Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

semuatahu.web.id – Perbedaan Sunscreen dan Sunblock. Sunscreen dan Sunblock mungkin beberapa orang mengira keduanya merupakan hal yang sama tapi cuma berbeda nama saja. Sebenarnya memang keduanya memiliki fungsi yang kurang lebih sama satu sama lainnya yaitu sebagai tabir surya atau melindungi kulit dari sinar matahari. Sebagaimana kita tahu paparan sinar matahari yang terlalu lama mengenai kulit bisa berakibat berbahaya, karena sinar matahari terdapat sinar ultraviolet. Walaupun saat pagi hari, sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet tersebut baik untuk tubuh, karena tubuh bisa membantu tubuh membentuk Vitamin D. Sebelum itu kita bahas perbedaan antara  sinar ultraviolet A (UVA)  dan sinar ultraviolet B (UVB), baru kita lanjut ke  bahas Perbedaan Sunscreen dan Sunblock.  Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama beresiko mengalami sunburn alias kulit terbakar.

Perbedaan Sinar Ultraviolet A (UVA)  dan Sinar Ultraviolet B (UVB)

Sinar ultraviolet memiliki dua jenis yaitu sinar ultraviolet A (UVA)  dan sinar ultraviolet B (UVB). Sinar ultraviolet A (UVA)  dan sinar ultraviolet B (UVB) memiliki perbedaan. Sinar ultraviolet A (UVA) merupakan sinar ultraviolet yang menembus kulit hingga lapisan dermis dan selalu hadir bahkan saat mendung atau matahari tidak terlihat. Sinar ultraviolet A (UVA) merupakan sinar ultraviolet paling banyak mencapai tubuh.

Sinar ultraviolet A (UVA)  tidak merusak secara langsung, perlahan bisa membakar dan merusak kulit jika terpapar dalam waktu lama.  Sinar ultraviolet A (UVA) memiliki panjang gelombang paling panjang dan energi yang dihasilkan paling rendah. Sinar ultraviolet A (UVA) tidak diserap oleh lapisan ozon. Sinar ultraviolet A (UVA) memiliki dampak langsung. Sinar ultraviolet A (UVA) dapat menyebabkan yaitu keriput, noda hitam,  garis-garis halus, warna kulit menjadi kehitaman,  dan penuaan dini. Meskipun demikian Sinar ultraviolet A (UVA) berlebihan bisa menyebabkan kanker kulit.

Sedangkan sinar ultraviolet B (UVB)  walaupun tidak selalu ada dan tidak menembus kulit. Sinar ultraviolet B (UVB)  sangat kuat sehingga bisa menyebabkan secara langsung kulit terbakar.  Sinar ultraviolet B (UVB)  paling banyak menyebabkan kanker kulit. Sinar ultraviolet B (UVB) hanya muncul saat cuaca cerah atau terik matahari saja.  Sinar ultraviolet B (UVB) lebih berdampak pada orang yang berada di daratan tinggi dibandingkan daratan rendah.

Sinar ultraviolet B (UVB) memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan energi yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan Sinar ultraviolet A (UVA). Sinar ultraviolet A (UVA) dampaknya akan terasa setelah beberapa jam terkena.  Sinar ultraviolet A (UVA) dapat menyebabkan yaitu kulit memerah, rasa terbakar,  merusak melanin,  dan kulit menjadi lebih gelap. Sinar ultraviolet B (UVB) merusak kulit terluar dan langsung merusak DNA. Sinar ultraviolet B (UVB) diserap oleh lapisan ozon.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen dan Sunblock dibedakan menjadi untuk penggunaan wajah dan badan.  Kulit tubuh dan wajah berbeda. Jika tidak menemukan  Sunscreen dan Sunblock , carilah Sunscreen dan Sunblock badan yang diperbolehkan untuk dipakai di wajah. Karena Sunscreen dan Sunblock khusus untuk wajah memiliki formula lebih sensitif dibandingkan Sunscreen dan Sunblock  badan. Jadi bisa melindungi dari iritasi kulit dan tidak memicu jerawat pada wajah. Sunscreen dan Sunblock wajah yang bagus fungsi menyaring sinar matahari, jadi masih ada sedikit sinar  matahari yang terserap dikulit. Walaupun sekarang ada Sunscreen dan Sunblock  multi fungsi yang bisa digunakan untuk wajah dan Jadi gunakan sesuai peruntukannya,ya. Sunscreen dan Sunblock sama-sama harus dioleskan 2-3 jam sekali agar mendapatkan efek perlindungan yang maksimal.

Penggunaan Sunscreen dan Sunblock jangan hanya dioleskan pada wajah, badan, tangan, dan kaki. Sunscreen dan Sunblock  sebaiknya dioleskan juga ke bagian area belakang telinga, leher, maupun belakang leher. Sunscreen sebaiknya dioleskan seluruh tubuh untuk hasil yang optimal.

Kandungan

Sunscreen biasanya mengandung kandungan bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter sinar ultraviolet seperti Octocrylene dan Mexoryl XL. Beberapa Sunscreen memiliki  kandungan oxybenzone, avobenzone, dan dan asam para-aminobenzoic (PABA Sedangkan Sunblock memiliki kandungan bahan mineral alami yang tidak mudah terurai oleh sinar matahari seperti titanium dioxide . Sunblock juga memiliki kandungan zinc oksida yang bertugas memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar  ultraviolet, dan menghalangi radiasi sinar  ultraviolet. Kadungan dalam sunblock  membuatnya sulit untuk dioleskan untuk menyebar merata seluruh tubuh.

Fungsi

Sunscreen dan Sunblock memiliki  fungsi berbeda. Sunscreen berfungsi menyaring, menjebak sinar matahari agar tidak masuk ke dalam kulit dan menyerap sinar ultraviolet, setelah itu mengubahnya menjadi energi yang kemudian akan dikeluarkan melalui permukaan kulit. Sedangkan Sunblock  berfungsi untuk mencegah sinar ultraviolet masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan diatas permukaan kulit bagian luar. Sunscreen biasanya hanya melindungi dari sinar ultraviolet B  (UVB), walaupun saat ini sudah banyak Sunscreen  bisa yang bisa melindungi sinar ultraviolet A  (UVA). Kamu bisa mengecek dan melihat kemasan sunscreen untuk memastikan itu. Sunscreen yang bisa melindungi juga darisinar ultraviolet A  (UVA) ada tulisan PA+, PA++, PA+++ di kemasannya. Sedangkan Sunblock  kebanyakan  bisa melindungi dari sinar ultraviolet A  (UVA)  dan sinar ultraviolet B  (UVB) saat ini.

Bentuk dan Penggunaan

Sunscreen memiliki bentuk jenis krim, lotion, gel, atau semprot untuk kulit kering.  Jika kulit berminyak sunscreen gunakan jenis gel atau semprot. Sunblock biasanya berbentuk krim dan lotion saja. Sunscreen hanya bekerja saat diserap oleh kulit jadi perlu digosok. Sunblock penggunaan harus dikocok agar kandungan tercampur sempurna dan dioleskan  secara merata. Jika sunblock tidak dioleskan maka akan meninggalkan bekas putih pada kulit, sedangkan sunscreen tidak meninggalkan bekas sama sekali walaupun tidak dioleskan.

Sun Protector Factor (SPF)

Sun Protector Factor (SPF) adalah satuan kadar perlindungan terhadap paparan sinar matahari khususunya sinar ultraviolet. Rekomendasi dari Yayasan Kanker Kulit adalah minimal SPF 30 yang bisa menghalangi 97 % Sinar Ultraviolet B (UVB) dan maksimal  SPF 50 yang bisa menghalangi 98 % Sinar Ultraviolet B (UVB). Jadi semakin tinggi angka SPF artinya bisa semakin lama melindungi dengan catatan tidak terkena air atau keringat yang banyak.

Contoh Sunscreen yang memiliki SPF 10 dan bila kulit akan terbakar dalam 10 menit, maka SPF bisa meningkatkan SPF hingga 10 kali lipat. Jadi 100 menit hingga perlu mengoleskan dan mengosok lapisan sunscreen  baru diatasnya.   Jadi kalau kamu menggunakan SPF 30,  kamu bisa meningkatkan daya tahan kulit mu pada sinar ultraviolet 30 kali lebih lama dibandingkan tanpa SPF.

Waktu Penggunaan

Dalam pengunaan Sunscreen dan Sunblock memiliki perbedaan. Sunscreen lebih cocok  digunakan dalam kegiatan sehari-hari atau kegiatan outdoor yang sebentar.  Sedangkan sublock lebih cocok digunakan bagi kamu yang memiliki kegiatan outdoor yang lama hingga berjam-jam terkena sinar matahari. Biasanya orang berolahraga renang dan golf lebih suka menggunakan sunblock.

Dampak Penggunaan dan Efek Perlindungan

Saat menggunakan sunblock akan meninggalkan bekas putih saat dioleskan ke kulit. Karena sunblock memiliki tekstur kental, karena kandungan bahan sunblock akan membangun lapisan pelindung di atas permukaan kulit. Efek perlindungan sunblock langsung terasa setelah digunakan dan memberikan tampilan warna gelap sehingga memberi tampilan kurang menarik pada pengguna sunblock. Sunblock menimbulkan white cast alias bekas putih yang terasa berat dibandingkan sunscreen.

Sedangkan sunscreen yang memiliki formula lebih ringan dibandingkan sunblock  dan tidak meninggalkan bekas setelah dioleskan ke kulit alias transparan. Efek perlindungan sunscreen butuh waktu minimal 30 – 60 menit, karena kandungan dalam sunscreen butuh waktu untuk menyerap ke dalam kulit.

 

Itulah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock. Terima kasih telah membaca di semuatahu.web.id dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

 

 

Tinggalkan komentar