Apa saja mengenai Analisis SWOT!

By | January 12, 2020

semuatahu.web.id –  Apa saja mengenai Analisis SWOT! Mungkin, kamu yang belajar membuat proposal perdagangan atau proposal kerjasama keuntungan? Biasanya, kamu harus mencantumkan Analisis SWOT di dalamnya. Baiklah, supaya kita semua paham sepenuhnya mengenai Analisis SWOT, yuk, langsung baca di bawah ini:

Analisis SWOT adalah metode pertimbangan yang strategis dan digunakan untuk menganalisa kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) lalu ada juga ancaman (Thread). Nah, inilah yang sesungguhnya membuat akronim SWOT.

Analisis SWOT merupakan analisis yang sangat sederhana yang dibuat oleh Albert Humphrey sekitar tahun 1960an atau 1970an. Albert Humphrey merupakan orang yang memimpin riset pada Standford University. Bayangkan, dengan hebatnya dan kerennya dia berinisiatif mengumpulkan data-data dari perusahaan.

Analisis SWOT ini terbagi menjadi dua bagian, internal dan eksternal. Nah, yang mana yang eksternal, Kak? Lalu, yang mana yang internalnya? Ini dia, kalian baca baik-baik ya. Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan) masuk ke dalam bagian yang internal. Mengapa? Karena kekuatan dan kelemahan dalam usahamu, kamu kontrol sendiri, ya. Kamu bisa memilih siapa yang akan jadi tim-mu? Apa yang akan kau buat? Atau, apa yang akan kau rancang? Nah, karena kamu mampu mengendalikannya, strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) menjadi bagian dari internal, paham, kan?

Jika strength dan weakness adalah bagian internal dalam Analisis SWOT maka, bagian eksternalnya adalah Opportunity (peluang) dan Thread (ancaman). Mengapa demikian? Yap, betul sekali, kamu tidak salah kalau menjawab, karena Strength dan Weakness adalah internal, tapi jawaban tepatnya adalah, karena kamu tidak bisa mengendalikan peluang dan ancaman ini, lho. Tentu saja, pasar mana yang bisa mengendalikan peluang? Kalian tidak bisa mengontrol orang lain. Tunggu, jangan takut, kamu harus bisa meggunakan peluang dan ancaman ini dengan baik. Kamu bisa melindungi bisnis atau pasarmu dari ancaman dan mendapatkan keuntungan terbesar dari memanfaatkan peluang.

Mungkin, kamu merasa kesulitan atau repot karena berpikir ‘Buat apa sih, pakai Analisis SWOT, kan, saya juga sudah mengerti ke depannya, bagaimana bisnis saya?’ Iya, memang betul, tapi dengan adanya Analisis SWOT semua akan menjadi teratur, rapi dan rinci. Analisa SWOT akan memaksamu memandang bisnis dengan cara yang baru. Kamu tentu tidak ingin mengalami kerugian dalam berbisnis. Jadi, mari simak sepenuhnya mengenai Analisis SWOT.

Langkah-langkah memulai Analisis SWOT.

Ini adalah langkah paling dasar sebelum menganalisa semuanya, kamu harus membuat analisa, tidak perlu sepanjang hari, satu atau dua jam saja sudah cukup. Pilih satu orang yang akan mewakili tim dari setiap bagian. Lalu, kumpulkan semua perwakilan itu ke dalam sebuah tim. Diskusikan sebuah masalah, anda akan menemukan prespektif yang berbeda dari masalah yang sama. Sama seperti saat kamu menceritakan masalahmu ke teman, satu masalah, berbagai tanggapan. Ini benar-benar membawamu ke dalam keberhasilan Analisis SWOT.

Lalu, tulis semua ide-ide itu ke dalam kertas dan tempel di dinding, pilih yang paling baik. Nah, setelah itu kamu akan terbiasa membuat ide-ide, ini menjadi perkembangan yang baik untuk pembuatan Analisis SWOT.
Buat pertanyaan-pertanyaan yang mendukung.

Mari, dari semua kepanjangan Analisis SWOT ini.

Buat masing-masing kategori dan pertanyaan untuk setiap kategorinya. Ini benar-benar memudahkan untuk kamu semua.

Strength ( Kekuatan)

Daftar pertanyaan yang kamu buat itu, berhubungan dengan apa kuatnya bisnis kamu, apa yang spesial dari bisnis kamu.

• Apa yang akan menjadi bisnismu?
• Mengapa kamu akan membuka bisnis itu?
• Bagaimana kamu akan mengelola bisnis itu?
• Dimana kamu akan buka bisnis itu?
• Potongan harga atau produk apa yang bisa kamu berikan agar menarik minat khalayak umum?
Nah, kira-kira, seperti itulah pertanyaan untuk kekuatan. Ini bisa menjadi awal pertimbangan untuk pekerjaanmu.

Weakness (Kelemahan)

Kalau yang tadi kamu buat mengenai kekuatan, kali ini kita bahas kelemahannya.

• Apakah ada perselisihan antar anggota tim Anda?
• Apakah tim-mu membuat kesalahan?
• Apakah anda kekurangan dana?

Opportunity (peluang)

Kamu harus melihat peluang apa yang bisa kamu dapatkan.

• Apakah bisnismu berkembang?
• Apakah ada tren yang cocok agar bisnismu menarik banyak pasang mata?
• Apakah ada acara atau event yang bisa mengembangkan bisnismu?
• Jika bisnis milkimu sukses, apakah itu menandakan para pembeli membutuhkan produk dari bisnis mu?

Thread (Ancaman)

Hanya tinggal membahas ancaman, ya. Ini dia pertanyaan untuk ancaman. Ancaman adalah bagian eksternal yang tidak bisa anda kendalikan. Jadi, harus selalu waspada.

• Apakah ada pesaing potensial lainnya di sekitar bisnismu?
• Apakah pesaingmu lebih banyak pelanggan?
• Apakah pemberi bahan baku kepadamu akan selalu tersedia untukmu?
• Apakah harga bahan bakunya akan selalu sesuai dengan kemauanmu?
• Bisakah teknologi menganggu bisnismu nanti?
• Adakah tren pasar yang tidak sesuai atau bertolak belakang dengan bisnismu?

Nah, itulah daftar pertanyaan yang benar-benar membantumu dalam Analisis SWOT. Sekarang, karena kamu sudah mengetahui bagaimana model pertanyaan untuk memudahkanmu membuat Analisa SWOT. Belum, jangan berhenti baca dulu, ya. Masih ada yang harus kami berikan kepada kalian, agar kalian mengerti sepenuhnya mengenai Analisa SWOT.

Biasanya, akan lebih mudah paham jika kamu melihat contohnya, kan?
Ini dia, pahami, ya, contohnya. Semoga ini membantumu lebih paham, ya.

Contoh Analisis SWOT :

Restoran Mie Ayam Andi Gila. Rencananya, ia ingin membuka restoran mie ayam, karena Andi hanya punya kemampuan dalam membuat mie ayam, ia juga ingin usahanya lebih besar, karena Andi termasuk sebagai orang yang sudah tua, tulangnya tidak mampu menahannya berkeliling setiap hari, mencari tempat yang ramai untuk mangkal berjualan mie ayam. Maka, karena itulah ia ingin membuka restoran.

Dia sudah membuat rincian Analisis SWOT nya bersama teman, begini rinciannya.

Strength (kekuatan):

• Lokasi yang dipilih Andi bersebrangan dengan pusat perbelanjaan, sehingga tentunya lokasinya ramai.
• Tempat yang disewanya untuk berjualan bersih.
• Mie ayam yang dijualnya mempunyai rasa yang unik.
• Harganya murah.

Weakness (kelemahan):

• Tempatnya sedikit kecil.
• Di dekat tempatnya ada banyak pengamen.
• Karena tertutup gedung, tempatnya sedikit gelap.

Opportunity (peluang)

• Namanya yang unik membuat orang penasaran.
• Mie yang dijual lengkap, berbagai ukuran.
• Berkualitas.
• Buka sampai malam hari.

Thread (ancaman)

• Ada pedagang mie yang lain.
• Orang orang tidak terlalu suka makan di tempat yang redup.
• Bosan makan mie.
• Mie merupakan bahaya bagi banyak orang.

Jadi, karena semua itu Andi mempertimbangkan semuanya dengan Analisis SWOT, dia benar-benar berterima kasih kepada temannya yang membantu, karena semuanya jadi terasa lebih mudah dengan adanya Analisis SWOT.
Nah, gimana, para pembisnis? Apakah ini menarik hatimu untuk membuat Analisis SWOT sebelum membuka sebuah usaha dan mempertimbangkannya baik-baik? Mari kita berbisnis bersama? Kalau bukan kita, siapa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *