Begini Cara Cek Kode Booking Pesawat

By | March 25, 2020

Begini Cara Cek Kode Booking Pesawat – Melakukan perjalanan menggunakan pesawat merupakan hal lumrah. Proses perjalanan yang menjadi lebih singkat adalah alasan utamanya. Di dalam negeri sendiri, sudah banyak maskapai yang melayani penerbangan lokal dan untuk pemesanan tiketnya bisa dilakukan secara online maupun offline.

Bahkan, untuk jaga-jaga agar tidak kehabisan tiket, Anda bisa memesannya jauh-jauh hari. Setelah melakukan pemesanan, biasanya Anda akan mendapatkan tiket dan di sana Anda bisa melihat PNR (Passenger Name Record) atau kode booking. Kode tersebut untuk menunjukkan informasi tentang data penumpang disertai jadwal keberangkatan.

Masih ada manfaat lain dari kode booking pesawat ini, di mana kode tersebut.bisa digunakan apabila tiket yang telah Anda simpan, hilang. Namun, untuk menjaga gagal berangkat hanya karena kesalahan data, ada baiknya Anda cek terlebih dahulu kode bookingnya setelah tiket dipesan. Dan Anda mengeceknya melalui website maskapai penerbangan yang Anda pilih. Lantas bagaimana cara melakukan pengecekan kode booking pesawat yang benar, ini dia penjelasannya.

Garuda Indonesia

Cara cek kode booking pesawat Garuda Indonesia yang telah Anda pesan cukup mudah. Setelah Anda membuka situs resminya, maka pilih menu dan tekan tombol ‘Perjalanan Saya’ kemudian masukkan kode booking dibagian ‘Manage My Booking’.

Selanjutnya pilih ‘Cek’ dan tak perlu wakru lama, Anda akan melihat data penumpang yang telah melakukan pemesanan tiket disertai dengan pilihan untuk melakukan cetak tiket atau kirim ulang tiket melalui email yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Air Asia

Selanjutnya, jika Anda menggunakan Air Asia sebagai alat transportasi udara yang akan Anda gunakan. Maka beginilah cara mengecek kode bookingnya. Setelah Anda membuka websitenya, pilih menu dan klik ‘Web Check-In’ kemudian pada menu dropdown pilihlah “Cetak Ulang Boarding Pass’.Di sana Anda akan diminta untuk  memasukkan nama kota yang digunakan sebagai titik keberangkatan yang sesuai dengan tiket yang telah dipesan.

Kemudian masukkan kode booking disertai dengan mengisi nama keluarga. Selanjutnya tekan ‘Buka’ dan Anda akan melihat data penumpang serta pilihan cetal atau permintaan kirim kembali tiket ke email Anda. Itulah cara cek kode booking pesawat bila menggunakan Air Asia.

Lion Air Group

Ada banyak maskapai yang tergabung dalam manajemen Lion Air Group, seperti Lion Air Batik Air, Thai Lion Air, Wings Air dan juga Malindo Air. Adapun kode-kode yang digunakan oleh masing-masing maskapai adalah JT untuk Lion Air, ID untuk Batik Air, kemudian SL untuk Thai Lion Air, IW untuk Wings Air serta OD untuk Malindo Air.

Untuk cek kode booking pesawat dari maskapai-maskapai tersebut, Anda tinggal membuka situs resminya Lion Group kemudian pilih ‘Layanan Pemesanan’ atau ‘Rincian Pemesanan’. Lalu masukkan kode booking pada kolom ‘Retrieve Booking’ disertai dengan tanggal keberangkatan. Tekan tombol ‘Lanjut’ dan Anda akan melihat data penumpang dilengkapi dengan pilihan untuk cetak atau kirim kembali tiket ke email.

Sriwijaya Air

Cara cek kode booking pesawat lainnya yang juga bisa dilakukan dengan mudah, seperti Sriwijaya Air misalnya. Anda cukup mengunjungi situsnya. Kemudian lihat pada bagian sisi kirinya dan pilih menu ‘Lihat Booking Saya’ lalu masukkan kode booking dan tekan tombol ‘Cari Pemesanan Saya’.

Selanjutnya Anda bisa melihat data penumpang yang akan melakukan penerbangan disertai pilihan untuk cetak tiket pesawat atau kirim kembali tiket ke email Anda.

Itulah cara cek kode booking pesawat, dimulai dari Garuda Indonesia, Air Asia dan Lion Air Group. Semua prosesnya hampir sama dan sama sekali tidak sulit. Namun jika Anda enggan melakukannya sendiri, bisa juga meminta bantuan call center atau customer service dari masing-masing maskapai penerbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *