Perbedaan Sales dan Marketing

semuatahu.web.id –  Perbedaan Sales dan Marketing. Sales dan marketing meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan pendapatan perusahaan tapi keduanya berbeda dalam fungsi serta proses mencapai hal tersebut. Sales adalah istilah yang  merujuk pada kegiatan menukar produk atau layanan perusahaan dengan uang  dari pembeli. Sedangkan marketing adalah istilah yang merujuk pada kegiatan yang dimulai dengan riset pasar dan diakhiri dengan kepuasan konsumen.

Fokus tujuan akhir keduanya berbeda, sales memiliki tujuan akhir untuk menawarkan produk atau layanan perusahaan kepada konsumen dengan cara menyakinkan  calon pembeli untuk membelinya. Sedangkan fokus marketing adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, permintaan  konsumen sehingga bisa memuaskan konsumen dan perusahaan tetap bisa mendapatkan keuntungan.  Sales lebih ke arah sesuatu yang berdasarkan transaksi, sedangkan marketing lebih ke arah untuk mencapai memenangkan hati calon pembeli dan membuat pembeli menjadi pelanggan.

Perbedaan Pengertian Sales dan Marketing

Pengertian sales adalah proses menjual  produk yang ditawarkan kepada calon pembeli di harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Sales terkait dengan aliran produk ke pembeli. Sales adalah tujuan utama semua perusahaan. Semua kegiatan perusahaan  mengarah untuk meningkatkan sales. Pada dasarnya sales merupakan kegiatan-kegiatan  yang menghasilkan penjualan apa yang  perusahaan tawarkan kepada pelanggan dalam periode waktu tertentu dengan meyakinkan calon pembeli membeli produk perusahaan akan menguntungkan bagi mereka.

Setiap perusahaan memiliki bagian sales  produk atau layanan yang biasanya dibagi menjadi tim yang berbeda  berdasarkan oleh wilayah geografisnya dimana  tim itu akan menawarkan produk atau layanan,  berdasarkan produk atau layanan yang harus dijual dan target pelanggan dimana produk atau layanan itu harus ditawarkan.

Tiap masing-masing tim sales memiliki  target volume penjualan yang berbeda berdasarkan  bulan, kuartal dan tahunan yang harus dicapai. Untuk meningkatkan penjualan, penawaran spesial seperti kupon, hadiah gratis, diskon dan lain sebagainya diberikan untuk menarik minat dan mengajak  calon pembeli untuk melakukan pembelian produk atau layanan.

Pengertian marketing adalah memahami kebutuhan  pelanggan dengan berbagai cara agar saat setiap ada produk baru, produk itu bisa laku dengan sendirinya. Marketing adalah  proses  yang meliputi kegiatan yang dilakukan perusahaan  untuk mempromosikan  produk atau layanan perusahaan. Marketing terkait dengan yang memfasilitasi aliran produk ke pembeli.

Marketing artinya menciptakan minat target audience terhadap penawaran perusahaan. Semua tindakan  yang berupaya untuk mendapatkan perhatian calon pembeli terhadap penawaran perusahaan dan mempertahankan pelanggan, semua termasuk marketing. Marketing yang meliputi analisis pasar, pengembangan produk, promosi,  metode distribusi,  sales,  dan pelayanan setelah pembelian.

Apapun strategi atau aktivitas  yang diterapkan perusahaan  untuk berkomunikasi dengan target pelanggan, demi untuk mengajak mereka membeli penawaran perusahaan disebut dengan marketing. Marketing tentang bagaimana menyampaikan penawaran,  bagaimana mengkomunikasikan nilai penawaran untuk target audien dan kenapa pelanggan harus membeli produk tersebut  dibandingkan  semua pilihan yang ada di pasaran. Promosi penawaran produk melalui  iklan melalui berbagai macam media seperti koran,  televisi, pamflet,  sosial media dan lain sebagainya.

Perbedaan Tujuan Sales dan Marketing

Tujuan utama sales adalah  memaksimalkan keuntungan dari memaksimalkan penjualan produk. Tujuan sales mengajak calon pembeli agar menjadi pembeli produk yang ditawarkan.

Tujuan utama marketing adalah  memaksimalkan keuntungan dari meningkatkan  kepuasan pelanggan dan pangsa pasar yang dimiliki. Tujuan marketing untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan  dan membuat produk  yang memuaskan kebutuhan pelanggan.

Perbedaan Kemampuan Sales dan Marketing

Demi tujuan mendapatkan penjualan maksimal, orang sales  haruslah pandai berkomunikasi dan memiliki kemampuan membujuk untuk menyakinkan keuntungan membeli produk atau layanan secara efektif  serta menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pembeli.  Sedangkan kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan marketing adalah kemampuan analisa dan kejelian.

Perbedaan Orientasi Sales dan Marketing

Sales berorentasikan pada produk, Orang sales berfokus pada peningkatan jumlah penjualan produk. Sales pendekatan sebagian atau Fragmented approach artinya menekankan pada pendekatan untuk menjual seluruh produk yang ada. Fokus sales yang dibutuhkan perusahaan.

Marketing berorentasikan pada pelanggan, semua kegiatan  promosi yang dilakukan  bertujuan untuk berfokus pada target pelanggan. Marketing  menggunakan pendekatan terintegrasi atau integrated approach yang menekankan pada kebutuhan pelanggan dan menyediakan produk yang dibutuhkan pelanggan. Fokus marketing adalah kebutuhan pasar.

Sales melihat pelanggan sebagai rantai terakhir dalam penjualan produk, jadi pertama pembuatan produk dan lalu menjualnya ke pelanggan. Sebaliknya dari sudut pandang marketing, pelanggan diberikan prioritas. Pelanggan oleh pihak marketing, perlu diidentifikasi  dan setelah berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan.

Perbedaan Target Sales dan Marketing

Sales fokus pada hubungan individu seperti interaksi langsung dengan pelanggan dan mengajak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Berbeda dengan marketing  berfokus pada masyarakat umum seperti membuat nilai produk untuk meningkatkan penjualan.

Target Sales adalah perorangan atau kelompok kecil. Ruang lingkup tugas sales adalah menjual  produk. Target marketing adalah masyarakat umum. Ruang lingkup tugas marketing adalah pengiklanan, sales, riset, kepuasan pelanggan, pelayanan setelah penjualan dan lain sebagainya.

Sales adalah proses yang memiliki jangka waktu pendek. Sales berdasarkan transaksi dan bertujuan untuk memaksimalkan  itu dalam jangka waktu yang pendek. Sedangkan marketing memiliki proses jangka waktu panjang.  Dimana fokus pada  manajemen pelanggan serta  usaha untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan.

Perbedaan Strategi  Sales dan Marketing

Sales menggunakan teknik promosi harga, diskon,  tawaran spesial / khusus untuk melakukan penjualan produk. Marketing menggunakan teknik hubungan  pelanggan yang terorganisir dan terintegrasi dengan kebutuhan pelanggan.

Aktivitas sales berdasarkan kebutuhan pelanggan. Sales menggunakan push strategy atau strategi mendorong, dimana sales akan menjual produk ke segmen pasar yang relevan dengan produk untuk mendapatkan calon pembeli dan pembeli. Jadi sales memaksakan menjual produk  terhadap pembeli. Sales dalam prosesnya  berhubungan dengan penjualan produk dengan pertimbangan yang memadai artinya penjualan produk  dengan harga tertentu ke pembeli dengan pertimbangan yang memadai terlebih dahulu.

Aktivitas marketing berdasarkan kebutuhan media. Marketing menggunakan pull strategy atau strategi menarik, dimana marketing akan membangun daya tarik terhadap produk melalui  berbagai media  sehingga calon pembeli dan pembeli datang sendiri untuk membeli.  Jadi  pembeli akan datang sendiri, karena memang membutuhkan produk tersebut. Marketing dalam prosesnya  mencakup identifikasi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.

Perbedaan Aturan Prinsip Sales dan Marketing

Sales menggunakan aturan prinsip Caveat Emptor atau let buyer beware yang artinya pembeli sendiri yang harus memeriksa  kualitas dan daya tahan produk sebelum melakukan pembelian. Sedangkan, marketing menggunakan aturan prinsip Caveat Vendor atau let seller beware yang artinya produsen harus berhati-hati sendiri seperti harus memeriksa  kualitas, daya tahan produk dan mengedukasi pasar  tentang produk yang akan dijual sebelum melakukan penjualan.

Perbedaan Tahapan Proses Sales dan Marketing

Tahapan sales  secara umum dalam melakukan penjualan yaitu pencarian calon pembeli, menemukan calon pembeli yang berpotensi atau prospecting, pendekatan pada calon pembeli,  demonstrasi produk,  usulan dan penanganan keluhan, terjadi penjualan atau closing, menindaklanjuti penjualan atau follow up, dan pembelian berulang atau mengajak orang lain juga melakukan pembelian.

Proses marketing dimulai dengan  mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, memenuhi kebutuhan  itu untuk mendapatkan keuntungan dengan membuat, berkomunikasi,  dan menyampaikan penawaran  harga yang menarik, hal tersebut bernilai untuk pelanggan.

Tahapan Marketing

Riset :mengumpulkan data untuk mengetahui pasar dan pelanggan dengan lebih baik

Segmentasi : membagi pelanggan menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan karakteristik yang mirip dan mewakili kelompok tersebut yang disebut segmen

Target : fokus segmen yang memerlukan penawaran produk yang ingin dijual

Posisi : membedakan produk mu dengan kompetitor seperti preposisi penjualan yang unik

Strategi : membuat strategi untuk 4P yaitu produk,  price / harga, place / tempat,  dan promosi.

Implementasi : mengimplementasikan strategi terbaik dari semua strategi yang ada

Penilaian : menilai hasil dengan melakukan perbandingan.

Itulah Perbedaan Sales dan Marketing. Terima kasih telah membaca di semuatahu.web.id dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar