Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen

semuatahu.web.id – Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen. Moisturizer dan Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang ada dipasaran saat ini.  Keduanya sering digunakan oleh sebagian besar wanita, beberapa pria yang peduli dengan perawatan kulit dan kondisi kulitnya.  Sunscreen adalah pelindung kulit dari sinar matahari, sedangkan moisturizer digunakan untuk melembabkan kulit yang terasa kering. Selain hal tersebut, mari kita bahas lebih jauh Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen.

Perbedaan Fungsi Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer memiliki fungsi dan manfaat untuk  melembabkan kulit yang terasa kering, menutrisi kulit seperti mengembalikan protein keratin pada kulit, meningkatkan kadar pH yang rendah pada kulit,  mencegah kulit kering atau kulit terlalu berminyak, menghidrasi kulit, menyamarkan noda hitam pada kulit wajah, menyegel atau mencegah molekul air keluar dari permukaan kulit sehingga bisa terus menjaga melembabkan kulit.  Sedangkan fungsi dan manfaat sunscreen untuk menyerap serta memantulkan sinar matahari pada kulit.

Baca juga : Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Perbedaan Kandungan Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer memiliki kandungan bersifat humektan sehingga bisa menarik molekul air di udara untuk melembabkan permukaan kulit dan molekul air yang ditarik tersebut, ditahan dalam kulit agar tidak menguap ke udara. Kandungan Moisturizer umumnya yaitu glycerin,   berbagai bentuk hyaluronic acid, lidah buaya, madu, urea, lactic acid, glycerol,dimethicone, petroleum, mineral oils, dan PCA. Sedangkan Sunscreen biasanya memiliki kandungan bahan aktif fisik seperti Oxybenzone, Paraben, Avobenzone, Homosalate, serta bahan kimia aktif Titanium Dioxide dan Zinc Oxide. Kandungan bahan aktif fisik  sunscreen menyerap sinar Ultra Violet  sehingga sinar UV (Ultra Violet ) yang tembus ke dalam kulit hanya sedikit, sedangkan bahan kimia aktif tersebut pada Sunscreen berfungsi memantulkan sinar Ultra Violet sehingga tidak meresap ke dalam kulit.

Baca juga : Perbedaan Moisturizer dan Night Cream

Perbedaan Penggunaan Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer bisa digunakan dalam rangkaian penggunaan atau tidak dalam rangkaian penggunaan  serta bisa digunakan pagi, siang, sore dan malam. Jadi bisa digunakan kapanpun selama kulit terasa kering atau dehidrasi, tak ada batasan waktu tertentu untuk penggunaan Moisturizer. Sedangkan Sunscreen dalam setiap rangkaian penggunaan perawatan kulit selalu digunakan paling terakhir, seperti jika menggunakan  Moisturizer atau produk skincare lain, maka terakhir baru sunscreen.

Begitu pula jika ingin menggunakan produk skincare lainnya setelah menggunakan sunscreen, maka harus menggunakan sunscreen sesudahnya. Dilihat dari fungsinya sebagai pelindung dari sinar matahari khususnya sinar ultraviolet . Maka sunscreen digunakan saat pagi, siang dan sore hari saja saat ada sinar matahari, bukan saat hujan ataupun mendung Tidak ada penggunaan sunscreen pada malam hari. Sunscreen lebih cocok  digunakan pada kegiatan sehari-hari khususnya kegiatan outdoor yang sebentar. Sunscreen perlu digosok sehingga terserap oleh kulit dan bisa bekerja. Efek perlindungan sunscreen butuh waktu 30-60 menit sebelum bekerja melindungi kulit. Sunscreen menggunakan  satuan Sun Protector Factor (SPF) untuk berapa lama waktu sunscreen melindungi kulit mu.

Perbedaan Tekstur Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer  memiliki tekstur lebih ringan dibandingkan jenis pelembab lainnya.  Karena tekstur lebih ringan pada moisturizer  sehingga  lebih cepat menyerap pada kulit wajah dan langsung bekerja menghidrasi serta melembabkan. Sedangkan  sunscreen tekstur  yang lebih ringan dan memiliki formula lebih ringan dibandingkan sunblock. Sunscreen tidak meninggalkan bekas setelah dioleskan ke kulit jadi terlihat transparan.

Itulah Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen dilihat dari segi kandungan, tekstur, penggunaan dan fungsinya.  Terima kasih telah membaca di semuatahu.web.id dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar