Simulasi Pesawat Menyenangkan

By | October 7, 2019

semuatahu.web.id – Mengenal Simulasi Pesawat yang Menyenangkan untuk Berbagai Kalangan. Alat simulator pesawat terbang secara sederhana dapat dijelaskan sebagai suatu alat canggih yang menggambarkan keadaan yang sama persis sebagaimana sebuah ruangan di dalam kokpit pesawat terbang tertentu. Alat ini biasanya digunakan untuk latihan para calon pilot sebelum mereka menerbangkan pesawat yang sebenarnya. Alat ini dilengkapi dengan layar besar yang dipasang di depan peserta untuk menggambarkan keadaan di bagian luar pesawat.

Posisi diatur sedemikian rupa sehingga berubah-ubah atau menampilkan latar dinamis sesuai dengan pergerakan pesawat terbang. Bahkan setiap tombol pada rangkaian simulasi pesawat ini benar-benar menggambarkan sebuah fungsi yang sama persis seperti pada pesawat pada kenyataannya.

Posisi pesawat terbang di angkasa, sehingga konsekuensi terburuk dari suatu kegagalan sistem adalah pesawat akan jatuh dan bisa dipastikan banyak memakan korban. Maka teknologi alat simulator pesawat terbang ini menjadi sangat urgen di dunia penerbangan khususnya bagi para calon pilot. Ini berbeda dengan mengendarai mobil, atau sepeda motor misalnya yang mana kedua kendaraan tersebut beroperasi di daratan, sehingga apabila kendaraan tersebut mogok maka tidak terlalu membahayakan.

Baca juga:  Ketahui Manfaat Penggunaan Pesawat Simulator

Praktek terbang dengan simulasi pesawat ini menjadi salah satu ujian bagi kelulusan calon penerbang. Bagi seorang pilot, untuk beralih menerbangkan pesawat jenis lainnya, maka ia pun harus melakukan tes terbang terlebih dahulu dengan alat simulator yang menjadi representasi dari pesawat tersebut.

Berbeda dengan sebuah mobil, instrumen pada pesawat terbang khususnya di dalam kokpit merupakan rangkaian instrumen yang sangat banyak, bahkan beberapa diantaranya memiliki suatu sistem cadangan untuk meminimalkan kegagalan saat terbang. Untuk itu, tahap pertama seorang pilot akan dikenalkan terlebih dahulu mengenai berbagai instrumen yang ada di dalamnya.

Kemudian mereka harus memahami pula tentang cara membaca flight manual yang tersimpan di kokpit. Meskipun pengetahuan ini sudah didapatkan pada materi-materi sebelumnya, namun tak ada salahnya merefresh apa-apa yang sudah didapatkan sekaligus sebagai upaya penggabungan antara teori dengan praktek yang sebenarnya.
Setelah itu, sebagai inti dari tes simulasi pesawat tersebut, para calon pilot akan diuji untuk menerbangkan pesawat tersebut baik dalam kondisi normal maupun dalam kondisi yang darurat.

Terbang dalam kondisi normal berarti terbang dengan asumsi kondisi pesawat terbang maupun lingkungan atau cuaca berada pada keadaan normal.Sedangkan terbang dalam kondisi darurat, dapat lebih dimisalkan dengan terbang dalam kondisi satu mesin dimatikan, atau terbang dengan keadaan cross wind di atas 25 knot. Semua harus ditempuh oleh para pilot di dalam alat simulator pesawat tersebut agar nantinya mereka benar-benar berpengalaman untuk profesi tersebut.

Baca juga: Sensasi Menjadi Pilot Melalui Pesawat Simulator

Tak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi bisa menciptakan kemudahan-kemudahan bagi manusia. Sebagai contohnya adalah teknologi yang diaplikasikan pada permainan bergengsi, yaitu Airplane simulator games. Barangkali game ini dapat menjembatani banyak orang yang penasaran dan kagum dengan profesi pilot yang bisa menerbangkan burung besi, sehingga ingin sekali mereka menjajalnya.

Inilah barangkali yang menginspirasi diciptakannya game simulasi pesawat atau airplane simulator games ini. Tidak hanya terkenal di kalangan remaja saja, namun anak-anak bahkan orang tua pun seolah tak kalah untuk ikut memainkannya.

Bayangkan saja, Anda seperti duduk di dalam area kokpit, dan juga menghadapi berbagai instrumen pesawat terbang, menerbangkan ke manapun Anda mau. Tentu saja itu menjadi kesenangan tersendiri bagi sebagian kalangan. Game simulasi pesawat ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitar Anda. Ada yang bisa mendapatkan secara gratis, namun tak sedikit pula yang menjual game ini dengan biaya tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *