Fungsi Iklan dalam Usaha Anda

By | December 17, 2019

semuatahu.web.id – Fungsi Iklan dalam Usaha Anda sangat penting untuk mendukung kesuksesan usaha anda. Iklan menjadi hal yang sering kita dengar dan kita lihat. Iklan banyak kita temui sehari-hari, bisa kita sadari atau tidak tiap hari kita terpapar pada berbagai iklan.

Iklan menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti:

1. Berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
2. Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di media massa.
Dari pengertian diatas jelaslah, kehadiran sebuah iklan bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat luas. Dengan tujuan membujuk masyarakat agar mau mengambil tindakan membeli atau menggunakan, barang atau jasa tersebut.

Ada beberapa tujuan beriklan yaitu:

1. Meningkatkan kesadaran para penerima pesan, mengenai informasi sebuah produk, pada sebuah usaha.
2. Secara tidak langsung memberikan stimulus pada otak penerimaan pesan. Meningkatkan rasa suka dan tertarik membeli produk maupun jasa yang ditawarkan. Memberikan sebuah persepsi mengenai produk melalui iklan yang ditayangkan.
3. Meyakinkan penerimaan pesan tentang kebenaran segala hal yang disarankan dalam sebuah iklan. Lalu mengajak konsumen melakukan pembelian produk.

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan, Fungsi Iklan sebagai berikut :

1. Informasi

Iklan dapat memberikan informasi mengenai sebuah produk atau jasa dalam sebuah bisnis maupun usaha. Menciptakan sebuah brand dalam sebuah bisnis.

2. Persuasif

Ikan digunakan untuk membujuk penerimaan pesan/ konsumen mengenai sebuah brand, agar selanjutnya membeli brand yang ditawarkan.

3. Reminding

Iklan digunakan untuk terus mengingatkan konsumen mengenai sebuah produk ataupun jasa. Sehingga meningkatkan minat untuk membeli maupun menggunakan produk tersebut.

4. Adding Values

Iklan dapat berfungsi memberikan nilai tambah terhadap sebuah brand. Iklan yang menarik akan membuat sebuah brand diingat dan diinginkan oleh konsumen.

5. Assisting

Iklan dapat menjadi sarana komunikasi antar produsen dan konsumen. Melalui iklan produsen menceritakan tidak hanya produk, tetapi juga kesan terhadap sebuah perusahaan. Iklan yang baik dapat merepresentasikan perusahaan kepada konsumen.

Sudah jelas sekarang, Fungsi Iklan merupakan suatu yang penting untuk mengenal produk. Memperlihatkan kelebihan sebuah produk dibandingkan produk sejenis lainnya. Secara terus menerus mengingatkan konsumen mengenai sebuah produk melalui alam bawah sadarnya.

Iklan menjadi sebuah alat komunikasi kepada konsumen yang bersifat persuasif. Melalui pesan yang edukatif tentang sebuah brand. Meningkatkan kesadaran konsumen sehingga berakhir dengan pembeli produk.

Iklan sebagai media promosi, harus bisa sampai kepada konsumen sebanyak-banyaknya. Untuk itu dibutuhkan media yang bisa diakses oleh banyak orang. Pemilihan media untuk berikan bisa bermacam-macam. Diantaranya :

1. Iklan televisi

Setiap stasiun televisi menyediakan waktu khusus untuk iklan, disela-sela siaran televisinya. Makin tinggi rating acara televisi yang ditayangkan, makin mahal agar biaya iklan yang ditawarkan. Fungsi Iklan akan cepat tercapai karena jumlah penerima pesan banyak.

2. Billboard

Iklan yang satu ini sering kita jumpai di pinggir jalan. Sebuah papan besar yang berisi produk dari sebuah perusahaan. Tujuannya agar semua yang lewat di jalan itu akan melihat dan membaca iklan tersebut.

3. Iklan Baris

Iklan ini biasa terdapat di surat kabar, berupa rangkaian kalimat yang ditulis berbaris. Ditulis dengan kata-kata singkat. Untuk memasang iklan ini anda bisa mendatangi kontor redaksi surat kabar tersebut.

4. Media sosial

Hampir semua orang menggunakan media sosial, sehingga beriklan di media ini menjadi sarana yang efektif. Promosi produk anda akan banyak dilihat orang, sehingga bisa meningkatkan jumlah pembeli.
Iklan memiliki banyak media yang bisa digunakan sebagai sarana promosi. Sehingga Fungsi Iklan akan cepat tercapai. Anda tinggal memilih sarana beriklan yang tepat untuk usaha Anda. Selamat beriklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *