Inilah Asal Muasal Arti Noob

By | December 17, 2019

semuatahu.web.id – Asal Muasal Arti Noob. Anda pasti pernah mendengar kata “noob”. Kata “noob” itu sendiri sering disebut dalam game seperti game online dan di jejaring media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Apalagi dengan semakin luas dan mudahnya penggunaan internet, kata noob menjadi sangat cepat terkenal. Sekarang kata noob bahkan tidak lagi ada di dunia maya, tetapi kata ini juga sudah digunakan di dunia nyata.

Tahukah Anda tentang arti noob itu sendiri? Noob atau Nub sebenarnya adalah kata serapan dari bahasa Inggris. Diambil dari kata Newbie yang artinya adalah seorang pemula. Kata noob adalah istilah slang dari kata newbie yang sering digunakan anak muda untuk merujuk kepada orang baru atau tidak memiliki pengalaman sama sekali dalam bidang atau kegiatan tertentu, terutama game. Kata noob sering ditulis dengan n00b di game online. Penggunaan kata noob pada awalnya lebih sering digunakan dalam aktivitas yang merujuk pada penggunaan internet seperti pengguna komputer baru untuk game online.

Tetapi sekarang penggunaannya dapat dikatakan tidak hanya merujuk pada konteks itu saja tetapi telah meluas bahkan ke kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan internet sama sekali. Dalam bermain game online, jika seseorang mendapat julukan sebagai noob maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut adalah seseorang yang baru saja mencoba permainan dan belum memiliki kemampuan apa pun.

Meskipun kata noob pada awalnya hanya mewakili pemula dalam permainan, tetapi sekarang arti noob lebih mengacu pada kiasan bagi mereka yang tidak bisa bermain dengan baik meskipun mereka tidak lagi pemula dalam permainan. Jadi orang-orang yang biasanya mendapatkan gelar noob dipandang sebagai pemain yang lemah, kacau, keras kepala, tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan egois. Jadi penggunaan kata noob sekarang tidak hanya terbatas pada game online tetapi meluas ke media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Sejarah penggunaan kata noob

Sejarah awal penggunaan kata noob sebenarnya masih belum terlalu jelas. Awalnya kata noob berasal dari kata bahasa Inggris, Newbie. Diperkirakan bahwa pertama kali mulai digunakan dalam bahasa sehari-hari adalah pada tahun 1850 di Amerika Serikat dan Australia. Pada saat itu arti noob lebih ditafsirkan atau ditujukan untuk mereka yang baru saja melompat atau pemula di bidang atau tempat tertentu.

Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa kata newbie sebenarnya berasal dari sekolah umum di Inggris dalam rentang tahun yang sama. Kata newbie yang digunakan di sekolah-sekolah di Inggris lebih menarik atau merujuk pada siswa baru atau generasi baru. Kata ini dianggap sebagai bentuk kiasan atau kata slang untuk anak baru atau darah baru. Sekitar tahun-tahun antara 1960 dan 1970 ketika Perang Vietnam pecah, kata newbie banyak digunakan oleh tentara AS yang bertugas di sana sebagai bahasa gaul atau panggilan untuk anak-anak baru di unit unit.

Ada juga pendapat yang mengemukakan bahwa arti noob ini sering digunakan di kalangan Angkatan Laut Amerika Serikat dan panggilan noob itu diberikan kepada tentara muda yang baru saja bergabung dan akan dididik di sekolah dasar. Kata ini biasanya merupakan panggilan wajib dari generasi yang lebih tua. Kata newbie dan noob sendiri diperkirakan telah memasuki dunia internet sekitar tahun 1981 ketika penggunaan internet mulai berkembang. Penggunaan atau pengucapan kata newbie juga berbeda, ada yang menyebutkan newby, nubie, dan bahkan newbee.

Bagaimana, apakah Anda sudah memahami arti noob ini? Sebaiknya Anda tidak mengajak bicara seorang noob ini ya, karena mereka cenderung akan merusak suasana, bahkan merusak aliran permainan yang bisa membuat party atau tim menjadi kalah. Kadang seorang noob ini juga sama sekali tidak peduli dengan kesalahannya, sehingga jarang orang yang mau satu tim dengannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *