsi dari kunci ini cukup mirip dengan kunci inggris.

Tetapi kunci tersebut bisa dicopot dari pegangannya sehingga bisa diganti sesuai dengan ukuran bautnya. Adapula kunci L heksagonal dengan bentuk segi enam dan sudut berlawanan serta segi enam pada baut. Biasanya kunci ini digunakan untuk melepas baut.

Dan yang terakhir ialah wrench (kunci pas yang bisa disesuaikan) yang seperti namanya, hand tools tersebut memiliki fungsi yang bisa disesuaikan atau diubah ukurannya. Oleh karena itu kunci ini juga dapat digunakan untuk hampir semua jenis baut atau mur yang akan dilepas maupun dipasang.

2. Tang

Set perkakas tangan selanjutnya ialah tang. Terdapat beragam jenis tang beserta fungsinya yang sangat penting untuk kita katahui. Seperti misalnya untuk tang potong yang berfungsi untuk memotong kabel, kawat bahkan logam tipis pada mobil. Adapula tang meruncing dengan bentuk yang cukup unik seperti gunting.

Tang ini memiliki fungsi tang runcing sebagai penjepit. Selanjutnya untuk tang kombinasi yaitu yang menggabungkan tang potong dan tang runcing. Sehingga lebih multifungsi dan bisa digunakan untuk memotong serta menjepit.

3. Obeng

Set hand tools yang perlu diketahui berikutnya ialah obeng. Pertama ada obeng pipih (obeng silang) dengan ujungnya yang rata. Fungsi dari obeng ini adalah untuk mengencangkan serta mengendurkan sekrup yang berbentuk minus. Adapula obeng kembang dengan kuncup yang mirip bunga (kembang).

Fungsi dari obeng kembang ini ialah untuk mengencangkan juga sekaligus bisa mengendurkan sekrupnya kembali. Kemudian ada obeng fleksibel yang berbentuk seperti pulpen serta dapat membuka sekrup negatif juga positif disaat bersamaan. Adapula Obeng stabil dengan bentuk gagangnya yang stabil menyerupai huruf “T”.

Setiap ujungnya memiliki bentuk datar, berbunga, dan megah serta dapat digunakan untuk berbagai jenis sekrup. Lalu untuk obeng magnet yaitu yang memiliki magnet pada ujungnya. Fungsinya ialah untuk mencegah sekrup yang dilepas agar tidak jatuh atau hilang.

Selanjutnya ada obeng tespen yang memiliki bentuk yang mirip dengan obeng pipih. Akan tetapi hand tools ini berfungsi untuk menguji arus pada komponen kelistrikan pada mesin mobil. Dan yang terakhir yaitu obeng aksesoris yang digunakan untuk bisa melepas aksesoris tambahan pada mobil.

4. Handle Shock

Alat ini biasa digunakan untuk kunci shock. Adapun untuk jenisnya yang secara umum bisa dijumpai diantaranya ialah ratchet handle yang berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan baut tanpa harus melepas kunci anti getaran dari bautnya. Kemudian untuk T handle yang bentuknya mirip dengan huruf “T” dan panjangnya bisa disesuaikan.

Alat tersebut juga cocok untuk menjangkau sudut yang jauh. Lalu untuk offset handle yang memiliki fungsi untuk melepas baut besar dengan momentum tinggi, seperti misalnya mur atau baut roda pada mesin mobil. Selanjutnya ada extension yang jika Anda harus melepaskan baut atau mur dalam di dalam mesin, Anda perlu perpanjangan alat.

Alat ini digunakan sebagai perpanjangan dari pegangan penyerap goncangan. Adapun untuk hand tools selanjutnya ialah adaptor dengan koneksi khusus yang digunakan untuk menghubungkan kunci pas dampak kecil dengan pegangan yang besar. Terdapat pula speed handle yang biasa digunakan untuk mengencangkan serta mengendurkan baut ataupun mur yang sulit dijangkau hanya dengan menggunakan kunci inggris dan ring.

Untuk breaker bar ialah pegangan yang dapat dihubungkan pada berbagai jenis penabrak dan berfungsi ntuk melonggarkan baut yang kuat seperti pada baut silinder. Selanjutnya sambungan shock universal yang digunakan untuk memasang serta melonggarkan mur atau baut yang tidak dapat dijangkau oleh ekstensi.

Alat tersebut tentunya akan lebih cocok untuk penggunaan benturan. Dan untuk double hex socket yang memiliki dinding tipis dan digunakan secara eksklusif untuk perangkat propulsi. Alat tersebut tentu juga bisa dikatakan cukup serbaguna karena dapat digunakan pada 12 posisi mur dan baut yang berbeda.

5. Palu

Palu merupakan perlengkapan yang harus dilengkapi untuk perawatan mesin mobil. Beberapa jenis palu yang umum digunakan ialah seperti yang pertama yaitu palu paku. Bahkan di luar bidang otomotif palu ini sangat umum digunakan. Fungsi dari alat ini ialah agar bisa memasang paku serta dapat mencabut paku tersebut dari benda kerja dengan menggunakan sisi cakarnya.

Selanjutnya ada palu konde atau sanggul yang memiliki dua sisi yaitu datar dan bulat. Fungsi dari hand tools ini adalah untuk menghantam benda kerja serta akan membentuk rongga pada benda kerja tersebut. Adapun untuk palu karet biasanya digunakan pada bagian yang berbentuk pelat.

Contoh penggunaan dari palu karet ini ialah dengan membuat permukaan papan menjadi rata tanpa ada goresan. Terdapat pula palu plastik yang memiliki fungsi untuk dapat memukul pada permukaan yang tidak terlalu keras. Contoh penggunaan palu plastik adalah saat memukul kepala silinder tanpa memisahkannya dari bodi mobil.

Kemudian untuk yang terakhir ialah palu pahat yang memiliki fungsi berbeda dari alat yang lain seperti telah dijelaskan sebelumnya, yaitu membuang sisa slag setelah proses pengelasan. Palu terak juga harus digunakan sebelum menghubungkan las yang rusak. Satu sisi seperti pahat, sedangkan sisi lainnya sangat runcing.

Berbagai perkakas tersebut tentunya memiliki fungsi dan peran masing-masing yang saling mendukung untuk membantu kita saat membetulkan sesuatu yang berkaitan dengan baut, mur dan sebagainya. Terutama untuk pembongkarang serta service perangkat dan mesin mobil.

Sekian ulasan mengenai fungsi dari berbagai macam hand tools yang penting dan harus kita ketahui, bahkan untuk seorang wanita sekalipun. Hal ini tentu akan sangat berguna pada rutinitas sehari-hari di rumah seperti misalnya untuk memasang dan membenarkan sesuatu. Sehingga kita akan lebih mandiri dan bisa mengerjakan semua itu sendiri tanpa perlu menyuruh orang lain untuk melakukannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *