semuatahu.web.id – Perbedaaan Sales Executive dan Marketing Executive. Kesuksesan perusahaan bergantung pada karyawannya terutama karyawan yang bekerja sebagai sales dan marketing. Karyawan bagian sales melakukan pekerjaan di kantor atau mengunjungi kantor klien atau melakukan survei kebutuhan pelanggan. Karyawan yang bekerja sebagai sales adalah karyawan yang bekerja mewakili perusahaan. Sales Executive adalah salah satu dari berbagai karyawan bagian sales. Sales Executive harus dimotivasi dengan baik seperti memberikan penghargaan, promosi dan insentif / tunjangan jika memiliki kinerja yang baik.
Tidak kalah penting dengan Sales Executive, Marketing Executive juga berperan penting dalam mempromosikan melalui televisi, radio, koran, majalah, sosial media, seminar, konferensi dan lain sebagainya. Marketing Executive harus efisien dalam mempelajari kondisi pasar, kebutuhan konsumen, prasyarat memfasilitasi kegiatan marketing . Karena mereka yang bertanggung jawab melakukan penjualan di perusahaan dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
Sales Executive adalah penghubung penting antara perusahaan dan klien. Sales Executive menawarkan produk dan jasa kepada konsumen dan bernegosiasi kontrak sehingga bisa meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Sebaliknya Marketing Executive memiliki peranan penting dalam setiap organisasi yang bekerja dengan karyawan divisi lain seperti divisi riset pasar, staff distribusi, divisi iklan, dan sebagainya. Marketing Executive berfokus pada memaksimalkan keuntungan dengan melakukan penjualan dan memberikan produk yang sesuai kebutuhan konsumen.
Daftar Isi
Perbedaaan Pengertian Sales Executive dan Marketing Executive
Pengertian Sales Executive adalah orang yang memfasilitasi penjualan produk dan layanan perusahaan secara keseluruhan. Dia juga bertugas mengimplementasikan strategi baru untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Kualitas Sales Executive yang dibutuhkan adalah keahlian komunikasi, kepercayaan diri, kedewasaan, kesadaran, kesabaran dan lain sebagainya.
Pengertian Marketing Executive adalah orang yang mengarahkan kegiatan marketing perusahaan dari membuat produk baru hingga menjualnya di pasaran. Marketing Executive tahu tentang produk perusahaan dan mengidentifikasi dengan tepat segmen yang harus perusahaan targetkan. Dengan melakukan hal itu Marketing Executive membentuk niat baik diantara konsumen dan menciptakan hubungan dekat dengan produk dengan melakukan berbagai kegiatan marketing. Kualitas Marketing Executive yang dibutuhkan kejeliaan, kemampuan interpersonal, inovasi, kesadaraan, semangat tim dan lain sebagainya.
Perbedaaan Tugas Sales Executive dan Marketing Executive
Tugas Sales Executive adalah mengenalkan dan mendemonstrasikan produk baru serta menjaga kepuasan pelanggan, melakukan kunjungan, menilai performa dan lain sebagainya. Pekerjannya bukan hanya membeli atau menjual saja tetapi mengelola prosedur penjualan seluruhnya. Fokus Sales Executive adalah menaikkan volume penjualan perusahaan.
Tugas Marketing Executive adalah mengembangkan pasar untuk produk, memperkenalkan dan mempromosikan produk baru, mengiklankan melalui berbagai media dengan tujuan menyediakan kesempatan pasar dengan baik bagi produknya. dan lain sebagainya. Fokus Marketing Executive adalah meningkatkan nilai brand perusahaan.
Perbedaaan Peran Sales Executive dan Marketing Executive
Peran Sales Executive adalah mendemonstrasikan, melakukan survei, mengenalkan produk ke konsumen potensial, melakukan pameran penjualan produk dan lain sebagainya. Kegiataan Sales Executive adalah memenuhi kebutuhan konsumen, evaluasi kinerja penjualan, memperkirakan anggaran sales, berkordinasi dengan supplier dan distributor, mewakili perusahaan dalam pameran / event / demonstrasi, melakukan pengecekan kualitas dan kuantitas produk sebelum melakukan penjualan.
Peran Marketing Executive adalah merencanakan, mengiklankan, kordinasi, sumber sponsorship, riset, hubungan pelanggan, kordinasi, mengadakan event dan lain sebagainya. Kegiatan Marketing Executive adalah menjaga kordinasi antara berbagai pemangku kepentingan seperti investor, kompetitor, konsumen, pesaing , supplier dan lain sebagainya, review kampanye marketing yang dilakukan, melakukan riset pasar, menyelengarakan berbagai acara, mengamankan sponsorship dan menjadi sumber ikaln media.
Itulah Perbedaaan Sales Executive dan Marketing Executive. Terima kasih telah membaca di semuatahu.web.id dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.