Manfaat Dan Macam-Macam Surat Niaga

By | March 10, 2021

semuatahu.web.id – Manfaat Dan Macam-Macam Surat Niaga – Dalam dunia perniagaan pastinya dibutuhkan informasi mengenai barang yang hendak dijual. Informasi tersebut biasanya didapatkan secara resmi, baik itu melalui pengumuman yang dipasang dipapan pengumunan, surat kabar, atau internet. Semua ini akan diproses yang akhirnya timbullah surat niaga.

Surat niaga merupakan surat yang dibuat oleh orang atau perusahaan untuk memperoleh keuntungan. Surat niaga juga biasa disebut surat bisnis atau surat dagang. Surat ini berfungsi sebagai bukti suatu bisnis atau bisa digunakan sebagai surat perjanjian, sebagai pengingat, sebagai media untuk promosi dan lain sebagainya. Adapun macam-macam surat niaga, diantaranya:

1. Pesanan

Sesuai dengan namanya, surat pesanan merupakan surat yang dibuat oleh pembeli untuk memesan barang yang mereka butuhkan. Surat ini merupakan balasan dari pembeli setelah penjual mengirimkan surat penawaran. Jangan lupa untuk menyertakan cara pembayaran yang diinginkan. Sebutkan juga nama bank yang digunakan untuk pembayaran dan lampirkan bukti transfer atau pembayarannya.

2. Pengiriman Barang

Surat pengiriman barang dibuat dengan tujuan agar pembeli mengetahui bahwa barang yang mereka pesan sedang diproses dan dalam perjalanan. Surat ini biasanya digunakan untuk pengiriman barang dalam jumlah yang banyak atau partai besar.

3. Penawaran Barang

Surat penawaran merupakan surat yang dibuat oleh penjual dan dikirimkan kepada calon dengan tujuan menawarkan barang dagangannya. Gaya bahasa yang digunakan harus jelas dan menarik agar pembeli tertarik dengan barang dagangan kita.

4. Pengakuan Penerimaan Pembayaran

Surat pengakuan penerimaan pembayaran ini merupakan balasan kembali dari pembeli kepada penjual ketika barang sudah diterima. Isinya biasanya mereka memastikan bahwa barang tersebut sudah diterima sesuai dengan yang diinginkan dan dijanjikan. Selain itu surat tersebut berisikan tentang kesan pembeli tentang kepuasan dalam membangun kerjasama yang menguntungkan juga meminta penjual untuk mengkonfirmasi atas pembayaran yang telah dilakukan.

5. Permintaan Penawaran Produk

Surat permintaan pernawaran dibuat oleh orang atau perusahaan calon pembeli yang berisi permintaan penawaran barang beserta daftar dan harganya. Nantinya penjual akan membalas surat tersebut disertai dengan brosur atau katalog barang dagangannya.

Hal yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli dalam membuat surat permintaan penawaran adalah menentukan jenis barang dan waktu yang diperlukan juga menanyakan informasi yang lengkap berupa cara pembayaran, potongan harga, pengiriman barang dan lain sebagainya.

6. Penagihan

Surat tagihan dibuat oleh penjual kepada pembeli. Tujuannya untuk melunasi pembayaran atas barang yang telah pembeli terima. Hal ini dilakukan jika pembayaran sudah jatuh tempo atau sudah lewat tempo pembayaran.

7. Keberatan

Surat keberatan ini dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan suatu keberatan seseorang atau perusahaan terhadap keputusan yang dibuat oleh individu atau kelompok tertentu. Surat ini akan menjadi sebuah solusi dari tidak satu pahamnya antara kedua belah pihak yang bersangkutan. Nantinya surat ini akan ditindaklanjuti dan merujuk pada sejumlah kondisi.

8. Pengaduan

Seperti namanya surat pengaduan dikirimkan oleh pembeli kepada penjual. Surat ini dikirimkan jika barang yang diterima mengalami masalah. Biasanya ini terjadi jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan perjanjian, barang rusak dan lain sebagainya.

Itulah macam-macam surat niaga yang biasanya digunakan. Surat niaga dilakukan sesuai dengan proses jual beli. Meskipun zaman sudah sangat canggih seperti sekarang ini, namun keberadaan surat niaga tetap diperlukan sebagai bukti hitam diatas putih sebuah bisnis atau perniagaan. Juga dibutuhkan untuk keperluan arsip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *