Pengaruh Inflasi Terhadap Harga Emas

semuatahu.web.id –  Pengaruh Inflasi Terhadap Harga Emas. Kamu pemula yang mau investasi emas? Jika iya, sebelum terjun dan memulai investasi emas, sebaiknya kamu perlu memahami beberapa hal. Karena, ada beberapa aspek yang nantinya akan sangat berpengaruh pada naik turunnya harga emas. Seperti kondisi inflasi pada keadaan tertentu yang berimbas pada dinamika dari harga emas dunia. Lalu, apakah inflasi akan berdampak langsung pada harga emas? Apa saja sih pengaruh inflasi terhadap harga emas?. Kaitannya dengan inflasi maka kamu harus sedikit banyak memahami apa itu inflasi dan dampak atau pengaruhnya terhadap harga emas.

Meskipun secara fakta, harga emas dari waktu ke waktu mengalami kenaikan, tetap saja sebagai pemula kamu harus memiliki perhitungan sebelum memulai investasi emas. Salah satunya dengan memahami efek atau pengaruh inflasi pada harga emas global.

Hubungan Inflasi dan Emas

Sebelum kita jauh pada bahasan spesifik terkait pengaruh inflasi pada emas, perlu diketahui bahwa ada hubungan kuat antara inflasi dan emas. Inflasi identik sebagai istilah untuk menyebut kondisi kenaikan harga barang
maupun jasa secara terus menerus pada waktu tertentu. Inflasi berdampak pada nilai uang itu sendiri yang dari waktu ke waktu mengalami penurunan.

Contohnya, beberapa tahun silam, dengan uang Rp 100.000 maka kamu bisa membeli sebanyak 6 barang. Namun, pada tahun ini, uang tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli 3 barang saja. Itu menunjukkan bahwa nilai uang dari ke waktu akan turun karena adanya kondisi inflasi yang pergerakannya selalu naik.

Berbeda dengan emas. Komoditi yang seringkali menjadi aset paling menarik bagi para investor ini justru sama sekali tidak berubah. Misalnya, 2 tahun lalu saja 1 gram emas harganya Rp 700.000. Setelah dua tahun berikutnya, harga 1 gram emas naik menjadi Rp 882.000. Dari situ jelas bahwa inflasi berpengaruh pada emas dan nilai uang namun yang berbeda adalah dari segi nilai perbandingannya

Dampak Inflasi pada Nilai Emas

Sebelumnya, dari penjelasan di atas kita tahu bahwa nilai uang mengalami penurunan dari waktu ke waktu karena inflasi. Namun sebaliknya, harga emas justru mengalami kenaikan dari tahun ke tahun jika dikonversi dengan nilai uang dalam hitungan gram. Maka, pengaruh inflasi pada emas terjadi pada aspek :

1. Meningkatnya Grafik Penjualan Emas

Jelas, nilai jual emas yang selalu naik karena kini mulai banyak orang yang berinvestasi emas. Pengaruh inflasi pada harga emas lebih berkaitan pada menurunnya jumlah investor yang membeli saham emas di pasar global. Misalnya, inflasi terjadi pada kondisi tertentu, maka justru akan banyak orang yang menjual emas daripada membelinya. Begitu juga sebaliknya, nilai mata uang stabil maka akan banyak orang yang membeli emas karena harganya yang mengalami penurunan.

2. Harga Emas Mengalami kenaikan

Selain meningkatnya jumlah orang yang menjual emas, inflasi juga bisa berpengaruh pada kenaikan harga emas itu sendiri. Kenaikan harga emas akibat dari inflasi ini juga dipengaruhi karena banyaknya orang yang menjual atau membeli emas. Intinya, inflasi akan meningkatkan efek transaksi jual beli emas mengalami kenaikan, baik itu menjual atau membeli emas. Sehingga, secara tidak langsung akan memicu harga jual emas global.

Dari hal tersebut jelas bahwa kondisi grafik inflasi pada nilai mata uang, sebenarnya tak banyak berpengaruh pada harga emas. Justru, pengaruhnya pada grafik penjualan dan pembelian emas semakin tinggi yang berefek pada nilai emas yang ikut meningkat.

Itulah penjelasan tentang Pengaruh Inflasi Terhadap Harga Emas . Terima kasih telah membaca di semuatahu dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar