Bagaimana Jika Manusia Mendengar Suara Yang Terlalu Kencang Atau Terlalu Lirih

By | March 10, 2021

semuatahu.web.id – Bagaimana jika manusia mendengar suara yang terlalu kencang atau terlalu lirih. Telinga adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan untuk makhluknya. Nikmat mendengar itu memang tidak bisa digantikan dengan materi. Maka dari itu bagi Anda yang hingga sekarang masih bisa mendengar dengan normal , maka perlu sekali untuk selalu bersyukur. Kebersihan dan Kesehatan alat pendengaran atau dalam hal ini telinga itu harus dijaga. Jangan sampai Anda melakukan kegiatan yang dapat merusak kseshatan telinga. Lalu Bagaimana jika manusia mendengar suara yang terlalu kencang atau terlalu lirih?

Pendengaran manusia memiliki batas tertentu. Jika suara yang didengar oleh manusia itu terlalu kencang, maka sudah dipastikan jika telinganya akan mudah rusak. Begitupun dengan sebaliknya, jika kita mendengarkan suara yang terlalu lirih, juga akan memberikan efek atau pengaruh pada kemampuan pendengaran Anda.

Berikut ini adalah Bagaimana jika manusia mendengar suara yang terlalu kencang atau terlalu lirih, di antaranya adalah :

Telingat Mudah Rusak

Saat mendengar suara yang ditangkap oleh telinga, maka suara itu nantinya aka diterusakan atau dirambatkan kepada bagian dalam telinga. Dimana dalam bagian dalam telinga itu terdapat berbagai organ lainnya, salah satunya adalah gendang telinga. Dengan telinga akan bergetar setiap kali ada suara yang masuk. Jika kita mendengar suara yang terlalu kencang, maka getaran pada gendang telinga juga akan semakin kencang.

Batas pendengaran kita dala hal ini adalah manusia itu ialah sampai 85dB. Lalu jika manusia mendengar suara dengan ketinggiannya lebih dari 85dB maka telinganya akna rusak. Dan bagian yang paling pertama rusak adalah gendang telinga.

Baca juga : Pengertian dan Penyebab Perbedaan Bunyi Onomatope

Jika terlalu sering menderngarkan suara yang terlalu kencang, maka lama kelamaan gendang telinga akan rusak dan bisa berakibat fatal bahkan sampai bisa mengakibatkan berkurangnya pendengaran dan tuli total.

Pendengaran yang rusak ini adalah disebabkan oleh rambut- rambut dis ekitar rumah siput atau koklea pada telinga mengalami kehancuran diakibatkan suara yang keras. Jika sudah begini maka pendengaran Anda juga akna semakin berkurang. Sebab bagaimana pun telinga adalah salah satu organ manusia yang sangat sensitive.

Adapun gejala yang hadir saat terlalu sering mendengarkan suara yang terlalu kencang adalah Anda tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain, kemudian Anda merasa harus berteriak – teriak saat berbicara karea merasa suaranya seperti teredam dan tidak terlalu jelas terdengar sehingga Anda harus beberapa kali mengulang perkatannya.

Baca juga : Telusuri Alasan Mengapa Sinar Katode Dapat Dibelokkan oleh Medan Listrik atau Medan Magnet

Tidak Fokus Saat Berbicara

Begitupun saat Anda mendengarkan suara yang sangat lirih bahkan terlalu lirih, itu bisa membuat saat Anda diajak ngobrol orang lain menjadi kruang fokus. Maka dari itu saat mendengarkan suara yang lirih, segera perbaiki nada suaranya.

Sakit Kepala

Karena kuping atau telinga itu ada di sekitar kepala, maka jika yang satu bermasalah, biasanya akan merambat pada yang lain. Seperti msialnya jika Anda sering mendengarkan suara yang sangat kencang sekali, maka itu juga akan mempengaruhi pada kepala Anda, biasanya akan menjadi sangat sakit. Maka dari itu dengarkan suara yang wajar dan jangan sampai terus menerus terjadi.Suara yang telalu lirih juga membuat kepala Anda menjadi sangat sakit karena dipaksakan untuk mendengarkan hal – hal yang tidak bisa didengar oleh telinga.

Itulah beberapa akibat dari Bagaimana jika manusia mendengar suara yang terlalu kencang atau terlalu lirih , tentunya setiap hal yang terlalu berlebihan akan memberikan dampat yang besar juga. Oleh karena itu jangan mencengarkan suara yanga terlalu kencang atau terlalu lirih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *