Manfaat Penggunaan Pesawat Simulator

By | October 7, 2019

semuatahu.web.id – Ketahui Manfaat Penggunaan Pesawat Simulator. Simulai Penerbangan merupakan suatu sistem yang dikondisikan untuk penggunanya seperti sedang melakukan penerbangan yang nyata. Perbedaan sebuah alat simulator dengan simulasi dalam permainan komputer adalah dapat dilihat dari ukuran dari kabin pesawat atau disebut dengan kokpit serta keakurasian yang telah diolah seni teknologi komputer.

Menurut sejarah, pesawat simulator pertama di dunia dilakukan pada masa Perang Dunia I yang digunakan oleh US Army Air Corps atau Korps Penerbangan AD-US Air Force. Hal ini dilakukan setelah terjadi kasus kehilangan lima penerbang terbaiknya dalam penerbangan pos pada malam hari dan buruknya cuaca pada waktu itu.

Setelah kejadian tersebut, lalu terjadi kembali kasus Angkatan Laut Jepang atau disebut Japans Imperial Navy dan kasus lainnya di sekitar 35 negara yang berbeda tentang kejadian kecelakaan pesawat terbang yang tidak dapat didokumentasikan. Kasus kecelakaan tersebut menurut hasil investigasi disebabkan oleh kurang tangkasnya pilot dalam mengontrol atau pilot errors, mengoperasikan (Action errors) dan dalam mengendalikan (Decision error) juga menghadapi gangguan pesawat yang terjadi pada masa itu.

Maka dari itu, pada tahun 1915 dibuatlah alat pesawat simulator untuk penerbangan pertama kali, yang ditemukan oleh Edwin A. Link Jr. Tujuannya untuk menguji kecepatan reaksi terhadap ‘gangguan’ yang diberikan penguji saat digerakkan secara langsung dengan tangan dan didalamnya dilengkapi alat perekam gerakan untuk mencatat kecepatan reaksi para pilot.

Baca juga:  Simulasi Pesawat Menyenangkan

Di masa kini, simulasi untuk penerbangan sering diaplikasikan oleh banyak industri penerbangan dan dunia militer untuk melatih para calon pilot dan pilot. Selain itu juga untuk simulasi penanggulangan bencana dan pengembangan sebuah pesawat terbang yang baru serta diaplikasikan juga di dunia industri luar angkasa untuk pekerjaan penting. Pekerjaan penting tersebut misalnya untuk pengembangan, pengujian, dan verifikasi baik perangkat keras maupun perangkat lunak suatu pesawat maupun sebagai acuan pengembangan tampilan baru kokpit dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan awak pesawat.

Saat ini berbagai tipe pesawat simulator dijumpai dalam dunia penerbangan di dunia baik simulator Sipil maupun Militer. Indonesia sendiri dalam dunia militer menggunakan simulator F-16 yang dibuat Thomshon-CSF. Dan dengan perkembangan dari simulator ini, “mata dunia” penerbangan khususnya menjadi tahu bahwa pentingnya alat ini agar dapat menyelamatkan ribuan nyawa penerbang.

Baca juga: Sensasi Menjadi Pilot Melalui Pesawat Simulator

Dengan alat simulasi penerbangan ini, masyarakat dapat memiliki beberapa keuntungan dalam menghindari kecelakaan atau situasi-situasi tertentu antara lain ada 4 manfaat pesawat simulator :

– Dengan pesawat simulator ini, dari segi visual diharapkan manusia dapat mendeskripsikan maksud tertentu menjadi sebuah bentuk informasi yang mudah untuk dipahami.

– Dari segi animasi, nantinya diharapkan bahwa pesawat simulator ini menjadi media presentasi, informasi, juga media pelengkap bagi penggunanya.

– Dari segi simulasi, diharapkan pilot mampu mengaplikasikan alat yang digunakan ini untuk mensimulasikan kontrol atau fungsinya seperti layaknya pesawat terbang pada kenyataannya.

– Sebagai wahana untuk latihan atau learning curve para calon pilot dalam rangka pendidikan tentang peningkatan ketangkasan calon pilot dalam “mengoperatori” pesawat yang akan digunakan nanti.

Dari pembelajaran dalam simulasi ini akan didapatkan beberapa skenario yang akan dilakukan bila menghadapi masalah-masalah yang mungkin terjadi setelah disimulasikan pada pesawat simulator ini. Jadi kesiapan pilot dapat lebih teruji dan terasah dalam keadaan apa nantinya si pilot dapat melakukan pengambilan keputusan baik dalam situasi terbaik, biasa atau terburuk sekalipun. Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat alat simulasi pesawat atau penerbangan. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *