Pengertian Seni Rupa, SemuaTentang Seni Rupa

By | December 22, 2019

semuatahu.web.id –  Pengertian Seni Rupa dan Berbagai Macam Hal Tentang Seni Rupa. Dalam kehidupan, sebuah seni tidak bisa dipisahkan. Salah satunya adalah seni rupa. Seni rupa sendiri sudah ada dan dikenal sejak zaman dulu. Ada berbagai macam jenis seni rupa yang bisa kita temukan. Selain itu, ada juga berbagai unsur yang membangun seni rupa.
Namun, beberapa diantara kita pasti tidak mengetahui pengertian seni rupa itu sendiri. Secara umum, seni rupa merupakan sebuah cabang ilmu seni yang hasilnya bisa dilihat oleh mata dan bisa disentuh oleh tangan.

Sebenarnya, ada berbagai macam perbedaan pendapat tentang pengertian seni yang satu ini. Bahkan, selain secara bahasa ada juga berbagai pendapat para ahli tentang seni rupa.

Untuk macamnya sendiri, seni rupa dibedakan menjadi 3. Pertama, seni rupa berdasarkan fungsinya. Kemudian, seni rupa berdasarkan wujudnya dan terakhir seni rupa berdasarkan masanya. Fungsi dari seni rupa sendiri ada 2 jenis, yaitu fungsi individu dan fungsi sosial.

Nah, selain pengertian seni rupa, untuk bisa menjadi sebuah karya seni harus ada beberapa unsur. Di mana, unsur-unsur tersebut disatukan menjadi sebuah karya seni yang indah. Lalu, apa saja unsur-unsur dalam seni rupa? Berikut pembahasannya.

Titik

Unsur pertama yang bisa ditemukan dalam seni rupa adalah titik. Titik sendiri merupakan unsur paling kecil yang ada dalam pembuatan seni rupa. Biasanya, unsur ini adalah awal mula dari sebuah pembuatan karya.

Garis

Dari pengertian seni rupa di atas, seni rupa merupakan cabang seni yang bisa dilihat menggunakan mata. Oleh sebab itu, unsur keduanya garis. Garis sendiri merupakan penggabungan dari titik satu dengan titik lainnya. Garis memiliki jenis yang beragam. Nantinya, pada hasil karya garis akan menggambarkan sifat, baik kaku, lentur, ataupun keras.

Bidang

Selanjutnya ada bidang. Bidang merupakan sebuah pengembangan dari kumpulan-kumpulan garis yang sudah dituangkan dalam sebuah media. Biasanya, seorang seniman akan lebih sangat teliti dalam menuangkan unsur-unsur ini.

Bentuk

Sebagai pengertian seni rupa, maka unsur dari seni rupa selanjutnya adalah bentuk. Bentuk merupakan unsur yang bisa memberikan kesan pada sebuah hasil karya. Di mana, nantinya hasil karya tersebut bisa lebih hidup.

Ruang

Ruang merupakan sebuah unsur yang memiliki dua sifat, yaitu sifat semu dan nyata. Sifat nyata dari unsur ruang ini bisa dilihat dan diraba. Kedua sifat ini bergantung pada dimensinya. Bisa 2 dimensi atau 3 dimensi.

Warna

Selanjutnya untuk membuat pengertian seni rupa menjadi lebih indah, maka unsur selanjutnya adalah warna. Untuk mendapatkan karya seni yang lebih indah, maka seorang seniman harus bisa memadukan warna. Perpaduan dari warna sendiri bisa memperlihatkan suasana hati, baik sedih maupun senang.

Tekstur

Unsur selanjutnya yang bisa ditemukan dari sebuah hasil karya seni adalah tekstur. Tekstur sendiri bisa diartikan sebagai sifat atau keadaan dalam sebuah karya. Dalam sebuah karya seni, tekstur dibedakan menjadi dua, yaitu tekstur semu dan tekstur nyata. Tekstur semu adalah tekstur yang memiliki kesan tidak ada kesamaan penglihatan dan indera peraba. Sementara itu, tekstur nyta sendiri merupakan unsur dari karya seni yang memiliki kesamaan antara indera peraba dan indera penglihatan.

Pengertian seni rupa sendiri memang terlihat sederhana. Namun, untuk membuat hasil karyanya memerlukan beberapa unsur pembangunnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *