Ketahui Fungsi Kasur Bayi Sebelum Menggunakannya

semuatahu.web.id – Ketahui Fungsi Kasur Bayi Sebelum Menggunakannya.  Tempat tidur atau kasur merupakan salah satu benda yang cukup penting bagi setiap orang tak terkecuali bayi. Pada benda ini bayi bisa ditidurkan dengan tenang dan nyaman sehingga tidak harus selalu digendong oleh sang ibu. Kasur tersebut juga digunakan untuk tempat bayi tidur saat malam hari.

Khusus untuk bayi tempat tidur tersebut biasanya dibuat dari bahan yang lebih aman dan nyaman seperti bahan latex dan sejenis busa. Bentuk dan jenisnya pun berbeda mulai dari kasur lipat, kasur kelambu, kasur anti air, dan lain sebagainya. Secara umum kasur memiliki daya tahan yang cukup baik dan sangat nyaman untuk digunakan oleh bayi yang sensitif.

Karena sifat bayi yang sensitif terhadap berbagai hal di sekitarnya maka Anda tidak bisa sembarangan untuk menggunakan kasur untuk tempat tidur bayi. Anda perlu memilih bahan berkualitas baik untuk bagian kasur ataupun kain pelindungnya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui fungsi kasur bayi terlebih dahulu agar bisa lebih mudah memilih jenisnya.

Memberi Kenyamanan Pada Bayi

Seperti yang sudah diulas sebelumnya kasur tersebut harus memberikan kenyamanan pada bayi karena memang fungsi dari kasur ini ialah memberikan kenyamanan bagi bayi yang belum bisa bergerak. Tidak selamanya bayi merasa nyaman berada dalam pangkuan ibunya atau orang-orang yang ada di sekitarnya.

Sang ibu pun tidak harus selalu menggendong sang bayi terutama jika bayi sudah tertidur pulas. demi mendukung kenyamanan bayi maka kasur yang dipilih harus tepat dari segi bahan dan juga bentuk. Dengan begitu, fungsi kasur bayi bisa dirasakan dengan sangat baik dan tidak mengganggu kenyaman sang bayi yang membuatnya mudah rewel dan tantrum.

Sterilisasi dari Orang atau Benda

Fungsi dari kasur bayi lainnya ialah untuk sterilisasi terhadap bayi dari orang ataupun benda di sekitarnya. Jika bayi ditempatkan pada satu tempat yang sama yaitu kasur khusus untuk bayi maka tempat tersebut bisa lebih steril dan tidak terkontaminasi oleh udara bahkan kuman yang ada di sekitarnya.

Jika ditempatkan pada tempat tidur yang sama dengan orang tuanya maka tingkat sterilisasinya tidak begitu terjamin mengingat aktivitas orang dewasa bisa lebih banyak sehingga banyak tempat yang akan dilaluinya. Otomatis kuman atau bahkan virus juga bisa berpotensi untuk terbawa dan mengendap pada bagian tempat tidur sehingga fungsi kasur bayi bisa menghindarkan dari hal tersebut.

Melindungi dari Nyamuk atau Serangga

Fungsi lainnya dari penggunaan tempat tidur untuk bayi ialah melindungi dari nyamuk atau serangga. salah satu jenis kasur bayi yang menggunakan kelambu pada bagian atasnya sehingga bayi bisa lebih tertutup pada saat tidur di tempat tidur tersebut. Kelambu tersebut bisa ditutup untuk melindungi dari serangan nyamuk atau serangga lainnya.

Fungsi kasur bayi ini memang tidak begitu bisa dirasakan untuk setiap jenis kasur karena harus terdapat kelambu baik secara terpisah atau yang sudah satu paket. Kasur bayi tersebut biasanya berukuran sedikit lebih tinggi dan bisa dibuat lebih tertutup dibandingkan dengan kasur biasa. Hal ini tentu bisa memberikan perlindungan lebih baik bagi bayi.

Itulah beberapa fungsi dari tempat tidur atau kasur khusus bayi yang perlu Anda ketahui. Sebelum menggunakan atau membelinya Anda harus mengetahui dengan pasti bagaimana fungsi serta penggunaannya. Apalagi kasur tersebut hanya digunakan tidak lebih dari 1 tahun. untuk itu untuk menjaga keamanan bayi yang sensitif ketahui fungsi kasur bayi sebelum menggunakannya. Itulah penjelasan tentang Fungsi Kasur Bayi  . Terima kasih telah membaca di semuatahu dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar