4 Tahapan Perkembangan Perangkat Lunak

By | March 10, 2021

semuatahu.web.id – 4 Tahapan Perkembangan Perangkat Lunak . Dalam dunia komputer, pastinya sudah tidak asing dengan istilah hardware dan software. Kedua komponen tersebut saling membutuhkan, dimana hardware tidak dapat digunakan jika tidak ditunjang oleh software, begitupun sebaliknya. Hardware merupakan perangkat keras dan software adalah perangkat lunak.

Seiring berjalannya waktu perkembangan perangkat lunak semakin terlihat. Software memang tidak terlihat secara fisik dan tidak berwujud seperti benda. Namun software merupakan kumpulan dari data elektroni berupa program yang akan menjalankan sebuah perintah. Melalui inilah perangkat hardware atau komputer dapat digunakan sesuai dengan perintah.

Ada beberapa jenis software yang digunakan sampai sekarang ini. Diantaranya, software berbayar yang didistribusikan untuk tujuan komersil, jadi setiap pengguna yang ingin memperoleh software tersebut harus membeli pada pihak yang mendistribusikannya.

Kemudian ada freeware yang merupakan kebalikan dari yang sebelumnya, perangkat ini tidak berbayar dengan tidak ada batasan waktu. Selanjutnya ada free software yang penggunaannya bebas namun tidak harus gratis. Begitupun dengan shareware yang penggunaannya gratis namun memiliki batas waktu tertentu.

Perkembangan software dari waktu ke waktu dibagi menjadi 4 tahapan. Berikut diantaranya:

1. Zaman Pioner

Era Pioner merupakan awal mula pertama perciptanya komputer. Bentuk awal perangkat lunak yang digunakan berupa sambungan-sambungan kabel yang disalurkan keberbagai bagian di dalam komputer.

Pada zaman ini perangkat lunak masih satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Sehingga penggunaannya dilakukan secara langsung dengan hasil yang langsung selesai berupa print out.

Proses yang dilakukan secara berurutan, yaitu Batch Processing yang merupakan pengolahan data yang diatur dalam kelompok-kelompok. Kedua, ada limited Distribution yang mana proses penyebaran perangkat lunak yang terbatas hanya pada perusahaan tertentu saja. Dan terakhir ada pembuatan khusus.

2. Zaman Stabil Komputer

Pada zaman ini perangkat lunak sudah mulai digunakan oleh kalangan industri dan perusahaan. Sama halnya dengan era sebelumnya, di era stabil komputer ini juga memiliki sebuah proses.

Pertama ada proses multi-tasking dan multi-user, yang merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk pekerjaan yang banyak dan user pada waktu yang sama. Kedua ada realtime yang bertugas mengumpulkan, menganalisa data dari berbagai sumber untuk menghasilkan output dalam milisecond.

Dan ketiga ada database yang merupakan alat penyimpanan online dan merupakan generasi pertama terciptanya sebuah sistem penyimpanan data online.

3. Zaman Mikro

Dizaman ini perangka lunak sudah mulai berkembang. Harganya juga sangat terjangkau bagi individu. Di era ini perangkat lunak dibagi menjadi dua yang disebut dengan perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak ini memiliki proses dengan sistem yang mulai tersebar ke beberapa kalangan masyarakat dan perangkat lunak yang canggih dan mampu mempermudah penggunanya.

4. Zaman Modern

Di era modern perangkat lunak tidak hanya ada pada komputer saja, namun ada juga pada peralatan lainnya seperti handphone, televisi dan lain sebagainya. Pada zaman modern ini pembuatan perangkat lunak tidak hanya dilakukan oleh yang khusus saja. Namun sudah menjadi pekerjaan banyak orang.

Tidak hanya itu tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh perangkat lunak juga lebih meningkat. Dimana memiliki proses perkembangan yang semakin luas, diantaranya sistem desktop, teknologi objek, sistem pakar, proses paralel dan jaringan komputer.

Itulah beberapa tahapan perkembangan perangkat lunak dari waktu ke waktu. Ternyata tidak hanya manusia saja yang mengalami perubahan dari masa ke masa, tetapi perangkat lunakpun mengalami perkembangan yang bahkan dapat membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan aktivitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *