Keberagaman Alat Musik Daerah

By | December 23, 2019

semuatahu.web.id –  Mari Mengenal Keberagaman Indonesia Melalui Alat Musik Daerahnya! Indinesia dikenal pula dengan sebutan Nusantara alias negara dengan berjuta suku dan kepualauan di dalamnya. Dengan adanya keberagaman ini, tentu saja menjadikan Indinesia sebuah negara yang majemuk. Mulai dari karakter masyarakatnya, sukunya, bahasanya, bahkan hingga alat musik masing-masing daerahnya.

Bahkan, alat musik tradisional Indonesia ini telah dikenal hingga mancanegara. Saking mendunianya alat-alat musik inipula yang menjadi alasan banyak turis yang sengaja datang atau berkuliah di Indonesia khusus untuk mempelajari tentang ragam dari alat-alat musik ini, begitupun cara memainkannya.

Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas dari Jawa Barat. Angklung berasal dari bambu yang cara memainkannya dengan jalan digoyangkan. Alat musik tradisional angklung sudah ini mendunia serta berhasil memukau penonton di Perancis dan juga Amerika Serikat. Angklung juga telah diakui sebagai warisan Indonesia oleh UNESCO.

Sasando

Sadando merupakan alat musik tradisional Indonesia khas tanah Rote, Nusa Tenggara Timur yang berasal dari daun lontar. Alat musik sasando memiliki bentuk seperti harpa dan memainkannya dengan cara dipetik seperti gitar. Sasando sudah mulai dikenal semenjak konser yang pernah diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.

Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional khas dari tanah jawa. Alat musik gamelan ini ternyata juga digemari oleh musisi dunia. Gamelan bahkan juga diajarkan dan masuk kurikulum di beberapa sekolah di Amerika Serikat juga New Zealand.

Kolintang

Kolintang adalah barisan gong kecil yang ditempatkan secara mendatar. Alat musik tradisional Indonesia bernama kolintang berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Alat musik kolintang dimainkan dengan diiringi oleh gong juga drum. Alat musik ini juga telah lama dimainkan di negara-negara melayu seperti Malaysia juga Filipina.

Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional yang berasal dari tanah Sunda. Namun ada pula beberapa yang menyebutkan berasal dari Jawa Timur. Alat musik ini seringkali dapat dijumpai sebagai pengiring tarian-tarian tradisional, musik jazz juga kontemporer. Sudah banyak musisi Amerika Serikat yang menggunakan kendang sebagai alat musik pengiringnya.

Tifa

Alat musik tradisional Indonesia khas Maluku dan Papua ini memiliki bentuk seperti kendang yang sperti tube. Alat musik Tifa dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini juga sering dijumpai berisi hiasan berupa ukiran-ukiran khas Papua dan Maluku. Tifa mulai dikenal semenjak banyak turis yang berdatangan ke Maluku juga Papua dengan menjadikan Tifa sebagai oleh-oleh.

Saluang

Saluang merupakan alat musik tiup tradisional yang berasal dari daerah Sumatra Barat. Alat musik ini termasuk mirip dengan suling namun memiliki komponen yang lebih sederhana karena hanya memiliki empat lubang yang berurutan. Konon katanya, pada jaman dulu, pemain saluang disebut-sebut memiliki mantra yang mampu menghipnotis pendengarnya.

Gendang

Diantara alat musik tradisional Indonesia yang lainnya, mungkin bisa dikatakan bahwa Gendanglah yang paling “Indonesia”. Bagaimana tidak, alat musik ini memiliki banyak sekali jenisnya di Indonesia. Sebut saja Gendang asal Yogyakarta, pasti akan berbeda jenisnya dengan Gendang jenis lain seperti Gendang Melayu atau Gendang yang berasal dari Banten. Gendang dimainkan dengan cara dipukul dengan jenis bunyi membranofon.

Setelah melihat deretan alat musik tradisional Indonesia tersebut harapannya kita dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air serta menghargai produk asli dalam negeri lebih baik lagi. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk mempelajari musik tradisional Indonesia lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *