semuatahu.web.id – Perbedaan Sales dan Marketing. Sales dan marketing meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan pendapatan perusahaan tapi keduanya berbeda dalam fungsi serta proses mencapai hal tersebut. Sales adalah istilah yang merujuk pada kegiatan menukar produk atau layanan perusahaan dengan uang dari pembeli. Sedangkan marketing adalah istilah yang merujuk pada kegiatan yang dimulai dengan riset pasar dan diakhiri dengan kepuasan konsumen.
Fokus tujuan akhir keduanya berbeda, sales memiliki tujuan akhir untuk menawarkan produk atau layanan perusahaan kepada konsumen dengan cara menyakinkan calon pembeli untuk membelinya. Sedangkan fokus marketing adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, permintaan konsumen sehingga bisa memuaskan konsumen dan perusahaan tetap bisa mendapatkan keuntungan. Sales lebih ke arah sesuatu yang berdasarkan transaksi, sedangkan marketing lebih ke arah untuk mencapai memenangkan hati calon pembeli dan membuat pembeli menjadi pelanggan.
Perbedaan Pengertian Sales dan Marketing
Pengertian sales adalah proses menjual produk yang ditawarkan kepada calon pembeli di harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Sales terkait dengan aliran produk ke pembeli. Sales adalah tujuan utama semua perusahaan. Semua kegiatan perusahaan mengarah untuk meningkatkan sales. Pada dasarnya sales merupakan kegiatan-kegiatan yang menghasilkan penjualan apa yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan dalam periode waktu tertentu dengan meyakinkan calon pembeli membeli produk perusahaan akan menguntungkan bagi mereka.
Setiap perusahaan memiliki bagian sales produk atau layanan yang biasanya dibagi menjadi tim yang berbeda berdasarkan oleh wilayah geografisnya dimana tim itu akan menawarkan produk atau layanan, berdasarkan produk atau layanan yang harus dijual dan target pelanggan dimana produk atau layanan itu harus ditawarkan.
Tiap masing-masing tim sales memiliki target volume penjualan yang berbeda berdasarkan bulan, kuartal dan tahunan yang harus dicapai. Untuk meningkatkan penjualan, penawaran spesial seperti kupon, hadiah gratis, diskon dan lain sebagainya diberikan untuk menarik minat dan mengajak calon pembeli untuk melakukan pembelian produk atau layanan.
Pengertian marketing adalah memahami kebutuhan pelanggan dengan berbagai cara agar saat setiap ada produk baru, produk itu bisa laku dengan sendirinya. Marketing adalah proses yang meliputi kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Marketing terkait dengan yang memfasilitasi aliran produk ke pembeli.
Marketing artinya menciptakan minat target audience terhadap penawaran perusahaan. Semua tindakan yang berupaya untuk mendapatkan perhatian calon pembeli terhadap penawaran perusahaan dan mempertahankan pelanggan, semua termasuk marketing. Marketing yang meliputi analisis pasar, pengembangan produk, promosi, metode distribusi, sales, dan pelayanan setelah pembelian.
Apapun strategi atau aktivitas yang diterapkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan target pelanggan, demi untuk mengajak mereka membeli penawaran perusahaan disebut dengan marketing. Marketing tentang bagaimana menyampaikan penawaran, bagaimana mengkomunikasikan nilai penawaran untuk target audien dan kenapa pelanggan harus membeli produk tersebut dibandingkan semua pilihan yang ada di pasaran. Promosi penawaran produk melalui iklan melalui berbagai macam media seperti koran, televisi, pamflet, sosial media dan lain sebagainya.
Perbedaan Tujuan Sales dan Marketing
Tujuan utama sales adalah memaksimalkan keuntungan dari memaksimalkan penjualan produk. Tujuan sales mengajak calon pembeli agar menjadi pembeli produk yang ditawarkan.
Tujuan utama marketing adalah memaksimalkan keuntungan dari meningkatkan kepuasan pelanggan dan pangsa pasar yang dimiliki. Tujuan marketing untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan membuat produk yang memuaskan kebutuhan pelanggan.
Perbedaan Kemampuan Sales dan Marketing
Demi tujuan mendapatkan penjualan maksimal, orang sales haruslah pandai berkomunikasi dan memiliki kemampuan membujuk untuk menyakinkan keuntungan membeli produk atau layanan secara efektif serta menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pembeli. Sedangkan kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan marketing adalah kemampuan analisa dan kejelian.
Perbedaan Orientasi Sales dan Marketing
Sales berorentasikan pada produk, Orang sales berfokus pada peningkatan jumlah penjualan produk. Sales pendekatan sebagian atau Fragmented approach artinya menekankan pada pendekatan untuk menjual seluruh produk yang ada. Fokus sales yang dibutuhkan perusahaan.
Marketing berorentasikan pada pelanggan, semua kegiatan promosi yang dilakukan bertujuan untuk berfokus pada target pelanggan. Marketing menggunakan pendekatan terintegrasi atau integrated approach yang menekankan pada kebutuhan pelanggan dan menyediakan produk yang dibutuhkan pelanggan. Fokus marketing adalah kebutuhan pasar.
Sales melihat pelanggan sebagai rantai terakhir dalam penjualan produk, jadi pertama pembuatan produk dan lalu menjualnya ke pelanggan. Sebaliknya dari sudut pandang marketing, pelanggan diberikan prioritas. Pelanggan oleh pihak marketing, perlu diidentifikasi dan setelah berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan.
Perbedaan Target Sales dan Marketing
Sales fokus pada hubungan individu seperti interaksi langsung dengan pelanggan dan mengajak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Berbeda dengan marketing berfokus pada masyarakat umum seperti membuat nilai produk untuk meningkatkan penjualan.
Target Sales adalah perorangan atau kelompok kecil. Ruang lingkup tugas sales adalah menjual produk. Target marketing adalah masyarakat umum. Ruang lingkup tugas marketing adalah pengiklanan, sales, riset, kepuasan pelanggan, pelayanan setelah penjualan dan lain sebagainya.
Sales adalah proses yang memiliki jangka waktu pendek. Sales berdasarkan transaksi dan bertujuan untuk memaksimalkan itu dalam jangka waktu yang pendek. Sedangkan marketing memiliki proses jangka waktu panjang. Dimana fokus pada manajemen pelanggan serta usaha untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan.
Perbedaan Strategi Sales dan Marketing
Sales menggunakan teknik promosi harga, diskon, tawaran spesial / khusus untuk melakukan penjualan produk. Marketing menggunakan teknik hubungan pelanggan yang terorganisir dan terintegrasi dengan kebutuhan pelanggan.
Aktivitas sales berdasarkan kebutuhan pelanggan. Sales menggunakan push strategy atau strategi mendorong, dimana sales akan menjual produk ke segmen pasar yang relevan dengan produk untuk mendapatkan calon pembeli dan pembeli. Jadi sales memaksakan menjual produk terhadap pembeli. Sales dalam prosesnya berhubungan dengan penjualan produk dengan pertimbangan yang memadai artinya penjualan produk dengan harga tertentu ke pembeli dengan pertimbangan yang memadai terlebih dahulu.
Aktivitas marketing berdasarkan kebutuhan media. Marketing menggunakan pull strategy atau strategi menarik, dimana marketing akan membangun daya tarik terhadap produk melalui berbagai media sehingga calon pembeli dan pembeli datang sendiri untuk membeli. Jadi pembeli akan datang sendiri, karena memang membutuhkan produk tersebut. Marketing dalam prosesnya mencakup identifikasi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
Perbedaan Aturan Prinsip Sales dan Marketing
Sales menggunakan aturan prinsip Caveat Emptor atau let buyer beware yang artinya pembeli sendiri yang harus memeriksa kualitas dan daya tahan produk sebelum melakukan pembelian. Sedangkan, marketing menggunakan aturan prinsip Caveat Vendor atau let seller beware yang artinya produsen harus berhati-hati sendiri seperti harus memeriksa kualitas, daya tahan produk dan mengedukasi pasar tentang produk yang akan dijual sebelum melakukan penjualan.
Perbedaan Tahapan Proses Sales dan Marketing
Tahapan sales secara umum dalam melakukan penjualan yaitu pencarian calon pembeli, menemukan calon pembeli yang berpotensi atau prospecting, pendekatan pada calon pembeli, demonstrasi produk, usulan dan penanganan keluhan, terjadi penjualan atau closing, menindaklanjuti penjualan atau follow up, dan pembelian berulang atau mengajak orang lain juga melakukan pembelian.
Proses marketing dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, memenuhi kebutuhan itu untuk mendapatkan keuntungan dengan membuat, berkomunikasi, dan menyampaikan penawaran harga yang menarik, hal tersebut bernilai untuk pelanggan.
Tahapan Marketing
Riset :mengumpulkan data untuk mengetahui pasar dan pelanggan dengan lebih baik
Segmentasi : membagi pelanggan menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan karakteristik yang mirip dan mewakili kelompok tersebut yang disebut segmen
Target : fokus segmen yang memerlukan penawaran produk yang ingin dijual
Posisi : membedakan produk mu dengan kompetitor seperti preposisi penjualan yang unik
Strategi : membuat strategi untuk 4P yaitu produk, price / harga, place / tempat, dan promosi.
Implementasi : mengimplementasikan strategi terbaik dari semua strategi yang ada
Penilaian : menilai hasil dengan melakukan perbandingan.
Itulah Perbedaan Sales dan Marketing. Terima kasih telah membaca di semuatahu.web.id dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.