Telusuri Alasan Mengapa Sinar Katode Dapat Dibelokkan oleh Medan Listrik atau Medan Magnet

By | March 10, 2021

semuatahu.web.id – Telusuri Alasan Mengapa Sinar Katode Dapat Dibelokkan oleh Medan Listrik atau Medan Magnet – Sinar berkas elektron atau e-beam, atau yang mungkin lebih dikenal dengan sinar katode merupakan suatu aliran elektron yang dapat diamati dalam sebuah tabung pelepasan. Apabila tabung kaca yang digunakan untuk mengevakuasi, dilengkapi dengan dua elektroda disertai dengan tegangan yang diterapkan maka kaca pada bagian belakang elektroda akan positif diamati dan bersinar.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan alasan mengapa sinar katode dapat dibelokkan oleh medan listrik atau medan magnet, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu agar pembahasan tersebut dapat dipahami dengan baik. Hal ini dikarenakan pengetahuan dasar atau au pengertian dasar harus terlebih dahulu dapat dikuasai sebelum pada teori inti.

Pengamatan pertama kali dilakukan pada tahun 1869, dan dilakukan oleh fisikawan Jerman yang bernama Julius Plucker dan Johann Wilhelm Hittorf. Sedangkan untuk penamaannya diberikan oleh Eugene goldstein pada tahun 1876 dengan nama Kathodenstrahlen.

Baca juga : Bagaimana Jika Manusia Mendengar Suara Yang Terlalu Kencang Atau Terlalu Lirih

Adapun penamaan elektron diberikan oleh JJ Thomson yang menunjukkan bahwa sinar katoda merupakan kumpulan dari partikel bermuatan negatif dimana sebelumnya tidak diketahui. dan selanjutnya, partikel bermuatan negatif tersebut dinamai elektron. Adapun tabung sinar katoda atau yang disebut dengan CRT, menggunakan berkas elektron terfokus yang kemudian dibelokkan oleh medan listrik atau magnet agar dapat membuat gambar pada layar.

Hal tersebut sudah mulai dapat berkaitan dengan alasan mengapa sinar katode dapat dibelokkan oleh medan listrik atau medan magnet. Pada awalnya, sebelum abad ke-20 atom dipandang sebagai komponen terkecil dikarenakan tidak terdapat eksperimen lain yang dapat menunjukkan bahwa atom tersusun atas partikel-partikel yang lebih kecil lagi.

Hingga masuk pada abad 20 konsep tersebut berubah dikarenakan banyaknya pengamatan yang tidak dapat diterangkan oleh konsep atom yang kemudian tidak dapat dibagi-bagi. Hasil eksperimen tersebut menunjukkan bahwa ternyata atom tersusun dari partikel-partikel yang lebih kecil yang tentu saja konsep ini membantah konsep sebelumnya. Dan selanjutnya konsep ini pun digunakan hingga saat ini.

Baca juga : Pengertian dan Penyebab Perbedaan Bunyi Onomatope

Dari sini dapat diperoleh keterangan awal bagaimana keterkaitan mengapa sinar katode dapat dibelokkan oleh medan listrik atau medan magnet. dari 2 elektroda yang terdapat pada tabung vakum tersebut, jika keduanya dipasangi tegangan listrik yang tinggi, maka akan teramati sinar yang mengalir dari elektroda negatif ke elektroda positif.
Elektron yang terdapat pada katoda dapat ditarik keluar dan kemudian tersebut dari permukaan katoda. Hal ini membuat elektron lebih mudah lagi untuk keluar dari permukaan katoda apabila katoda tersebut diproses sambil dipanaskan. karena proses pemanasan dapat menyebabkan energi kinetik elektron menjadi meningkat. Ditambah lagi dengan tarikan medan listrik maka elektron lebih mudah untuk keluar dari katoda.

Dalam hal-hal tersebut, selain didapatkan keterkaitan alasan mengapa sinar katode dapat dibelokkan oleh medan listrik atau medan magnet, didapatkan pula sifat-sifat yang diperoleh dari pengukuran lebih lanjut terhadap sinar tersebut, yaitu :

– Merambat dalam lintasan garis lurus dari katoda menuju anoda.

– Sinar katoda dapat dibelokkan oleh medan listrik, berdasarkan arah pembelokan nya yang dapat diidentifikasikan sebagai muatan negatif.

– Dapat dibelokkan oleh medan magnet yang mana hal ini dibuktikan dengan an-naba dan muatan listrik yang memiliki muatan negatif.

– Dapat menghasilkan pendaran pada dinding tabung yang dikenainya.

Adapun kesimpulan singkatnya adalah sinar katode dapat dibelokkan oleh medan listrik atau medan magnet dikarenakan mengandung muatan negatif. Dan itulah alasan mengapa sinar katode dapat dibelokkan oleh medan listrik atau medan magnet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *