Pengertian Bisnis dari Berbagai Segi

By | December 22, 2019

semuatahu.web.id –  Pengertian Bisnis dari Berbagai Segi! Bisnis merupakan kata yang pastinya sering kita dengar di zaman milenium ini. Belum lagi, kemudahan berinternet bisnis dalam berbagai bentuk dan bidang mulai berjamur di mana-mana. Namun, meski sering menggunakan kata yang satu ini, tapi tidak semua orang tahu arti dari kata tersebut. Padahal bisnis sendiri memiliki arti yang berbeda-beda tergantung dari segi mana kita melihatnya.

Mulanya, pengertian bisnis memang disamakan dengan niaga. Itu karena keduanya diartikan sebagai kegiatan memperjualbelikan jasa atau barang untuk memperoleh suatu keuntungan. Apalagi hal ini diperkuat dengan kata ini yang sering digunakan dalam ilmu ekonomi. Di situ, diartikan kalau bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa untuk mendapatkan laba. Sedangkan, target yang dituju di sini bisa langsung ke konsumen maupun ke penjual lainnya.

Selain itu, bisnis dalam bahasa inggris juga disebut bussiness. Nah, kata tersebut ini ternyata memiliki kata dasar dari “busy”, yang berarti sibuk. Sedangkan, maksud dari sibuk ini merujuk pada kesibukan melakukan aktivitas yang dapat menguntungkan. Lalu, siapa yang melakukan aktivitas tersebut? Dalam konteks ini, kesibukan ini bisa ditujukan pada individu, komunitas, maupun masyarakat.

Tidak berbeda jauh jika kita lihat pengertian bisnis secara etimologi. Di sana, dijelaskan bahwa bisnis adalah keadaan seseorang atau sekelompok orang yang sibuk melakukan pekerjaan. Nah, pekerjaan yang dilakukan di sini tentunya yang menghasilkan keuntungan. Meski begitu, semakin ke sini, bisnis juga diartikan untuk badan usaha yang benar-benar mencari laba. Selain itu, kini bisnis juga tidak terpaku pada keuntungannya saja, tapi juga pada penyediaan barang atau jasa.

Banyak arti yang dapat dijabarkan dari kata bisnis ini, tapi tidak ada pengertian mutlak dari kata tersebut. Hal ini juga yang membuat para ahli menanggapi dengan berbagai respon. Beberapa menanggapi dengan mengemukan pendapatnya tentang definisi bisnis. Seperti Hughes dan Kapoor yang menyatakan bahwa bisnis adalah kegiatan yang terorganisasi untuk mendapatkan keuntungan. Dinyatakan juga di pendapat ini bahwa kegiatan yang dilakukan adalah menyediakan barang.

Selain itu, ada juga Brown dan Pretello yang tidak mau ketinggalan dengan mengungkapkan pendapatnya. Menurut mereka, pengertian bisnis tidak melulu soal menguntungkan atau tidak. Itu karena bisnis merupakan suatu lembaga yang menyediakan barang atau jasa bagi kebutuhan masyarakat. Sedngkan, lembaga di sini mencakup semua usaha yang dilakukan, baik oleh pemerintah maupun swasta.

Lain lagi pendapat yang diutarakan oleh Hooper tentang bisnis.Menurutnya, bisnis adalah kegiatan yang kompleks yang biasanya dikerjakan oleh bidang tertentu. Hooper juga menjabarkan bidang di sini mencakup industri, perbankan, transportasi, distribusi, dan sebagainya. Sedangkan untuk tujuan dari bisnis tersebut, Hooper sependapat dengan yang lainnya. tujuan tersebut adalah untuk mendapatkan keuntungan bagi yang melakukannya.

L. R. Dicksee juga tidak melewatkan kesempatan ini untuk menyumbangkan idenya tentang pengertian bisnis. Dia mennyatakan bahwa bisnis merupakan bentuk suatu aktivitas yang tujuan utamanya adalah untuk memperoleh keuntungan. Pastinya, keuntungan ini diperuntukkan bagi mengusahakannya. Selain itu, juga memberikan keuntungan bagi yang berkepentingan atau yang terkait dengan terjadinya aktivitas tersebut.

Itulah pengertian bisnis dari yang berbagai segi, mulai dari secara umum hingga pendapat para ahli. Sesungguhnya, masih banyak yang mendefinisikan tentang bisnis. Namun, dari sekian banyak tersebut kita bisa lihat adanya kesamaan di beberapa sudut pandang. Tidak masalah kita mengambil arti yang mana, yang terpenting dalam penggunaannya tidak menyalahi artinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *