Beberapa Jenis Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Yang Cocok Untuk Anak Muda

By | April 14, 2021

semuatahu.web.id –  Beberapa Jenis Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Yang Cocok Untuk Anak Muda. Beberapa Jenis Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Yang Cocok Untuk Anak Muda – Dewasa ini, banyak sekali para generasi muda yang ingin terjun dalam dunia bisnis. Sebenarnya ada banyak alasan dibalik hal tersebut, salah satu contohnya yaitu ingin mandiri sejak dini atau bahkan ingin menghabiskan jatah gagalnya usia muda.

Keinginan disebut juga dilatarbelakangi oleh banyaknya para pebisnis muda yang sukses di usia kurang dari 30 tahun. Jika Anda juga tertarik untuk berbisnis atau memulai usaha di usaha muda, maka Anda bisa mencoba untuk membuka usaha kecil-kecilan seperti usaha kecil dan menengah atau UKM.

Untuk lebih detailnya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa contoh atau jenis bidang usaha yang cocok untuk anak muda.

Apa Itu UKM?

UKM atau singkatan dari usaha kecil menengah merupakan salah satu jenis usaha kecil yang memang banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki resiko kerugian yang sangat minim.

Biasanya UKM ini merupakan jenis usaha kecil yang kekayaan bersih hanya sekitar 200 juta rupiah atau bahkan kurang. Angka 200 juta rupiah tersebut tidak termasuk dengan tanah ataupun bangunan tempat usaha tersebut didirikan.

Jika berlandaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia, maka istilah jenis bidang usaha kecil menengah kurang lebih bisa didefinisikan bahwa merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Kendala Yang Dialami Sebelum Mulai Usaha

Tak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya semua manusia bisa untuk memulai usaha sendiri, hanya saja terlalu banyak alasan dan kendala yang mungkin saja dialami oleh manusia, baik kendala internal maupun kendala karena eksternal.

Salah satu contoh kendala yang sering terjadi ketika seseorang ingin memulai jenis bidang usaha kecil menengah atau bahkan usaha yang besar sekalipun yaitu seperti:

1. Takut mencoba
2. Takut mengalami kerugian
3. Tidak tahu mau melakukan usaha apa
4. Tidak punya modal
5. Atau bahkan bingung bagaimana cara memulai usaha tersebut.

Sebenarnya kendala tersebut memang pasti sering dialami oleh semua orang yang saat ini sudah sukses menjalankan usahanya masing-masing. Hanya saja mereka mampu menjawab tantangan dari kendala yang mereka alami tersebut.

Baca juga : Bisnis Adalah, Tujuan Dan Macam-macamnya

Jenis Bidang Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

Saat ini, Anda tidak punya alasan untuk tidak memulai bisnis karena tidak tahu usaha apa yang akan dilakukan. Sebab pada dasarnya sudah ada banyak sekali jenis usaha yang bisa Anda pilih sesuai dengan pesan yang dimiliki. Anda hanya perlu memilih dan menjalankan usaha tersebut. Adapun beberapa jenis bidang usaha yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Bidang Kuliner

Usaha kuliner memang merupakan salah satu bidang usaha yang banyak dijalankan oleh masyarakat. Meskipun demikian, usaha kuliner memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Mengingat bahwa makanan merupakan salah satu kebutuhan hidup setiap manusia.

Agar Anda bisa bertahan, menjalankan dan mengembangkan usaha Anda, pastikan bahwa Anda selalu memperhatikan cita rasa dari kuliner yang ada jual, pelayanan yang diberikan, kemasan dari produk yang Anda jual serta promosi yang dilakukan.

2. Bidang Otomotif

Tak bisa dipungkiri bahwa seiring perkembangan zaman juga mempengaruhi teknologi yang dihasilkan oleh manusia, salah satunya adalah kendaraan. Saat ini kita sering mendengar kemacetan dimana-mana.

Tentu hal ini terjadi karena banyaknya kendaraan yang dimiliki oleh masyarakat. Kenyataan semacam ini bisa kita manfaatkan untuk membuka lapangan pekerjaan dengan beberapa pilihan jenis bidang usaha yang cukup menjanjikan.

Untuk itu, terdapat beberapa jenis usaha yang bisa Anda buka yaitu seperti jasa cuci kendaraan, bengkel, rental mobil atau motor, jual beli spare part dan berbagai usaha lainnya. Pemilihan usaha ini harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Agar nda bisa mengembangkannya lebih baik dan berjalan dengan lancar serta memberikan prospek yang menjanjikan.

3. Bidang Fashion

Salah satu jenis bidang usaha yang sangat menjanjikan saat ini yaitu usaha di bidang fashion. Tak bisa dipungkiri bahwa fashion dari dulu hingga saat ini merupakan sebuah kebutuhan yang tidak pernah lekang oleh waktu, bahkan orang yang bekerja di bidang fashion disebut-sebut memperoleh atau keuntungan yang menjanjikan.

Apalagi saat ini didukung oleh keberadaan platform-platform atau tempat-tempat jual online yang membantu proses jual beli produk fashion. Sehingga akan menambah keuntungan dari para pelaku jenis bidang usaha fashion.
Anda bisa memanfaatkan kondisi semacam ini untuk bisa mendapatkan keuntungan yang sama. Anda hanya perlu untuk mempromosikan produk yang Anda jual di sosial media serta memikirkan beberapa strategi pemasaran agar produk yang dijual bisa cepat laku dengan keuntungan yang besar.

Yang perlu Anda perhatikan bahwa meskipun fashion merupakan salah satu kebutuhan utama dari setiap manusia, tak bisa dipungkiri bahwa fashion juga memiliki waktu-waktu trend masing-masing.

Jadi pastikan bahwa Anda selalu menjual produk yang sedang trend atau booming, sehingga produk yang Anda jual bisa cepat laku. Jangan lupa pula untuk memperhatikan siapa target dari produk fashion Anda, apakah bayi, anak-anak, dewasa, remaja, pria atau bahkan wanita.

Baca juga : Manfaat Dan Macam-Macam Surat Niaga

4. Bidang Jasa Pengantaran Atau Kurir

Jasa pengantaran atau kurir merupakan salah satu jenis bidang usaha yang digadang-gadang memiliki prospek keuntungan yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan mulai menjamurnya kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi secara online.

Jika pada zaman dahulu, masyarakat lebih suka berbelanja di pasar atau toko-toko, saat ini masyarakat lebih suka untuk bertransaksi atau melakukan jual beli secara online. Sehingga mau tidak mau mereka harus melibatkan jasa pengantar atau kurir agar barang tersebut sampai kepada customer.

Usaha ini bisa Anda lakukan karena sangat mudah untuk dijalankan. Anda hanya perlu untuk mengajak beberapa teman Anda agar menjalankan bisnis ini sehingga lebih mudah dan usaha kurir Anda lebih cepat berkembang.

5. Bidang Kecantikan

Kecantikan merupakan salah satu hal yang wajib didapatkan oleh para wanita. Meskipun secara umum, kata cantik sangat relatif dan di berbagai negara tentu memiliki standar kecantikan yang berbeda-beda.

Di Indonesia, mayoritas penduduknya merupakan wanita, sehingga Anda manfaatkan untuk memulai usaha kecantikan. Jenis bidang usaha kecantikan yang dimaksud tersebut bisa berupa salon, toko produk kecantikan, spa dan menjadi penata rias atau yang biasa dikenal dengan MUA.

Namun pastikan bahwa ketika Anda memutuskan untuk menjadi MUA atau penata rias, Anda memang sudah mahir dalam urusan make up dengan berbagai jenis acara. Sehingga para customer anda tidak merasa kecewa. Usaha ini memang salah menjanjikan dengan keuntungan yang cukup besar, jadi pastikan bahwa Anda memanfaatkannya sebaik mungkin.

Demikianlah beberapa jenis bidang usaha yang bisa Anda tekuni dengan prospek keuntungan yang menjanjikan. Namun sebelum Anda memilih jenis usaha yang akan dilakukan, pastikan bahwa Anda memilih usaha yang memang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Sehingga Anda bisa melaksanakan usaha tersebut sebaik mungkin dan mendapatkan keuntungan yang semestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *